9 Tempat Strategis Untuk Membuka Usaha Warung Makan

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika akan membuka usaha adalah tempat. Begitu juga pada saat akan mendirikan usaha dibidang kuliner khususnya warung makan. Pemilik usaha harus mampu mendapatkan tempat strategis untuk membuka usaha warung makan tersebut. Tempat strategis dipilih karena dianggap lebih potensial sehingga dapat memperlancar proses berdirinya usaha.

Pemilihan tempat yang strategis untuk usaha adalah hal wajib yang dilakukan oleh seorang wirausahawan karena memberikan banyak manfaat dan pengaruh yang baik terhadap usaha yang dijalankan. Lokasi strategis adalah  tempat yang mudah dijangkau sehingga orang-orang dapat mengakses tempat tersebut dengan mudah. Selain itu, pemilihan tempat yang tepat untuk warung makan akan membuat usaha mudah dikenali dan diketahui oleh banyak orang.

Gambar 9 Tempat Strategis Untuk Membuka Usaha Warung Makan

9 Tempat Strategis Untuk Membuka Usaha Warung Makan


Apalagi usaha warung makan yang notabene banyak sekali pesaingnya. Hampir disetiap tempat dapat ditemui warung makan yang menyediakan berbagai macam menu makanan mulai dari yang tradisioanal hingga modern. Oleh karena itu, pemilihan lokasi harus dilakukan dengan hati-hati supaya benar-benar dapat menjangkau konsumen. Berikut ini adalah 9 tempat strategis untuk membuka usaha warung makan yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih lokasi.

Lingkungan Padat Penduduk

Pemukiman padat penduduk adalah lokasi yang sangat pas untuk membuka usaha warung makan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya orang yang ada dilokasi tersebut dan setiap orang memerlukan makanan untuk menambah tenaga. Tidak semua orang selalu ingin makan dirumah, terkadang mereka juga ingin merasakan suasana berbeda dengan pergi makan diluar rumah salah satunya adalah warung makan.

Semakin banyak orang yang berada didekat lokasi maka potensi untuk laku juga semakin tinggi. Lingkungan padat penduduk adalah salah satu tempat yang strategis jika dijadikan untuk lokasi usaha warung makan, mengingat banyaknya orang yang berada disana. Warung makan yang ada ditempat padat penduduk akan selalu ramai. Selain untuk makan, juga bisa dijadikan tempat untuk nongkrong bareng oleh masyarakat sekitar.

Daerah Perumahan

Daerah peruamahan juga tidak kalah bagus jika dijadikan warung makan. Rata-rata penghuni perumahan adalah orang-orang dengan kondisi ekonomi serba ada. Mereka banyak menghabiskan waktu untuk berkarir baik itu suami maupun istri. Terkadang para istri  kurang memiliki waktu yang cukup untuk masak sendiri dirumah sehingga lebih sering membeli makanan diluar.

Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mendirikan sebuah warung makan. Apalagi jika di perumahan tersebut jumlah warganya sangat banyak. Itu adalah lokasi yang sangat strategis dan potensial untuk usaha kuliner. Ketika merasakan lapar secara tiba-tiba, masyarakatnya lebih suka pergi ke tempat makan disekitaran kompleks yang jaraknya tidak jauh.

Di Terminal

Terminal adalah sebuah tempat yang ramai dan banyak dikunjungi orang. Setiap hari terdapat orang-orang yang hilir mudik melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Salah satu tempat yang menjadi pemberhentian kendaraan yang mereka tumpangi adalah terminal. Ketika istirahat perjalanan, para penumpang pasti membutuhkan asupan makan untuk sekedar melepas lelah selama naik kendaraan.

Kondisi ini sangat potensial jika digunakan untuk mendirikan usaha warung makan. Kendaraan yang keluar masuk terminal pasti menurunkan penumpang. Ketika turun dari kendaraan, yang pertama kali dicari oleh para penumpang adalah tempat makan untuk melepas rasa lapar apalagi ketika habis melakukan perjalanan jauh. Hal inilah yang membuat banyak orang sukses mendirikan warung makan di area terminal.

Di Sekitar Tempat Wisata

Salah satu tempat yang sering dikunjungi banyak orang adalah tempat wisata. Hampir setiap hari tempat ini dipenuhi oleh orang-orang yang ingin melepaskan stres dari hiruk pikuk duniawi. Apalagi disaat akhir pekan dan hari libur, jumlah pengunjungnya bisa naik berkali-kali lipat dari hari biasa. Tidak hanya pada tempat wisatanya saja, lingkungan yang ada disekitarnya pun memiliki potensi jika digunakan sebagai tempat usaha.

Salah satu potensi usaha yang dapat dikembangkan disekitar tempat wisata adalah usaha warung makan ataupun rumah makan. Setiap pelancong pasti membutuhkan makan untuk mengganjal rasa lapar diperut mereka. Setelah bersenang-senang menikmati suasana keindahan tempat wisata, pasti mereka merasakan lapar yang tak tertahankan sehingga mereka mencari tempat makan. Kesempatan ini dapat digunakan untuk meraup keuntungan dari usaha kuliner apalagi menu yang ditawarkan adalah makanan khas daerah tersebut.

Di Dekat Kampus/Sekolah

Sudah menjadi rahasia umum jika warung makan yang ada di area kampus dan sekolah sangat laris dan banyak pembeli. Rata-rata konsumen yang ada ditempat ini adalah para pelajar dan mahasiswa yang menimba ilmu di sekolah dan kampus daerah itu. Kebanyakan dari mereka tidak suka makan dirumah akan tetapi lebih suka jajan diluar apalagi makan sambil berbincang bersama teman-temannya.

Potensi ini masih bisa meningkat dengan banyaknya tempat kost yang ada disekitar daerah tersebut. Anak kost apalagi yang statusnya masih pelajar pasti jarang masak dan lebih suka membeli makan karena lebih praktis dan tidak repot. Mereka mengandalkan warung-warung makan yang ada disekitaran tempat tersebut untuk jajan. Ini adalah sebab kenapa banyak orang yang berhasil mendirikan warung makan di dekat kampus atau sekolah.

Di Dekat Pabrik

Selama ini menjadi karyawan pabrik masih menjadi profesi yang ditekuni orang-orang untuk mendapat penghasilan. Hampir disetiap pabrik memiliki karyawan dengan jumlah cukup banyak. Rata-rata karyawan yang bekerja pada sebuah pabrik adalah perantau atau lokasi rumahnya jauh. Kebanyakan dari mereka lebih suka jajan pada saat jam istirahat dengan membeli makan di sekitaran pabrik.

Baca Juga:
  1. Faktor Penyebab Produk Usaha Makanan Tidak Laku Dipasaran
  2. Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Modal Usaha Dari Pinjaman/Hutang
  3. Strategi Menaikkan/Meningkatkan Nilai Jual Produk UKM Makanan

Peluang ini sangat menjanjikan bagi pemilik usaha warung makan yang mendirikan lokasinya di area industri mengingat banyaknya pekerja yang ada disana. Rata-rata warung makan yang ada sekitar pabrik selalu ramai oleh para pekerja yang mengganjal rasa lapar mereka. Tempat ini cukup strategis untuk dijadikan sebagai lokasi berdirinya warung makan dengan berbagai potensi yang dimilikinya.

Di Dekat Pasar

Setiap hari, pasar selalu menjadi tempat berkumpul para penjual dan pembeli. Tak hanya di pasarnya saja, keramaian dari orang yang melakukan transaksi pun juga menyebar sampai ke sekitarnya. Banyak orang yang lalu lalang di pasar untuk mencari kebutuhan termasuk makanan. Tak hanya untuk berjualan bahan baku, pasar juga memiliki potensi sebagai tempat berjualan makanan tinggal santap.

Mendirikan warung makan di sekitar area pasar adalah salah satu pilihan yang tepat. Potensi untuk laris dan banyak pembeli di tempat ini juga cukup tinggi mengingat banyaknya orang yang sibuk beraktivitas berdagang dan berbelanja sehingga rasa lapar sering melanda. Kebanyakan dari mereka juga lebih memilih makan disekitar pasar untuk meredakan rasa lapar. Inilah peluang yang cukup bagus untuk mendirikan warung makan.

Di Pinggir Jalan Raya

Sudah menjadi rahasia umum jika pinggir jalan memiliki potensi sebagai tempat usaha. Mendirikan usaha dengan lokasi di pinggir jalan raya memiliki banyak keuntungan bagi pemiliknya. Beberapa keuntungan yang didapat adalah lokasi yang strategis, mudahnya akses menuju lokasi, banyaknya orang yang berlalu lalang, sering dilihat banyak orang, dan lain sebagainya.

Melihat banyaknya manfaat yang didapat, tak heran jika banyak pengusaha yang melirik lokasi di pinggir jalan raya sebagai tempat usaha. Begitu juga bagi mereka yang akan mendirikan usaha warung makan. Pinggir jalan raya memiliki potensi yang sangat besar untuk mendirikan usaha warung makan karena akan mudah dikenal oleh masyarakat. Orang-orang yang lewat di jalan tersebut pasti mudah ingat, kemudian ketika ingin mencari makan, mereka akan mencoba untuk membeli di warung tersebut.

Di Area Perkantoran

Area perkantoran selalu ramai dengan orang-orang yang sibuk melakukan berbagai aktivitas kantor. Orang yang bekerja dengan banyak berpikir biasanya mudah lelah dan merasa lapar. Ketika jam istirahat tiba, mereka membutuhkan asupan makanan untuk memulihkan tenaga. Kebanyakan dari mereka akan memilih warung makan sebagai tempat tujuan untuk mengisi perut. Warung makan disekitar area kantor dipilih karena lokasi yang dekat dan harga yang ekonomis.

Dengan melihat berbagai peluang yang ada, daerah perkantoran adalah salah satu lokasi yang cocok untuk mendirikan usaha warung makan. Dengan target pasar utama adalah orang-orang kantor, makan kesempatan untuk laku terjual juga sengat tinggi. Terlebih orang kantor akan membayar dengan uang tunai karena rata-rata dari mereka akan gengsi ketika berhutang di warung makan. Hal ini akan membuat perputaran uang akan lebih cepat.

Penutup
Ketika akan membuka usaha warung makan, 9 tempat strategis yang sudah dibahas diatas dapat dijadikan rujukan dan pertimbangan dalam memilih lokasi yang tepat. Pemilihan lokasi usaha adalah salah satu hal yang krusial. Jika salah mempertimbangkan, maka akan berdampak buruk pada usaha yang dapat membuat warung makan tidak sepi pembeli dan tidak bisa jalan. Oleh karena itu, memilih tempat strategis untuk membuka usaha warung makan wajib dilakukan oleh pemiliknya agar usaha bisa terus tumbuh dan berkembang.

9 Tempat Strategis Untuk Membuka Usaha Warung Makan