10 Cara Merawat Joystick Agar Tidak Mudah Rusak

Bagi kamu yang sering bermain game baik itu di PC ataupun konsol seperti Playstation dan Xbox, pasti tidak asing dengan yang namanya joystick. Alat kontrol game satu ini sangat banyak digunakan oleh para gamer karena desainnya yang nyaman dan memudahkan dalam bermain. Berbagai jenis permainan dapat dikontrol dengan joystick seperti, peperangan, perkelahian, balapan atau petualangan.

10 Cara Merawat Joystick Agar Tidak Mudah Rusak

Bermain game dengan joystick memang sangat nyaman dan menghasilkan. Namun terkadang, joystik menjadi sering bermasalah bahkan hingga rusak karena sering digunakan. Kejadian seperti ini pasti pernah dialami oleh mereka yang gemar bermain game. Kerusakan pada joystick biasanya ada pada tombol yang tidak berfungsi, konektor yang tidak terdeteksi, bahkan hingga kabel yang putus.

Cara Merawat dan Menyimpan Joystick Agar Tidak Mudah Rusak dan Awet

Joystick yang rusak akan menyulitkan gamer ketika sedang bermain meskipun kerusakan hanya pada satu tombol saja. Maka dari itu, merawat dan menjaga joystick agar tetap berfungsi normal adalah hal wajib bagi seorang gamer. Meskipun sudah berusia lama dan sangat sering dipakai, performa joystick bisa tetap terjaga jika dirawat dan disimpan dengan baik. Seperti dengan cara-cara berikut ini.

Beli Joystick Yang Berkualitas

Salah satu faktor yang bisa menjadi alasan awet atau tidaknya sebuah joystick adalah kualitasnya. Semakin baik kualitas joystick maka akan semakin baik pula ketahanannya terhadap usia dan penggunaan. Agar joystick kamu lebih awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya beli yang kualitasnya sangat baik. Meski harus mengeluarkan uang lebih, namun joystick yang berkualitas lebih terjamin ketahanannya.

Jangan Gulung Kabel Joystick

Sebenarnya ada dua jenis joystick yang saat ini kita kenal. Yang pertama ada joystick wireless dan yang kedua adalah joystick dengan kabel. Jika kamu masih pakai joystick model dengan kabel, sebaiknya jangan pernah menggulung kabelnya ketika sedang tidak digunakan. Kabel joystick berukuran sangat kecil dan rapuh, jika digulung dapat menyebabkan isi kabel tertarik sehingga menyebabkan satu bagian putus.

Perhatikan Cara Mencabut Kabel Joystick

Poin ini masih berlaku untuk joystick model lama entah itu untuk PC ataupun Playstation. Satu hal penting yang harus kamu tahu adalah cara mencabut joystick dari socket-nya. Jangan sekali-kali kamu mencabut socket joystick dengan menarik kabelnya. Sebaiknya kamu pengang bagian batang socketnya pada saat mencabutnya. Hal ini sebagai langkah antisipasi agar ujung kabel tidak gampang lepas.

Simpan Joystick Dengan Digantung

Salah satu cara terbaik untuk menyimpan joystick ketika sedang tidak dipakai adalah dengan digantung. Kamu bisa menggantung pada tembok secara vertikal. Cara ini bisa dipakai untuk menyimpan joystick secara ringkas namun lebih aman daripada digulung. Dengan digantung, potensi kabel terlipat akan semakin kecil sehingga resiko putus menjadi lebih sedikit.

Hindari Permainan Yang Keras

Salah satu hal yang sering menjadi penyebab utama kenapa joystick bisa cepat rusak adalah cara penggunaan yang kasar namun tidak kita sadari. Salah satunya ketika digunakan saat bermain, terlebih game yang dimainkan bersifat keras seperti peperangan, pertarungan, atau perkelahian yang membutuhkan kontrol lebih intensif dan cepat. Tanpa disadari cara penggunaan yang kasar ini dapat membuat tombol-tombol jadi cepat rusak.

Atur Durasi dan Waktu Bermain Game

Satu hal lain yang bisa kamu lakukan untuk merawat joystick agar tidak cepat rusak adalah dengan mengatur durasi dan waktu bermain game. Semakin sering digunakan maka ketahanan joystick juga akan semakin berkurang. Apalagi jika digunakan secara terus-menerus tanpa henti. Maka dari itu gunakan joystick dalam durasi dan waktu yang wajar agar kinerjanya tetap terjaga.

Jangan Dibanting!

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan gamer, namun dilakukannya secara tidak sadar adalah membanting joystick. Seperti halnya pada saat bermain game, ketika kalah secara reflek akan membuat gerakan tak terduga seperti membanting joystick. Hal semacam inilah yang membuat joystick jadi cepat rusak karena komponennya sangat rapuh.

Baca Juga:

  1. Mouse Nyala Tapi Tidak Berfungsi, Kursor Tidak Bergerak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
  2. 9 Cara Cek Kondisi Laptop Bekas Sebelum Membeli
  3. Cara Mempercepat Pengisian Baterai (Charging) Hp Andoid Xiaomi


Jauhkan Dari Tempat Yang Lembab

Beberapa komponen pada joystick tidak tahan terhadap karat dan kelembaban. Hal ini dapat membuat komponen menjadi cepat rusak. Kebiasaan buruk gamer setelah bermain game adalah meletakkan joystick sembarangan. Hal ini bisa saja membuat joystick terkena udara lembab atau cipratan air.

Taruh Ditempat Yang Tepat

Salah satu hal penting dalam menjaga joystick agar tidak mudah rusak adalah dengan memilih tempat penyimpanan yang tepat. Simpan joystick pada ruangan yang sejuk dan tidak berdebu. Dengan begini joystick bisa terhindar dari kotoran yang bisa merusak.

Bersihkan Joystick Secara Rutin

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan untuk menjaga joystick agar tidak cepat rusak adalah dengan membersihkannya secara rutin. Pembersihan joystick berguna agar partikel debu dan kotoran halus tidak masuk kedalam komponen bagian dalam. Terkadang debu dan kotoran yang menempel pada joystick secara akumulasi dapat masuk melalui celah sehingga mempengaruhi kinerja tombolnya.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat dan menjaga joystick agar tetap awet meski sering dipakai dan sudah digunakan dalam waktu lama. Awet atau tidaknya sebuah joystick kembali lagi kepada cara penggunaannya. Karena pada dasarnya setiap barang elektronik memiliki batas ketahanan sehingga jika dipakai secara berlebihan akan menyebabkannya menjadi cepat rusak.

10 Cara Merawat Joystick Agar Tidak Mudah Rusak