Awas Tertipu! Ini 6 Perbedaan Charger Laptop Original dan KW

Charger adalah salah satu aksesoris penting bagi laptop berbagai merk entah itu Asus, Dell, Acer, Lenovo, HP, MSI, Toshiba, Samsung dan sebagainya dengan fungsi untuk mengisi daya baterai. Akibat sering digunakan dalam jangka pemakaian panjang, terkadang charger mengalami kerusakan. Apabila mengalami masalah seperti ini, kebanyakan orang akan memilih membeli charger yang baru. Namun sayang, saat ini banyak charger laptop palsu yang kualitasnya buruk. Sebagai pembeli kamu harus tahu perbedaan charger laptop original dan KW agar tidak tertipu serta mengalami kerugian.

Mencari tahu perbedaan charger laptop original dan KW memang sedikit agak rumit apabila tidak terbiasa. Maka dari itu banyak sekali pengguna laptop yang tertipu karena salah membeli charger bukan yang asli. Padahal disisi lain, penggunaan charger palsu akan membawa dampak buruk untuk kesehatan laptop itu sendiri. Salah satu dampak paling mungkin terjadi adalah kerusakan pada baterai hingga hubungan pendek arus listrik pada mainboard. Hal ini terjadi karena kualitas charger laptop yang buruk.

Perbedaan Charger Laptop Original dan KW

Cara Membedakan Antara Charger Laptop Original dan KW

Buat kamu yang saat ini sedang mencari charger laptop namun masih awam dalam membedakan mana yang asli dan yang palsu, kamu tidak usah khawatir. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang apa saja sih perbedaan charger laptop original dan KW itu dari berbagai sisi tentunya. Karena pada dasarnya untuk membedakan charger tersebut cukup sulit. Terlebih dengan kecanggihan teknologi saat ini para produsen nakal bisa meniru produk asli dengan sangat mirip.

Perbedaan Dari Segi Harga

Perbedaan charger laptop original dan KW dari segi harga bisa dibilang sangat mencolok. Bahkan bisa mencapai dua kali lipat. Apabila charger asli dijual pada kisaran harga 200.000 hingga 300.000 rupiah, maka untuk charger palsu biasanya dijual dengan kisaran harga antara 100.000 hingga 150.000 rupiah saja. Perbedaan harga yang mencolok ini terjadi karena kualitas komponen yang digunakan berbeda jauh. Untuk menghemat biaya produksi, charger laptop palsu menggunakan komponen murahan yang tidak bisa terjamin keamanannya.

Perbedaan Komponen Adaptor Yang Dipakai

Perbedaan charger laptop original dan KW dari segi komponen memang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Namun hal ini bisa kita rasakan ketika digunakan. Pada umumnya, charger laptop asli memiliki 3 komponen utama yang keberadaannya cukup penting, yakni filtrasi, pengaman voltase tinggi dan juga penahan arus. Ini adalah komponen standar charger untuk mencegah bocornya arus AC. Harga komponen ini berkisar antara 2-7 Dollar Amerika. Maka dari itulah dengan harga yang murah, kamu tidak akan menemukannya di charger palsu.

Perbedaan Pada Kualitas Daya Yang Dihasilkan

Pada paragraf diatas sudah kita bahas bahwa charger KW tidak memiliki beberapa komponen utama yang berfungsi sebagai keamanan. Maka dari itu kualitas daya output yang dihasilkan cenderung tidak stabil dan mudah mengalami konsleting. Terlebih jika mengalami kebocoran arus AC yang tidak kamu ketahui. Kemampuan konversi yang tidak baik ini bisa menimbulkan kerusakan permanen. Berbeda halnya dengan charger original yang memiliki output daya sangat stabil dan sesuai dengan kebutuhan baterai laptop itu sendiri.

Perbedaan Berat Jenis Yang Mencolok

Salah satu perbedaan charger laptop original dan KW dari segi fisik yang paling mudah dikenali adalah beratnya. Pada charger laptop yang asli biasanya akan lebih terasa berat karena komponen elektronik yang menyusun adaptor didalamnya benar-benar detail dan kompleks. Selain itu masih ditambah dengan komponen pengaman seperti filtrasi, penahan arus dan pengaman voltase. Sedangkan pada charger palsu beberapa komponen tersebut dihilangkan sehingga terasa sangat ringan saat dipegang.

Perbedaan Pada Stiker Label

Setiap charger gadget apapun pasti memiliki label yang memuat informasi seperti input, output, model, negara pembuat dan sebagainya. Stiker label pada charger asli benar-benar memuat banyak informasi yang valid. Selain itu wujud dari stiker label charger asli lebih solid dan meyakinkan karena terbuat dari bahan kualitas terbaik. Sedangkan stiker label pada charger palsu mudah mengelupas serta tidak meyakinkan. Baik itu dalam jumlah informasi yang tertera maupun kualitas bahan yang digunakan. Perbedaan charger laptop original dan KW dari labelnya dapat diamati jika kamu jeli.

Tips Untuk Membeli Charger Laptop Originial atau Asli

Setelah mengetahui berbagai macam perbedaan charger laptop original dan KW yang sudah dibahas cukup panjang diatas, disini penulis akan memberikan beberapa tips buat kamu yang akan membeli charger laptop. Sebenarnya membeli charger laptop bisa kamu lakukan baik melalui toko online atau toko offline yang ada didekat tempat tinggalmu tanpa harus takut tertipu asalkan kamu jeli dan berhati-hati. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu jadikan pedoman dalam membeli charger laptop.

Baca Juga:
  1. Wow! Inilah 7 Dampak Buruk Memakai Charger Laptop KW
  2. Charger Laptop Terkena Air dan Basah? Ini Ciri-ciri dan Cara Menanganinya
  3. Laptop Cepat Panas? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Membawa Contoh Charger Yang Asli

Apabila kamu membeli charger laptop secara offline, maka sebaiknya kamu juga membawa contoh charger lama yang sudah rusak. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa tahu perbedaan charger lama kamu dan juga yang akan dibeli. Usahakan untuk memeriksa bagian fisik secara jeli dan pastikan tidak ada yang mencurigakan. Selain itu kamu juga dapat menunjukkannya ke penjaga toko agar dicarikan charger sesuai dengan harapanmu. Terkadang dengan membawa contoh barang kita dapat membeli barang yang sesuai.

Beli Charger Laptop di Toko Resmi

Apabila di daerah sekitar tempat tinggalmu tersedia toko resminya, lebih baik kamu membeli charger laptop disitu. Toko resmi biasanya akan menjual produk yang benar-benar original sesuai dengan merk dan tipe laptop kamu. Transaksi di toko resmi akan jauh lebih mudah dan cepat. Kamu tinggal membawa laptop serta charger lama yang rusak untuk ditunjukkan ke pelayan toko. Maka akan dicarikan charger yang sesuai bahkan sama persis dengan aslinya baik dari segi kualitas maupun fisik.

Beli di Toko Online Resmi Pada Marketplace

Terakhir, kamu bisa membeli charger laptop original secara online tanpa takut tertipu melalui marketplace. Namun jangan membeli di sembarang toko, usahakan kamu beli di toko resminya saja sesuai dengan merk laptop kamu tentunya. Pada saat membeli kamu bisa chat terlebih dahulu kepada  admin dengan menyebutkan tipe laptop dan juga spesifikasi charger termasuk besaran input dan output. Jika barang tersedia biasanya kamu akan diarahkan ke sebuah link untuk checkout dan pembayaran.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan charger laptop original dan KW dari segala sisi. Memang saat ini untuk membedakan antara charger laptop asli dan palsu cukup sulit lantaran sudah dibuat semirip mungkin agar konsumen percaya. Namun semirip apapun barang palsu dibuat pasti memiliki celah yang bisa dijadikan sebagai patokan. Yang jelas ketika kamu membeli charger laptop, jangan pernah tergiur dan terpancing dengan harga yang murah. Apalagi harganya tidak masuk akal dan mencolok dari harga charger asli pada umumnya.

Awas Tertipu! Ini 6 Perbedaan Charger Laptop Original dan KW