17 Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran Yang Menguntungkan

Menjelang idul fitri, orang-orang khususnya umat islam sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambutnya. Segala keperluan mulai dari pakaian hingga pernak-pernik lebaran harus disiapkan dengan baik. Tidak heran jika beberapa hari sebelum lebaran datang, semua pusat perbelanjaan ramai oleh orang belanja. Mereka membeli berbagai macam kebutuhan untuk beberapa hari kedepan sebagai persediaan selama menjalani hari raya.

Kondisi ini banyak dimanfaatkan sebagai peluang oleh banyak orang untuk menjalankan bisnis sampingan agar mendapatkan penghasilan tambahan. Bagi mereka yang memiliki kondisi ekonomi pas-pasan, menjalankan bisnis sampingan adalah pilihan yang sangat cocok dan tepat supaya mendapat uang lebih untuk persiapan menjelang hari lebaran.

Gambar 17 Binis Sampingan Menjelang Lebaran Yang Menguntungkan

Meski hanya bersifat musiman, namun orang yang menjalankan bisnis sampingan menjelang lebaran seperti ini banyak sekali peminatnya. Dari tahun ke tahun jumlahnya selalu meningkat dan selalu bertambah karena menguntungkan. Biasanya, segala macam barang yang dijual di saat hari raya idul fitri akan tiba harganya melonjak drastis melebihi hari-hari biasa. Alasan inilah berbagai usaha dadakan muncul untuk memanfaatkan kesempatan ini. Tidak heran jika pendapatan yang mampu mereka raih jumlahnya sangat banyak.

Jenis Usaha Apa Yang Laku dan Laris Menjelang Hari Raya Idul Fitri?

Beberapa jenis usaha memang sangat cocok dijalankan ketika hari raya idul fitri akan tiba. Namun dalam pelaksanaannya juga tidak boleh asal-asalan. Harus ada perhitungan dan perencanaan yang tepat untuk menemukan usaha yang potensial. Jika berkaca pada fakta yang ada dilapangan, hanya bisnis-bisnis tertentu saja yang ramai pembeli di waktu ini. Namun yang pasti, usaha tersebut harus sesuai dengan apa yang dicari oleh konsumen pada saat itu. 17 bisnis sampingan menjelang lebaran ini, salah satunya bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Berjualan Pakaian Hari Raya

Idul fitri adalah hari dimana semua umat islam melakukan silaturahmi kepada sanak dan saudara. Mereka berkumpul dan menyambangi satu sama lain dengan niat untuk bermaafan. Untuk menyambut momen istimewa ini, kurang lengkap rasanya ketika bertemu sahabat, teman dan kolega tanpa memakai baju yang bagus. Oleh sebab itulah rata-rata orang membeli baju baru untuk dikenakan di hari lebaran.

Menjual pakaian adalah bisnis sampingan menjelang lebaran yang menguntungkan. Mulai awal bulan puasa, permintaan kebutuhan akan pakaian selalu mengalami peningkatan berkali-kali lipat jumlahnya dari hari biasa. Banyaknya orang yang berbelanja pakaian lebaran bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Selain jumlahnya yang meningkat, harga yang dibanderol juga ikut melonjak. Hal inilah yang menyebabkan keuntungan yang didapat pedagang pakaian juga banyak.

Berjualan Perlengkapan Ibadah

Berjualan perlengkapan ibadah juga tidak kalah potensialnya. Ketika bulan puasa umat islam rutin melakukan ibadah karena di bulan ini pahala yang didapat berlipat ganda. Masjid dan mushola adalah tempat yang selalu penuh. Melakukan ibadah berarti berhubungan langsung dengan tuhan, alangkah lebih baik jika menggunakan perlengkapan ibadah terbaik yang dimiliki. Alasan inilah  yang menyebabkan orang-orang selalu mengenakan peralatan ibadah yang sempurna.

Dengan kondisi ini, tidak heran jika banyak orang yang membeli perlengkapan ibadah baru untuk menggantikan yang lama. Peluang ini dapat dimanfaatkan untuk menjalankan usaha berjualan perlengkapan ibadah seperti mukena, sajadah, sarung, peci, baju koko, baju gamis, dan lain-lain sebagai bisnis sampingan menjelang lebaran. Sama halnya seperti pakaian, banyaknya permintaan juga membuat harga perlengkapan sholat mengalami kenaikan. Dengan harga yang lebih tinggi dari biasanya, keuntungan yang didapat juga lebih besar dari hari biasa.

Berjualan Tas/Dompet Untuk Lebaran

Hari raya idul fitri selalu identik dengan kegiatan saling silaturahmi antara satu dengan yang lain wajib dilakukan. Selama bepergian dari satu tempat ketempat lain, barang bawaan akan lebih praktis jika ditaruh didalam tas. Terutama bagi kaum wanita, selain sebagai aksesoris yang wajib dibawa, tas adalah benda yang syarat akan gengsi. Tidak heran jika mereka selalu mempersipkan tas bagus untuk hari lebaran.

Usaha berjualan tas dan dompet potensinya sangat tinggi ketika hari raya idul fitri akan tiba bahkan ketika bulan puasa baru dimulai. Banyaknya permintaan dari kaum wanita membuat bisnis sampingan menjelang lebaran yang satu ini, selalu laris dan ramai pembeli. Untuk tampil cantik, para wanita membeli tas sebagai aksesoris pendukung busana.

Berjualan Pernak-pernik Lebaran

Pernak-pernik lebaran seperti toples sebagai tempat kue adalah benda yang banyak dicari orang ketika hari raya idul fitri akan tiba. Tak heran jika pertokoan kelontong penuh sesak dengan orang berbelanja. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis sampingan menjelang lebaran yaitu menjual berbagai macam model toples. Menjual toples dengan model baru pasti akan banyak diburu untuk memberikan suasana baru kepada para tamu yang bersilaturahmi ke rumah.

Berjualan Aneka Kue Khas Idul Fitri

Kue kas lebaran seperti nastar, putri salju, kastengel, kue semprit, egg roll dan lain-lain adalah makanan yang wajib ada saat hari raya idul fitri. Berbagai macam kue tersebut disediakan oleh tuan rumah untuk menjamu para tamu yang datang untuk bersilaturahmi. Tidak heran jika penjualan aneka kue selalu meningkat drastis di detik-detik menjelang lebaran. Manfaatkan peluang ini untuk  menjalankan bisnis sampingan dengan berjualan aneka kue lebaran. Untuk mendapatkan barang dagangan, kita dapat bekerja sama dengan para pembuat kue yang ada disekitar.

Berjualan Ketupat Khas Idul Fitri

Setelah sholat idul fitri,orang-orang biasanya langsung menyantap menu sarapan sebelum bersilaturahmi antara satu dengan yang lain. Salah satu menu makanan yang wajib ada adalah ketupat. Bagi beberapa orang yang malas membuat ketupat, membeli kepada pedagang adalah solusi terbaik. Kondisi ini sangat baik jika dimanfaatkan untuk menjajakan ketupat lebaran baik itu yang siap masak maupun wadahnya saja. Bisnis sampingan berjualan ketupat adalah usaha menjelang lebaran yang menguntungkan karena banyak sekali peminatnya.

Usaha Parsel Lebaran

Parsel adalah sebuah bingkisan yang biasanya selalu ada saat lebaran. Bisnis ini sangat cocok bagi anda yang memiliki kreatifitas lebih. Untuk mengisi waktu luang ketika lebaran, berjualan parsel dan membuka jasa pembuatan parsel untuk lebaran adalah pilihan yang tepat. Usaha sampingan ini dapat mendatangkan keuntungan dengan jumlah banyak mengingat satu buah parsel harganya tinggi. Isian dari parsel pun dapat disesuaikan dengan permintaan dan pesanan.

Usaha Kartu Ucapan Lebaran

Bagi yang memiliki hobi menggambar, tidak ada salahnya mencoba menggunakan kemampuan tersebut untuk membuat desain kartu ucapan lebaran dengan berbagai bentuk. Meski dianggap sudah kuno, namun kartu ucapan lebaran adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada sanak dan saudara jauh dengan disertai bingkisan berupa parsel. Peminat kartu ucapan lebaran seperti jumlahnya masih banyak sehingga masih cocok dijadikan bisnis sampingan menjelang hari raya idul fitri.

Usaha Amplop Uang Lebaran

Hari lebaran selalu identik dengan uang saku untuk anak-anak atau biasa dikenal dengan angpau. Oleh sebab itulah anak-anak selalu antusias ketika menyambut hari raya idul fitri. Agar tidak terlihat secara langsung, biasanya angpau yang akan diberikan kepada anak-anak dimasukkan terlebih dahulu kedalam sebuah amplop.

Baca Juga:
  1. Usaha Jualan Yang Laris di Bulan Puasa 
  2. Memulai Bisnis di Masa Tua? Ikuti Jejak Kolonel Sanders
  3. 20 Rahasia Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses Dalam Berdagang

Karena amplop yang biasa beredar dipasaran kurang menarik, anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk menjual dan membuat berbagai macam amplop menarik dengan berbagai karakter lucu yang biasa disukai oleh anak-anak. Ini adalah bisnis sampingan yang cukup populer menjelang lebaran dan keuntungannya pun juga lumayan banyak.

Bisnis Sewa Kendaraan

Hari raya idul fitri adalah waktu dimana orang-orang yang meninggalkan kampung halaman untuk bekerja pulang kembali. Mereka biasanya akan mudik ke kampung halaman untuk menghabiskan waktu lebaran disana. Bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi dan tidak mau naik kendaraan umum, salah satu alternatif pilihannya adalah dengan menyewa kendaraan. Mendirikan rental kendaraan dapat menjadi bisnis yang potensial. Banyak para pemudik yang tidak segan menyewa kendaraan untuk pulang kampung.

Bisnis Oleh-oleh Khas Daerah

Lebaran selalu identik dengan mudik. Ketika akan pulang ke kampung halaman, orang-orang akan membawa buah tangan untuk sanak dan keluarganya. Begitu juga sebaliknya, ketika akan balik ke kota, mereka akan membawa oleh-oleh khas daerah asalnya. Kebiasaan ini bisa anda manfaatkan untuk menjalankan usaha menjual berbagai jenis oleh-oleh khas daerah. Bisnis ini selalu ramai pembeli ketika hari lebaran dan selepas lebaran.

Jasa Permak dan Jahit Pakaian

Ketika membeli pakaian, tidak semua ukuran selalu cocok dengan yang diinginkan. Sementara ketika hari lebaran tiba, pakaian tersebut harus dikenakan. Salah satu solusi yang sangat cocok adalah dengan dipermak ke tukang permak tersekat. Bagi anda yang memiliki kemampuan menjahit, membuka jasa permak pakaian adalah usaha yang tepat sebagai kegiatan sampingan menjelang lebaran. Selain permak, jasa menjahit pakaian juga potensial karena banyaknya orang yang ingin membuat baju sendiri untuk diseragamkan dengan seluruh anggota keluarga.

Jasa Tukar Uang Receh

Sebagai pengisi amplop lebaran, orang-orang harus menyiapkan berbagai nominal uang receh untuk diberikan kepada anak-anak yang ada disekitar. Bagi yang memiliki uang simpanan dengan nominal besar, adanya jasa penukaran uang receh akan sangat membantu. Oleh sebab itu banyak orang yang membuka jasa tukar uang receh di berbagai tempat untuk mengambil keuntungan dari kesempatan ini.

Jasa Sopir Pribadi

Ketika mudik menggunakan mobil pribadi ataupun menyewa, banyak orang yang menggunakan jasa sopir pribadi untuk pulang kampung apalagi dengan jarak yang sangat jauh. Keberadaan jasa sopir pribadi sangat membantu bagi para pemudik. Upah yang didapatkan dari usaha jasa ini sangat tinggi lantaran sulitnya mencari sopir ketika lebaran. Bisnis sampingan ini sangat menguntungkan bagi mereka yang pandai mengemudi kendaraan. Namun resiko yang harus dijalani ketika membuka jasa ini adalah tidak bisa berkumpul dengan anggota keluarga.

Jasa Servis Kendaraan

Segala sesuatu saat akan mudik harus dipersiapkan dengan baik. Termasuk kendaraan yang akan digunakan pulang kampung. Performa kendaraan yang buruk dapat menghambat perjalanan mudik. Untuk mengantisipasinya, kendaraan harus di servis untuk meningkatkan kelayakan. Peluang ini bisa dimanfaatkan bagi anda yang memiliki keahlian mekanik untuk membuka jasa servis kendaraan. Bisnis sampingan ini cukup menguntungkan karena ada banyak peminatnya.

Jasa Penyalur Asisten Rumah Tangga

kebanyakan asisten rumah tangga yang bekerja diluar kota akan pulang kampung saat hari lebaran akan tiba. Akibat dari hal ini, banyak majikan yang pusing karena pekerjaan rumah akan terbengkalai selama ditinggal oleh para asistennya, apalagi menjelang lebaran. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha jasa penyalur tenaga kerja pengganti untuk bekerja selama hari lebaran. Karena alasan ekonomi, beberapa orang mau menjadi asisten rumah tangga dadakan disaat lebaran.

Jasa Penitipan Rumah

Ketika musim mudik tiba, banyak rumah pribadi kosong yang ditinggal oleh para pemiliknya untuk pulang kampung. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, harus ada orang yang mengamankan rumah selama ditinggal. Jasa penitipan rumah adalah salah satu opsi yang bisa dipilih. Bagi anda yang tinggal dikota, bisa menawarkan usaha jasa ini kepada para tetangga di lingkungan yang rumahnya akan ditinggal mudik lebaran. Bisnis sampingan ini tidak memerlukan modal namun bisa menguntungkan.

Penutup
Menjelang hari lebaran memang banyak bermacam-macam usaha yang cocok dijalankan untuk menambah penghasilan seperti halnya 17 bisnis sampingan menjelang lebaran yang menguntungkan yang sudah disebutkan diatas. Bagi anda yang ingin menambah uang simpanan, dapat memilih salah satu atau beberapa bisnis sampingan menjelang lebaran diatas untuk dijalankan. Sudah banyak pelaku usaha yang mampu meraup banyak keuntungan ketika menjelang idul fitri dengan berbisnis seperti diatas.

17 Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran Yang Menguntungkan