Usaha Jualan Yang Laris di Bulan Puasa

Bulan ramadhan adalah bulan istimewa bagi kaum muslim. Di bulan ini, semua umat islam menjalankan ibadah wajib yaitu puasa ramadhan. Terdapat banyak keberkahan yang diberikan oleh tuhan pada bulan ini, salah satunya adalah pintu rejeki yang terbuka lebar. Tidak heran jika pada saat bulan ramadhan jumlah transaksi di berbagai sektor usaha, terlebih usaha jualan, laris manis dan mengalami peningkatan yang sangat pesat. Bahkan jumlahnya bisa naik berkali-kali lipat dari hari biasa.

Setiap umat islam menyambut bulan puasa penuh suka cita dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik termasuk semua kebutuhan hidup mulai dari makanan sampai pakaian. Mereka tidak segan mengeluarkan uang lebih demi mencukupi kebutuhan selama bulan puasa. Oleh karena itu, ketika datang bulan ramadhan, semua tempat-tempat perbelanjaan selalu ramai dan penuh sesak oleh orang-orang yang melakukan jual beli untuk berbelanja.

Gambar Usaha Jualan Yang Laris di Bulan Puasa

Bagi orang-orang yang kreatif, momen ini dapat dimanfaatkan dan dijadikan sebagai peluang untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan mendirikan usaha. Meski usaha yang dilakukan ketika bulan puasa terkesan musiman, namun menjalankan usaha jualan pada bulan ini sangat potensial karena ramainya pembeli. Momen ini tidak pernah terlewatkan bagi para pedagang kreatif untuk menjual berbagai macam dagangan mereka.

Bisnis Apa Yang Cocok dan Ramai Pembeli Untuk Dijalankan di Bulan Ramadhan?

Bulan puasa mendatangkan berkah tersendiri bagi beberapa pelaku bisnis. Pasalnya dagangan mereka mudah laku karena ramainya pembeli. Para pedagang dan pelaku usaha selalu memanfaatkan momen ini dengan menyusun strategi dalam berjualan. Tidak heran jika keuntungan yang mereka raih pada bulan ini melonjak secara drastis.

Melihat kondisi ini, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengikuti jejak mereka dengan mendirikan bisnis selama bulan puasa berlangsung. Usaha potensial yang cocok  didirikan untuk mengisi bulan ramadhan ada banyak macamnya. Dalam memilih jenis usaha, hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan para konsumen saat itu. Berikut ini adalah usaha jualan yang laku dan laris diserbu pembeli pada bulan puasa.

Bisnis Minuman Segar

Ketika menjalankan ibadah puasa, dahaga adalah musuh utama bagi para umat islam. Terlebih ibadah ini dilakukan di negara seperti Indonesia yang memiliki cuaca dan suhu yang panas pada siang hari. Panasnya suhu membuat tubuh mengeluarkan banyak cairan sehingga rasa haus selalu menyerang. Tak heran ketika saat berbuka, hidangan yang pertama kali dicari adalah minuman segar.

Menjajakan minuman segar selama bulan ramadhan adalah usaha jualan yang laku dan laris. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya masyarakat yang memburunya. Faktor cuaca adalah penyebab orang memilih untuk membeli minuman segar untuk berbuka puasa. Lihat saja pedagang minuman segar yang ada di sekitar, ketika bulan puasa tiba, pasti banyak orang yang berdatangan setiap sore untuk membelinya.

Menyantap minuman segar ketika berbuka puasa akan memberikan kenikmatan tersendiri. Ditambah lagi sensasi dingin karena adanya tambahan es batu memberikan kesejukan bagi siapa saja yang meminumnya. Berikut ini adalah beberapa minuman segar yang sangat cocok dijual selama bulan puasa menjelang berbuka.

1. Jual Es Cendol

Es Cendol adalah minumam yang sangat populer di Indonesia. Minuman segar dengan cita rasa manis ini adalah salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa. Campuran antara gurihnya santan dan gula kelapa yang dicairkan, membuat minuman ini dapat melepas dahaga orang selepas melakukan ibadah puasa. Dibeberapa daerah minuman ini memiliki sebutan lain yaitu es dawet. Tampilan dan isiannya sama, hanya saja bahan untuk pembuatan cendolnya yang berbeda. Membuka usaha es cendol saat bulan puasa biasanya laris manis dan ramai pembeli.

2. Jual Es Buah

Tak kalah segar, es buah adalah minuman yang juga banyak peminatnya. Minuman ini biasanya terdiri dari beberapa potongan buah seperti nanas, melon, semangka, nangka, biji selasih, ditambah agar-agar sangat menyegarkan ketika diminum. Usai menjalani ibadah puasa ditengah cuaca yang panas, minuman ini seakan menjadi penyiram tenggorakan yang gersang. Ditambah isian berbagai macam potongan buah sangat pas untuk berbuka. Es buah adalah salah satu minuman yang banyak dicari sebagai sajian berbuka.

3. Jual Es Kelapa Muda

Siapa sih orang yang tidak suka meminum kelapa muda. Rata-rata orang bahkan di berbagai penjuru dunia suka meminum buah berwarna hijau ini. Kelapa muda memang sangat terkenal akan kesegarannya apalagi jika diminum dalam keadaan dingin. Minuman ini biasanya disajikan dalam keadaan masih utuh atau dihidangkan kedalam gelas dengan isian serutan kelapanya. Selain menyegarkan, minuman ini juga di klaim mampu mengganti ion tubuh yang hilang saat berpuasa. Oleh sebab itu, banyak orang yang memburu es kelapa muda sebagai pelepas dahaga.

4. Jual Jus Buah

Minuman yang saat ini tengah populer di masyarakat adalah jus buah. Membuat buah menjadi jus untuk diminum adalah salah satu alternatif cara bagi mereka yang malas memakan buah secara langsung. Dengan minum jus, berbagai manfaat dan nutrisi yang ada pada buah bisa terserap oleh tubuh tanpa harus memakannya. Inilah alasan banyak orang memilih minum jus buah segar dengan sensasi dingin yang menyejukkan. Bisnis minuman jus berbagai macam buah adalah salah satu usaha jualan yang laku dan laris di bulan puasa.

Itulah beberapa minuman yang potensial untuk dijual saat bulan ramadhan berlangsung karena banyak sekali peminatnya. Selain minuman yang sudah disebutkan diatas, masih ada beberapa minuman segar lain yang potensinya juga tidak kalah bagus untuk dijual. Beberapa minuman tersebut antara lain adalah es teh, es jeruk, es sirup dan es susu soda. Beberapa minuman tersebut sering menjadi alternatif pilihan orang agar tidak bosan saat berbuka puasa. Namun yang pasti, bisnis berbagai macam minuman tersebut adalah usaha jualan yang cocok dan ramai pembeli untuk dijalankan di bulan ramadhan.
 

Bisnis Dagang Takjil

Takjil adalah istilah untuk hidangan segar seperti minum-minuman dan makanan ringan menyegarkan untuk berbuka puasa. Momen yang paling dinantikan oleh umat muslim pada waktu menjalankan ibadah puasa adalah saat-saat berbuka. Ketika waktu berbuka puasa tiba, mereka menyambutnya dengan riang gembira. Ini adalah waktu yang menandakan akhir dari ibadah puasa pada hari itu. Ketika berbuka, yang pertama kali diteguk adalah minuman segar untuk membatalkan puasa.

Namun hanya meminum minuman menyegarkan saja rasanya tidak cukup. Masih ada kudapan lain yang bisa dijadikan sebagai pelepas dahaga yaitu takjil. Setiap orang yang melakukan ibadah puasa pasti tidak pernah meninggalkan takjil sebagai teman berbuka sebelum menyantap makanan utama. Bagi yang malas membuat sendiri, takjil dapat dibeli kepada para penjual.

Berjualan takjil adalah merupakan jualan yang laku dan laris di bulan puasa. Pasalnya, hampir setiap orang menyediakan menu yang satu ini untuk disantap bersama keluarga. Takjil dapat menjadi hidangan pembuka sebelum memakan hidangan utama yang berupa makanan berat. Oleh karena itu, tidak heran jika pedagang takjil selalu ramai dan tidak pernah sepi pembeli apalagi diwaktu berbuka akan tiba. Berikut ini adalah beberapa takjil yang bisa dijadikan usaha jualan potensial saat bulan ramadhan.
 

1. Jual Kurma

Kurma adalah salah satu makanan favorit nabi Muhammad S.a.w ketika berbuka puasa. Rasanya yang manis alami membuat makanan berwarna coklat ini cocok sebagai pengganti energi tubuh yang hilang selama berpuasa. Bulan ramadhan identik dengan kurma. Tidak heran jika dimana-mana ada pedagang kurma. Meskipun banyak yang menjual, namun usaha jualan ini tetap laku dan laris karena banyaknya minat dari masyarakat terhadap kurma. Bisnis ini sangat cocok dijalankan ketika bulan ramadhan tiba.
 

2. Jual Kolak

Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Kolak adalah salah satu takjil yang sangat populer ketika bulan pusa datang. Kolak adalah makanan pembuka yang terdiri dari potongan pisang, kolang-kaling, labu dan ketela dengan kuah santan manis. Makanan ini bisa disajikan hangat maupun dingin. Pengemarnya sangat banyak mulai dari anak kecil, remaja bahkan orang dewasa. Usaha jualan kolak saat puasa akan sangat menguntungkan karena selalu banyak dicari.
 

3. Jual Bubur Kacang Hijau

Selain kolak, alternatif takjil lainnya adalah bubur kacang hijau atau biasa disingkat burjo. Ketika orang sudah bosan memakan kolak, bubur kacang hijau dapat menjadi pilihan lain sebagai menu pembuka saat buka puasa. Sama seperti halnya pada kolak, bubur kacang hijau bisa disajikan secara hangat maupun dingin dengan ditambahkan es serut. Kudapan ini sangat menyegarkan dan berpotensi tinggi ketika dijual. Bisnis bubur kacang hijau dan kolak adalah perpaduan yang pas untuk usaha jualan di bulan ramadhan.

Selain beberapa takjil yang sudah disebutkan diatas, masih ada makanan lain yang sering dihidangkan sebagai menu pembuka ketika berbuka salah satunya adalah gorengan. Pedagang gorengan selalu penuh sesak oleh pembeli saat sore hari menjelang berbuka puasa. Hal ini dikarenakan gorengan adalah takjil alternatif untuk berbuka maupun sebagai lauk saat  makan makanan berat. Ini adalah salah satu usaha yang juga memiliki peluang bagus sebagai bisnis dibulan puasa.
 

Bisnis Katering Nasi Kotak

Bulan puasa adalah bulan dimana orang-orang khususnya kaum muslimin sedang khusyuk menjalankan semua ibadah yang diperintahkan oleh tuhannya. Tidak hanya ibadah wajib, ibadah lain yang hukumnya sunah pun juga ramai-ramai dilaksanakan karena pada bulan ini pahala yang didapat akan dilipat gandakan. Salah satu kegiatan sunah yang sering digelar saat bulan ramadhan adalah pengajian.

Berbagai bagai macam majelis dakwa gencar melakukan pengajian umum dengan mendatangkan banyak peserta. Didalam pengajian yang biasanya peserta diberi kudapan berupa nasi kotak. Ini adalah peluang yang bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis oleh pelaku usaha untuk menambah pundi-pundi rupiah. Bayaknya pesanan nasi kotak untuk kegiatan-kegiatan semacam ini harus bisa dimaksimalkan dengan baik.

Baca Juga:
  1. Mengatur dan Mengelola Keuangan Bisnis Kecil Dengan Cara Sederhana
  2. 10 Langkah Meraih Sukses Dalam Mengelola Bisnis 
  3. 20 Rahasia Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses Dalam Berdagang

Selain itu, berbagai institusi dan perkantoran juga sering mengadakan kumpul bersama untuk pengajian atau kegiatan lain. Yang jelas, jumlah masa yang terkumpul banyak sudah pasti memerlukan kudapan untuk disantap bersama. Biasanya pilihan terbaik bagi mereka adalah dengan memesannasi kotak yang praktis dan ekonomis. Peluang-peluang seperti inilah yang membuat pengusaha nasi kotak bisa meraup banyak untuk dari berjualan.
 

Jualan Buah-Buahan

Buah adalah makanan yang tak boleh ketinggalan saat berbuka puasa. Setiap orang selalu memakan buah sebagai santapan pencuci mulut yang menyegarkan usai makan makanan berat seperti nasi, lauk pauk, dan sayur. Selain sebagai penyegar mulut, buah-buahan juga diklaim sebagai konsumsi alami yang sangat baik untuk pencernaan, apalagi ketika berpuasa pencernaan manusia beristirahat dalam waktu yang cukup lama.

Usaha jualan yang laris di bulan puasa salah satu diantaranya adalah menjual buah-buahan. Seperti yang sudah kita ketahui, rata-rata pedagang buah selalu mengalami peningkatan penjualan selama bulan ramadhan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya konsumsi buah yang dilakukan oleh masyarakat dan juga digunakan sebagai bahan baku takjil oleh para penjual. Ini adalah salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapat keuntungan. Bisnis dengan menjual buah-buahan seperti buah naga, nanas, semangka, melon, blewah, pepaya, apel dan lain-lain, potensinya sangat besar sekali ketika bulan ramadhan.
 

Jualan Jajanan Tradisional

Ketika puasa, rasa lapar selalu menyerang. Meskipun sudah berbuka, namun setelah melakukan aktifitas untuk ibadah seperti sholat tarawih dan tadarus al-quran, perut akan merasa lapar kembali. Untuk perlu adanya pilihan makanan anternatif lain sebagai camilan selain makan makanan berat yang dapat menyebabkan kekenyangan. Salah satu opsi yang bisa menjadi pilihan sebagai pengganjal perut lapar dimalam hari adalah jajanan tradisional yang masih tergolong makanan ringan.

Menjual makanan tradisional saat bulan puasa potensinya juga tak kalah bagus dengan bisnis lain. Pasalnya, orang akan cenderung memilih makanan ringan seperti jajanan tradisinal yang murah meriah sebagai camilan. Setiap daerah memiliki jenis makanan tradisional masing-masing yang beragam jumlahnya. Ada banyak jenis jajanan tradisional yang bisa dijual saat bulan ramadhan seperti kelepon, donat, gethuk, lemper, onde-onde, bika ambon, serabi, kue apem dan masih banyak lagi yang bisa dijual dan dijajakan kepada para pembeli. Terlebih, keuntungan dari menjual jajanan juga relatif besar.
 

Jualan Kembang Api

Ketika bulan puasa tiba, semua kaum muslim bersuka cita. Oleh karena itu bulan iniidentik dengan pernak-pernik yang menggembirakan. Salah satu diantaranya adalah  kembang api. Biasanya ketika ramadhan tiba, anak-anak selalu bermain kembang api baik selepas berbuka maupun menjelang berbuka. Mereka bermain denganpenuh suka cita dengan didampingi oleh para orang tuanya. Kembang api bisa dibeli dan didapat di kios-kios terdekat yang ada disekitar mereka.

Jumlah pedagang kembang api selalu meningkat secara drastis ketika bulan puasa. Bahkan mereka sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya. Peminat dan permintaan yang banyak dari masyarakat membuat pedagang kembang api tidak pernah sepi pembeli. Terlebih lagi dengan menjual secara ecer, mereka dapat meraih banyak keuntungan. Bisnis ini sangat potensial sekali jika dijadikan sebagai usaha jualan untuk menambah pendapatan selama bulan ramadhan.
 

Usaha Rumah Makan

Sudah menjadi rahasia umum jika rumah makan ketika bulan puasa selalu penuh sesak oleh pembeli. Ketika menjelang berbuka puasa, hampir semua rumah makan yang ada pasti dibanjiri oleh masa yang datang untuk berbuka puasa. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang memanfaatkan momen di bulan puasa untuk bertemu orang-orang terdekat termasuk sahabat, teman, keluarga dan kolega. Sedangkan tempat yang menjadi pilihan utama untuk berkumpul adalah rumah makan.

Bagi pelaku bisnis rumah makan, ibadah puasa bukanlah penyebab turunnya omzet mereka. Justru sebaliknya, di bulan ini jumlah pembeli akan meningkat drastis sampai-sampai pengelolanya kuwalahan. Meskin hanya buka ketika menjelang berbuka, namun jumlah pebelinya sangat banyak bahkan rela antri dan memesan tempat sejak jauh-jauh hari. Karena alasan inilah bisnis rumah makan menjadi salah satu usaha jualan yang laris di bulan puasa.
 

Usaha Warung Makan

Tak kalah ramainya dengan rumah makan, usaha warung makan juga memiliki potensi saat bulan puasa tiba. Tempat ini selalu menjadi salah satu pilihan favorit bagi golongan menengah kebawah yang ingin berhemat. Kebanyakan orang yang berkarir seperti buruh pabrik, pedagang, tukang ojek dan lain sebagainya memilih tempat ini untuk mencari makanan berbuka puasa karena harganya yang sangat ekonomis.

Selain penuh dengan pembeli pada saat jam-jam berbuka puasa, usaha rumah makan juga memiliki peluang untuk menyediakan makan sahur. Sasaran utamanya adalah perantau dan anak kost yang tidak mau ribet menyediakan masakan sendiri untuk sahur sehingga memilih untuk membelinya di warung makan. Hal inilah yang membuat warung makan tidak pernah sepi pembeli saat ramadhan ketika mulai berbuka puasa hingga selepas sahur. Membuka bisnis rumah makan adalah salah satu usaha jualan yang menguntungkan saat bulan puasa.

Penutup
Tidak perlu bingung dan bimbang ketika ingin mencari penghasilan tambahan saat bulan puasa tiba. Beberapa usaha jualan yang laris dibulan puasa diatas bisa menjadi pertimbangan dalam memilih jenis usaha yang akan dijalankan. Mencari penghasilan tambahan di bulan puasa dapat digunakan sebagai bekal dalam menghadapi hari raya idul fitri. Tidak ada salahnya mencoba bisnis dengan membuka usaha jualan di bulan puasa dengan memanfaatkan modal dan tempat seadanya. Semua bisnis akan berjalan dengan baik jika ada kemauan, kerja keras dan usaha dari pelakunya.

Usaha Jualan Yang Laris di Bulan Puasa