-->

Mudah! Cara Import Preset Lightroom Android Tanpa Aplikasi

Bagaimanakah cara import preset Lightroom Android tanpa harus ribet menggunakan aplikasi tambahan? Tenang, masalah ini akan kita bahas pada artikel kali ini. Menambahkan preset dari pengguna lain ke dalam Lightroom yang ada di ponsel kita memang sangat mungkin dilakukan. Namun beberapa cara mungkin menyulitkan kamu karena proses yang rumit serta memerlukan aplikasi Android tambahan seperti APK Editor dan sejenisnya. Padahal, kita bisa melakukannya dengan cara yang lebih sederhana.

Melakukan import preset Lightroom Android tanpa aplikasi memang sangat memungkinkan. Cara menambahkan preset ini akan mempermudah pekerjaan kita dalam melakukan editing karena memungkinkan kita bertukar setelan editing dari pengguna lain untuk meningkatkan kualitas gambar yang kita ambil dari kamera. Meski cukup sederhana, namun cara memasang atau menambah preset Lightroom Android ini belum banyak diketahui.

Cara Import Preset Lightroom Android Tanpa Aplikasi

Maka dari itu, pada pembahasan kali ini kita akan membahasnya secara singkat padat dan jelas agar lebih mudah untuk dipahami. Buat kamu para pengguna Android yang lebih sering melakukan editing warna, cahaya dan tone pada foto menggunakan aplikasi Lightroom Mobile, nampaknya harus menyimak trik ini dengan baik agar bekerja dan berhasil sesuai dengan harapan.

Cara Menambahkan atau Memasukkan Preset Lightroom Android Tanpa Aplikasi

Buat kalian yang sering otak-atik Adobe Lightroom tentu tidak asing dengan fitur Preset yang ada pada menu. Dengan fitur ini kita bisa menyimpan setelan atau pengaturan editing dari sebuah foto untuk digunakan kembali tanpa harus mengulangi pekerjaan. Selain membuat preset dari hasil kerja sendiri, ternyata kamu juga bisa menambah dan memasukkan  preset karya orang lain. Lalu bagaimanakah cara import Preset Lightroom Android tanpa aplikasi? Ini penjelasannya.

Siapkan File Preset Yang Akan di Import

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk import Preset Lightroom Android tanpa aplikasi adalah menyediakan filenya. Kamu bisa mendapatkan file preset ini dari download di internet atau membelinya pada orang yang mahir Lightroom. Disini kamu bisa menyiapkan file preset lebih dari satu buah alias kamu bisa menambahkan preset dalam jumlah banyak entah itu puluhan, ratusan, bahkan hingga ribuan file sekaligus.

Pastikan File Preset Memiliki Format .XMP

Disini kamu harus memastikan bahwa file preset yang akan kamu pasang atau tambahkan ke Lightroom harus memiliki format .XMP karena format file ini akan mudah terbaca oleh aplikasi Lightroom Mobile. Ekstensi .XMP sendiri merupakan sebuah file berisi meta data setting atau pengaturan prasetel dari aplikasi Adobe Lightroom Mobile yang akan terbaca oleh aplikasi.

Masukkan File Kedalam Folder Lightroom

Langkah selanjutnya untuk melakukan import preset Lightroom Andoroid tanpa Aplikasi adalah memasukkan file preset dengan ekstensi .XMP yang sudah kamu miliki tadi ke folder aplikasi Lightroom itu sendiri. Masukkan file preset dengan tujuan direktori sebagai berikut: Memori internal >> Android >> data >> com.adobe.lrmobile >> files >> carouselDocuments >> 0000000000000 >> Profiles >> Settings >> UserStyles. Pindahkan semua file .XMP yang ada kedalam folder tersebut tanpa terkecuali.

Buka Lightroom dan Preset Siap Digunakan

Setelah memasukkan file preset pada folder Lightroom seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kini saatnya kami cek apakah preset sudah masuk atau belum. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Lightroom kemudian buka salah satu foto yang akan diedit. Klik menu Preset disebelah kanan menu bar, lalu gulir kebagian bawah. Disitu akan muncul berbagai macam preset yang kamu masukkan tadi. Sekarang preset yang baru saja kamu import sudah siap untuk digunakan.

Q&A Terkait Cara Import Preset Lightroom Android Tanpa Aplikasi

Setelah membahas berbagai macam langkah untuk import preset Lightroom Andoroid tanpa Aplikasi yang cukup panjang diatas. Kini saatnya kita ulas beberapa Question and Answer atau tanya jawab seputar cara menambahkan atau memasukkan preset yang mungkin saja banyak muncul. Beberapa Q&A diantaranya adalah seperti berikut ini.

Bagaimana Jika File Preset Tersebut Berbentuk .rar atau .zip?

Jika file preset yang kamu download atau beli tersebut ada dalam bentuk .rar atau .zip maka kamu tinggal membukanya dengan aplikasi WinRar Android kemudian mengekstraknya oe folder Lightroom yang sudah dijelaskan diatas. Ekstensi .rar dan .zip adalah format untuk membuat banyak file menjadi satu paket. Jadi dalam satu file tersebut akan ada banyak file .XMP yang bisa langsung masukkan ke folder Lightroom.

Baca Juga:
  1. Cara Mudah Mengirim Preset Lightroom ke HP Android Lain
  2. Mudah! Ini Cara Cek Bad Sector Hardisk Laptop dan Komputer
  3. 8 Cara Menyimpan Foto Agar Memori HP Tidak Cepat Penuh

Apakah Bisa Import Banyak File Preset Sekaligus?

Tentu saja jawabannya "Sangat Bisa". Seperti yang sudah kita singgung pada penjelasan sebelumnya bahwa kamu bisa menambah file preset dalam jumlah banyak sekaligus selagi ponsel yang kamu gunakan mampu. Namun penulis sarankan supaya kamu memasukkan preset yang dibutuhkan saja. Semakin banyak preset yang dimuat maka akan membuat aplikasi menjadi semakin bertambah berat.

Kenapa Preset Tidak Terbaca Padahal Sudah Dimasukkan Ke Folder Yang Benar?

Untuk pertanyaan seputar import preset Lightroom Andoroid tanpa Aplikasi yang terakhir ini bisa kamu atasi dengan membukanya dibagian Prasetel Pengguna. Umumnya preset yang belum dibuat dalam grup akan otomatis masuk ke bagian Prasetel Pengguna. Pada menu preset, silahkan gulir ke bagian paling bawah. Disitu kamu akan membuka sub-menu prasetel pengguna.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara import preset Lightroom Andoroid tanpa Aplikasi. Trik ini lebih mudah dan sederhana dilakukan tanpa harus ribet menggunakan APK editor. Bahkan pengguna awanpun akan sangat mudah melakukan cara ini. Asalkan kamu ikuti sesuai dengan prosedur yang baik dan benar, maka tips ini akan berhasil kamu lakukan. Selamat mencoba! Silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar apabila ada kendala.

Mudah! Cara Import Preset Lightroom Android Tanpa Aplikasi