11 Tips Belanja Menguntungkan Di Pasar Tradisional Yang Wajib Dicoba

Belanja merupakan salah satu kegiatan yang banyak sering dilakukan semua orang terutama oleh kaum wanita dan ibu-ibu rumah tangga. Banyak sekali tempat belanja yang dapat dijadikan sebagai tujuan salah satu diantaranya adalah pasar tradisional. Keberadaan pasar tradisional sudah berdiri sejak lama bahkan sejak jaman nenek moyang. Walaupun sudah banyak pasar modern yang berkembang, namun kehadiran pasar tradisional tidak pernah tergerus oleh jaman.

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Di pasar tradisional berarti semua transaksi jual beli yang ada dilakukan dengan cara tradisional baik itu dari segi tempat berjualan, barang yang dijual, cara pembayaran, dan harga yang dipatok masih menganut sistem tradisional. Meski masih serba tradisional, namun kebanyakan barang yang tersedia di pasar tradisional cukup lengkap tak kalah dari pasar modern. Mulai dari berbagai jenis makanan, sayuran, buah-buahan, pakaian hingga peralatan rumah tangga pun tersedia di pasar tradisional.

Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan jika berbelanja di pasar tradisional. Keuntungan yang bisa anda dapatakan di pasar tradisioanal antara lain adalah harga yang murah, pedagang yang ramah, banyaknya pilihan dan bisa bernegosiasi dengan penjual. Dengan semua hal yang serba tradisional, membuat suasana berbelanja di pasar tradisional sebenarnya lebih mengasyikkan.

Gambar 11 Tips Belanja Menguntungkan Di Pasar Tradisional Yang Wajib Dicoba

11 Tips Belanja Menguntungkan Di Pasar Tradisional Yang Wajib Dicoba

Berbelanja di pasar tradisional tentu sangat berbeda sekali jika dibandingkan dengan berbelanja di pasar modern atau swalayan. Bagi anda yang jarang bahkan tidak pernah berbelanja di pasar tradisional mungkin akan sedikit kebingungan. Namun itu bukanlah alasan untuk tidak berbelanja di pasar tradisional. Jika anda pandai berbelanja di pasar tradisional, maka anda akan mendapatkan segudang keuntungan. Berikut ini adalah tips dalam berbelanja di pasar tradisional yang patut anda caba.

1. Catat Daftar Belanjaan

Sebelum anda memutuskan untuk berangkat ke pasar tradisional, sebaiknya catat terlebih dahulu semua kebutuhan yang akan dibeli kedalam secarik kertas. Catat nama-nama barang yang akan dibeli secara vertikal supaya memudahkan anda dalam men-cheklist barang yang sudah dibeli. Hal ini berguna supaya anda tidak bingung dan lupa terhadap apa yang akan anda beli mengingat tata letak pasar tradisional tidak seperti swalayan yang teratur runtut berjajar dan rapi. Catatan daftar belanjaan akan memudahkan anda dalam berbelanja.

2. Datang Lebih Awal

Waktu yang paling tepat untuk berbelanja ke pasar tradisional adalah di pagi hari. Biasanya di pasar tradisional para pedagang mulai menggelar dagangan di pagi buta. Datang lebih awal adalah pilihan yang tepat bagi anda untuk berbelanja. Jika anda datang lebih awal, maka kemungkinan besar barang yang dijual oleh para pedagang masih lengkap. Sebaliknya, jika anda datang terlalu siang akan menyebabkan anda kesulitan mencari barang yang akan dibeli karena sudah habis. Selain itu, belanja di pagi hari juga memberikan keuntungan bagi anda salah satunya adalah stok barang yang masih melimpah sehingga memungkinkan anda untuk memilih dan mendapatkan barang seperti sayuran dan buah yang masih segar. Biasanya barang dagangan yang dijual datang pada malam hari sehingga ketika anda membelinya pada pagi hari kondisi barang masih sangat bagus.

3. Pakai Baju Santai

Untuk membuat anda nyaman dalam berbelanja, gunakanlah baju yang santai saat berbelanja dipasar tradisional. Bahkan jika anda menggunakan kaos, baju rumahan atau baju tidur pun tidak masalah. Yang penting tetap menjaga etika berpakaian dengan tidak menggunakan pakaian yang cukup terbuka karena orang-orang yang melakukan jual beli di pasar tradisional rata-rata masih menjunjung tinggi budaya ketimuran. Hal ini akan menghindarkan anda menjadi pusat perhatian banyak orang. Anda tidak perlu repot-repot berdandan rapi dan berpakaian bagus pergi ke pasar tradisional untuk sekedar belanja.

4. Siapkan Uang Receh

Jangan membawa uang dengan nominal besar jika akan berbelanja ke pasar tradisional. Usahakan banyak membawa uang receh untuk memudahkan transaksi jual beli. Biasanya pedagang pasar tradisional akan kesulitan untuk memberi kembalian uang dengan nominal besar apalagi jika barang yang anda beli relatif murah. Selain itu, uang receh juga berguna untuk membayar retribusi atau parkir yang nominalnya cuma sedikit.
 

5. Bandingkan Harga

Salah satu kelebihan yang bisa anda manfaatkan ketika berbelanja dipasar tradisional adalah membandingkan harga barang yang sama dengan pedagang yang berbeda. Caranya adalah dengan menanyakan harga dari pedagang satu ke pedagang lainnya yang menjual jenis barang yang sama. Misalnya anda akan membeli bawang, di pedagang A  1 kg bawang dihargai Rp. 15.000, di pedagang B dijual dengan harga Rp. 14.500, sedangkan di pedagang C harganya  Rp. 16.000. Tentu anda akan tahu ditempat mana yang menjual dengan harga lebih murah. Dengan mengetahui harga yang lebih murah, anda dapat menekan anggaran belanja dan mengalihkannya untuk membeli kebutuhan yang lain.

6. Tawar Harga

Saat berbelanja di pasar tradisional, harga yang ditetapkan oleh penjual dapat anda tawar. Anda bisa bernegosiasi secara personal dengan pedagang untuk mendapatkan harga terbaik. Untuk itu rajin-rajinlah menawar namun dengan harga yang masih dalam batas wajar. Meskipun barang-barang yang dijual di pasar tradisional sudah relatif murah, namun anda masih bisa membelinya dengan harga yang lebih murah jika pandai bernegosiasi dengan pedagangnya. Seni tawar-menawar harga inilah hal mengasyikkan yang tidak akan anda jumpai di pasar modern seperti swalayan atau supermarket.

7. Pilih Barang terbaik

Pilihlah barang dengan kondisi terbaik dengan cara membandingkan barang yang dijual antara pedagang satu dan pedagang lainnya. Jika di pasar modern barang yang dijual dalam satu jenis hanya dipajang dalam satu rak, maka dipasar tradisional anda dapat memilih-milih barang dengan kualitas terbaik karena satu jenis barang bisa dijual oleh beberapa pedagang yang berbeda. Ini akan menguntungkan anda untuk mendapatkan barang belanjaan dengan kondisi terbaik. 

8. Gunakan Bahasa Lokal

Salah satu trik jitu supaya lebih menguntungkan ketika berbelanja di pasar tradisional adalah dengan menggunakan bahasa lokal yang ada. Anda dapat menjalin keakraban dengan pedagang untuk lebih simpati agar mendapatkan harga terbaik jika anda mampu menggunakan bahasa daerah setempat. Biasanya pembeli yang menggunakan bahasa setempat akan diberi harga yang lebih miring karena dianggap masih memiliki ikatan lokal. Sebaliknya, jika anda diketahui sebagai orang asing, maka oleh pedagang yang nakal anda bisa di berikan harga diatas rata-rata untuk memperoleh keuntungan yang  lebih.

9. Pilih Tempat Yang Nyaman

Pilih pasar yang dapat membuat anda nyaman dalam berbelanja. Carilah pasar yang rapi dan bersih serta aman untuk anda. Meski kesan kumuh selalu melekat pada pasar tradisional, namun saat ini pengelolaan pasar tradisional sudah banyak yang lebih baik. Dalam artian anda dapat berbelanja di pasar tradisional dengan aman, nyaman dan merasakan suasana tradisional yang kental.

10. Tanya Ke Pendagang

Jangan segan-segan bertanya ke pedagang jika anda kesulitan dalam menemukan barang yang dicari. Pedagang pasar tradisional yang ramah biasanya tidak sungkan untuk memberi tahu dan mengarahkan anda supaya mendapatkan barang yang dibutuhkan. Dengan begini anda tidak akan kebingugan dalam mencari barang belanjaan serta tidak perlu berputar-putar keliling pasar hanya untuk menemukan sebuah barang yang dicari.

11. Bawa Tas/Kantong Belanja Sendiri

Salah satu barang wajib yang harus anda bawa saat belanja ke pasar tradisional adalah tas/kantong belanja. Jangan samakan dengan swalayan yang menyediakan keranjang belanja, anda harus membawa sendiri barang belanjaan dengan tas/kantong belanja yang anda bawa. Meskipun biasanya para pedagang sudah menyediakan kantong plastik, namun akan lebih praktis lagi jika anda membawa tas/kantong belanja sendiri.

Penutup
Setelah mengetahui tips diatas, kini anda dapat mempraktekkannya sewaktu-waktu saat berbelanja di pasar tradisional. Tidak usah khawatir lagi jika mau berbelanja di pasar tradisional. Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan yang tidak pernah anda dapatkan di pasar modern jika berbelanja di pasar tradisional. Jadikanlah pasar tradisional salah satu alternatif tempat belanja karena selain mendapatkan harga yang murah, anda juga ikut membatu berkembangnya usaha di sektor UKM.

11 Tips Belanja Menguntungkan Di Pasar Tradisional Yang Wajib Dicoba