Inilah 9 Permasalahan Bisnis Kuliner Yang Umumnya Terjadi

Disetiap bidang wirausaha pasti memiliki permasalahan masing-masing yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Begitu juga untuk mereka yang sedang menjalankan usaha makanan atau minuman. Umumnya, ada banyak sekali permasalahan bisnis kuliner yang bisa dialami pengusaha yang kadang membuat mereka harus lebih sering memutar otak. Kendala dalam menjalankan usaha kuliner seperti ini bahkan dapat membuat suatu bisnis menjadi hancur.

Namun yang jelas, permasalahan seperti tidak boleh dijadikan sebagai penghalang yang membuat putus asa. Jika kamu saat ini sendang mulai menjalankan usaha makanan atau minuman, sebaiknya waspada terhadap berbagai dinamika yang terjadi ketika nanti sudah berjalan. Jika kamu ingin sukses, maka harus bisa menghadapi permasalahan bisnis kuliner seperti ini dengan cerdas. Karena pada umumnya, setiap pengusaha sukses pasti melewati banyak masalah dan tantangan.

9 Permasalahan Bisnis Kuliner Yang Umumnya Terjadi

9 Permasalahan Bisnis Kuliner Yang Bisa Kamu Hadapi

Jika kamu seorang pengusaha sejati, maka kamu harus meyakini bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Karena seorang pengusaha akan selalu memanfaatkan celah dan kesempatan yang ada untuk menjadi lebih maju. Tidak ada bidang usaha yang berjalan tanpa masalah. Terlebih jika kamu memiliki passion dibidang kuliner. Maka ditengah jalan kamu akan menghadapi berbagai permasalahan bisnis kuliner seperti berikut ini.

Pembuatan Resep Yang Lama

Permasalahan bisnis kuliner yang pertama adalah pembuatan resep yang lama. Untuk menciptakan sebuah resep masakan baik itu minuman ataupun masakan bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan hingga tahunan hingga benar-benar siap dilepas ke pasar. Karena bagaimanapun juga, resep adalah kunci utama dari usaha kuliner. Terkadang masalah resep yang tak kunjung sesuai harapan membuat banyak calon pengusaha kuliner memilih menyerah dan mengurungkan niatnya.

Membutuhkan Lebih Banyak Tenaga

Ketimbang pedagang biasa, pengusaha kuliner akan membutuhkan banyak tenaga dalam menjalankan pekerjaannya. Berbagai macam kegiatan seperti mencari resep, menentukan menu masakan, memilih bahan baku, hingga memasak harus ia kerjakan sendiri terlebih dahulu. Selain itu, bisnis kuliner juga membutuhkan proses yang panjang mulai dari bahan baku mentah hingga menjadi masakan yang siap santap. Permasalahan bisnis kuliner yang satu ini akan tidak terasa jika sudah punya karyawan.

Sulit Mempertahankan Kualitas Rasa

Tidak hanya membuat resep saja, masalah belum selesai meski resep yang dibuat sudah jadi. Permasalahan bisnis kuliner disini yang dimaksud adalah sulitnya mempertahankan kualitas rasa. Yang namanya orang memasak pasti tidak selalu sama dalam memasukkan takaran antar bumbu, bahan baku dan jumlah porsi yang dimasak. Keterampilan mempertahankan kualitas rasa inilah yang perlu dipelajari oleh pelaku usaha kuliner. Ini adalah salah satu permasalahan bisnis kuliner yang sering terjadi.

Mudah Basi Apabila Tidak Habis

Menjual makanan atau minuman akan sangat berbeda dengan menjual barang lain yang sifatnya tidak kadaluwarsa seperti sepatu, jaket, baju, mainan, alat elektronik dan lain sebagainya. Bahan baku dan produk yang mudah basi setelah beberapa hari menjadi salah satu permasalahan bisnis kuliner yang pasti kamu temui. Meskipun cara penyimpanan yang baik bisa sedikit membantumu, namun itu hanya untuk bahan-bahan tertentu saja. Sebagian besar akan sulit disimpan dan akan basi apabila tidak terjual.

Kesulitan Dalam Mencari Bahan Baku

Bahan baku adalah kebutuhan paling penting dalam usaha makanan atau minuman. Bahan baku menjadi kebutuhan pokok yang menentukan jadi atau tidaknya produk kita. Ketersediaan bahan baku yang dinamis dalam waktu tertentu akan membuat para pengusaha kuliner harus memutar otak. Tidak heran apabila permasalahan bisnis kuliner ini membuat biaya produksi meningkat karena harus mengambil bahan baku dari tempat jauh.

Harga Bahan Baku Yang Tidak Stabil

Selain ketersediaan bahan baku untuk produksi, permasalahan bisnis kuliner yang masih berkaitan adalah harga bahan baku itu sendiri. Kondisi ekonomi dan ketersediaan bahan baku sangat berpengaruh pada stabilitas harga. Semakin langka bahan baku maka akan semakin mahal harganya. Terlebih di Indonesia sendiri kebutuhan bahan baku pokok makanan dan minuman lebih sering mengalami fluktuasi.

Baca Juga:
  1. 9 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menjalankan Bisnis Kuliner
  2. Strategi Menaikkan/Meningkatkan Nilai Jual Produk UKM Makanan
  3. Bisnis Restoran Sepi Pembeli? Ini Cara Memajukan dan Mengatasinya

Manajemen Keuangan Yang Rumit

Berbeda halnya dengan bisnis retail yang harga produk dan harga jualnya jelas sehingga membuat kita mudah dalam menentukan margin serta jumlah profit yang didapat, manajemen keuangan di bisnis kuliner sedikit lebih rumit. Terlebih jika usaha yang kita jalankan membuat sendiri produknya. Setiap produk makanan dan minuman memakan bahan baku yang takanrannya tidak bisa dihitung secara pasti sehingga sulit dalam menentukan margin.

Sulitnya Melakukan Inovasi

Dalam dunia kuliner, melakukan inovasi tidaklah semudah yang kamu bayangkan. Apalagi yang akan di inovasi adalah menu atau resep masakan yang sudah menjadi racikan terbaik. Sulitnya melakukan inovasi ini adalah permasalahan bisnis kuliner yang paling sering terjadi. Alih-alih ingin memberikan sesuatu yang baru untuk para konsumen, namun kenyataannya produk yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Akibatnya banyak konsumen yang tidak tertarik.

Persaingan Yang Sangat Ketat

Permasalahan bisnis kuliner yang terakhir adalah persaingan yang sangat ketat. Sebagian besar usaha di Indonesia didominasi oleh kuliner. Entah itu di kota besar hingga desa kecil sekalipun, bisnis kuliner sangat banyak dijumpai. Kondisi inilah yang terkadang membuat para pengusaha kuliner yang tidak siap dan memiliki rencana matang menjadi tersingkir. Tak hanya soal rasa, persaingan tersebut juga melibatkan kenyamanan tempat, keberagaman menu, dan harga.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa permasalahan bisnis kuliner yang umumnya terjadi dikalangan para pengusaha. Bukan bertujuan untuk menakut-nakuti, namun dengan mengetahui berbagai macam dinamika bidang kuliner diatas, maka kamu harus bisa mempersiapkan diri sejak dini. Apalagi usaha yang kamu jalankan yakni kuliner, sedikit lebih rumit dalam manajemen dibandingkan dengan orang jualan biasa.

Inilah 9 Permasalahan Bisnis Kuliner Yang Umumnya Terjadi