13 Usaha Dagang di Pasar Tradisional Yang Menguntungkan

Pasar adalah tempat yang menjadi pusat berkumpulnya pedagang dan pembeli. Potensi yang tinggi membuat banyak orang menjadikannya sebagai lokasi usaha dagang yang sangat menjanjikan. Setiap hari tempat ini selalu dipenuhi oleh para pedagang yang menjajakan barang dagangannya untuk dijual kepada para pembeli. Mendirikan usaha dagang di pasar tradisional menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk mendapatkan penghasilan.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh pedagang ketika menjalankan roda usaha di lingkungan pasar tradisional. Pasalnya, lokasi ini sangat strategis dan tidak pernah sepi pembeli karena merupakan tempat tujuan utama orang untuk belanja. Terdapat banyak pembeli yang datang dan hilir mudik untuk mendapatkan kebutuhan harian. Ratusan bahkan sampai ribuan orang yang berbeda selalu mengunjungi pasar setiap harinya.

Gambar 13 Usaha Dagang di Pasar Tradisional Yang Menguntungkan

Pasar selalu menjadi pusat perhatian dan pilihan utama bagi orang untuk mencari barang kebutuhannya. Alasan harga yang murah dengan barang yang lengkap membuat masyarakat mengutamakan pasar sebagai tempat belanja. Ini adalah peluang yang harus dimanfaatkan pedagang untuk menjual barang dagangan supaya laku dan laris. Oleh sebab itu pasar selalu identik dengan berbagai macam pedagang yang menjajakan barang dagangan.

13 Usaha di Pasar Tradisional Yang Paling Cocok dan Menjanjikan

Ada berbagai macam jenis usaha yang bisa dijalankan di pasar tradisional. Usaha yang jelas menjanjikan ketika dijalankan di pasar tradisional adalah berdagang. Berdagang merupakan salah satu profesi yang ditekuni masyarakat dan menjadikannya sebagai mata pencaharian. Selama ini sudah banyak dijumpai pedagang-pedagang yang mampu meraih kesuksesan hanya dengan berjualan di lingkungan pasar. berikut ini adalah 13 usaha dagang di pasar tradisional yang menguntungkan.

Usaha Dagang Sembako

Sembako atau sembilan bahan pokok yang terdiri dari beras, jagung, minyak goreng, gula, garam, susu, telur dan lain-lain adalah kebutuhan pangan yang paling sering dicari masyarakat. Membuka usaha sembako dapat memberikan banyak untung untuk penjual, terlebih jika letaknya berada di lingkungan pasar. Ini akan memberikan penghasilan berkali-kali lipat karena di lingkungan pasar akan selalu didatangi banyak pembeli berbeda yang datang tiap harinya.

Dagang Sayur-sayuran

Sayur mayur adalah bahan baku utama yang sangat diperlukan didalam masakan. Setiap hari akan selalu ada masakan sayur-sayuran yang tersaji di rumah untuk dimakan. Pedagang yang menjual berbagai macam sayuran seperti sawi, wortel, terong, lobak, kentang, labu, bayam dan lain-lain di pasar tradisional pasti laris manis setiap harinya. Sayuran selalu dibeli dan dicari oleh masyarakat karena termasuk kedalam bahan pokok makanan. Banyak pedagang sayur-sayuran yang mampu meraup untung tinggi setiap harinya bahkan mampu membeli mobil dan membangun rumah.

Usaha Dagang Buah-buahan

Selain sayur-sayuran, salah satu kebutuhan makanan utama untuk manusia adalah buah-buahan. Masyarakat selalu mengkonsumsi buah-buahan untuk menunjang kelengkapan gizi pada tubuh. Menjual berbagai macam buah di pasar adalah salah satu pilihan usaha dagang yang tepat karena buah juga banyak di beli oleh masyarakat untuk di konsumsi. Setiap hari seorang pedagang buah bisa menjual berpuluh-puluh kilogram kepada para pembeli. Usaha dagang ini sangat menguntungkan mengingat penghasilan yang didapat juga besar dari setiap kilogram buah yang terjual.

Usaha Dagang Jajanan Pasar Tradisional

Terlepas dari buah dan sayur, jajanan pasar tradisional adalah sesuatu yang tepat untuk dijajakan kepada para pembeli. Jajanan pasar seperti gorangan, kue basah, donat, agar-agar, kelepon, gethuk dan jajanan tradisional lainnya, merupakan jajanan yang sering menjadi favorit para ibu sebagai oleh-oleh kepada anaknya dirumah. Selain mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, menjual berbagai macam makanan tradisional seperti ini juga merupakan upaya untuk melestarikannya agar tidak punah.

Usaha Dagang Makanan Matang

Usaha dagang di pasar tradisional tidak harus menjual bahan baku mentah untuk dijadikan makanan. Namun, bisa juga menjual makanan yang sudah matang sebagai alternatif usaha yang bisa dikembangkan. Masakan siap santap seperti sayur, sop, ikan goreng, ayam goreng dan lain-lain bisa dijual dan dijadikan sebagai ladang mencari keuntungan di pasar tradisional. Banyak orang yang berminat dan mencarinya untuk dibeli dengan alasan praktis. Dengan membeli masakan yang sudah matang, pembeli tidak lagi repot untuk memasak sendiri di rumah.

Usaha Dagang Ayam Potong

Menjual ayam potong adalah salah satu usaha dagang di pasar tradisional yang cukup menjanjikan. Tidak harus ternak sendiri, pedagang bisa mengambil ayam dari peternak untuk dipotong dan dijual sendiri. Keuntungan yang didapat dari bisnis ini cukup besar mengingat harga beli ayam hidup dan setelah dipotong memiliki perbedaan yang cukup jauh. Target pemasarannya pun juga sudah jelas, ayam potong tidak hanya dibutuhkan oleh masyarakat umum saja, namun juga banyak dibutuhkan oleh rumah makan dan warung makan untuk diolah menjadi menu masakan.

Usaha Dagang Daging Sapi

Selain menjual daging ayam, usaha dagang menjual daging sapi juga tidak kalah bagusnya. Pada awalnya, usaha ini dianggap sulit untuk berkembang dikarenakan daya beli masyarakat yang kurang. Namun jika dilihat dari fakta yang ada dilapangan, menjual daging sapi di pasar tradisional adalah usaha dagang yang menjanjikan.

Baca Juga:
  1. 7 Keunggulan Dan Kelebihan Pasar Tradisional Yang Tidak Kita Sadari
  2. 5 Macam Modal Penunjang Untuk Memulai Usaha Yang Perlu Disiapkan 
  3. Cara Sukses Berdagang di Pasar Tradisional

Semakin hari, jumlah orang yang mendirikan kios daging sapi mengalami peningkatan. Ini mengindikasikan bahwa kebutuhan dan permintaan daging sapi yang datang dari konsumen sangat tinggi. Tingginya jumlah permintaan diduga karena banyaknya kebutuhan rumah makan dan kios bakso yang menggunakan daging sapi sebagai salah satu bahan masakan.

Usaha Dagang Hasil Laut

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan laut yang melimpah. Hasil laut merupakan salah satu makanan sebagai sumber protein yang tinggi bagi manusia. Berbagai macam hasil laut seperti ikan, udang, cumi-cumi, lobster dan kepiting merupakan dagangan yang potensial untuk dijual di pasar tradisional dengan syarat kondisinya masih segar. Hasil laut yang masih segar akan banyak diminati oleh pembeli untuk dijadikan hidangan lezat di rumah. Keuntungan dari menjual hasil laut cukup tinggi. Pedagang dapat mengambil barang dagangannya kepada nelayan selepas perahu melabuh di dermaga.

Usaha Dagang Peralatan Rumah Tangga

Selain kebutuhan pokok, salah satu hal yang dicari oleh masyarakat saat berbelanja ke pasar tradisional adalah peralatan rumah tangga. Salah satu alasan masyarakat lebih memilih mencari peralatan rumah tangga di pasar adalah karena mereka bisa membeli sekaligus berbelanja. Peralatan rumah tangga seperti sapu, kemoceng, tempat sampah, lap, alat pel, ember dan lain-lain adalah barang dagangan yang memiliki jumlah penjualan yang tinggi. Tempat tujuan yang yang terlintas dipikiran orang untuk membeli peralatan ini adalah pasar. Toko adalah pilihan alternatif kedua.

Usaha Dagang Pakaian Murah

Kebutuhan primer manusia tidak hanya makan saja, namun juga ada kebutuhan lain yang tidak kalah penting yaitu pakaian. Menjual pakaian adalah salah satu usaha dagang di pasar tradisional yang menguntungkan. Pasalnya, selama ini banyak terdapat pedagang pakaian yang meraih sukses dengan berjualan di pasar tradisional. Harga yang murah adalah salah satu alasan kenapa orang lebih suka membeli pakaian di pasar daripada di toko. Pendapatan pedagang pakaian akan melonjak berkali-kali lipat ketika hari raya idul fitri akan tiba.

Usaha Dagang Bumbu dan Rempah-Rempah

Selain bahan baku, kebutuhan pendukung untuk memasak adalah bumbu. Jika tidak ada bumbu, makanan apapun tidak akan ada rasanya dan tidak enak. Selama ini menjual bumbu dan rempah-rempah dianggap sebelah mata karena keuntungan yang kecil. Namun jangan salah, keuntungan yang kecil akan berbanding lurus dengan jumlah permintaan dari pembeli yang jumlahnya sangat banyak. Jika dikalkulasi terhadap jumlah penjualan, keuntungan yang sedikit bisa terkumpul sangat banyak.

Usaha Grosir Makanan Ringan

Membuka grosir makanan ringan di pasar adalah salah satu pilihan terbaik. Selain itu, pemasarannya juga cukup mudah. Rata-rata para pemilik warung kecil memilih membeli barang dagangan atau kulakan di toko grosir yang ada di pasar tradisional. Pelaku usaha grosir pun tidak perlu bingung mendapatkan barang dagangannya karena setiap hari ada supliyer yang selalu mendatangi pasar tradisional untuk menawarkan berbagai produk. Namun sayangnya untuk membuka usaha dagang di pasar tradisional yang satu ini membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Usaha Warung Makan

Melakukan berbagai kegiatan jual beli di pasar tradisional dapat menguras tenaga baik itu untuk penjual maupun pembeli sehingga menimbulkan rasa lapar. Kebanyakan dari mereka memilih untuk membeli makanan di lingkungan tersebut. Ini adalah salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendirikan warung makan. Rata-rata warung makan yang didirikan dipasar tradisional laris manis setiap harinya. Membuka warung makan merupakan salah satu usaha yang menguntungkan.

Penutup
Lokasi pasar yang sangat strategis merupakan surga dari para pelaku usaha untuk mendirikan berbagai macam bisnis untuk meraup keuntungan. Salah satu dari 13 usaha dagang di pasar tradisional yang menguntungkan diatas dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mereka yang sedang mencari inspirasi dan ide dalam membuka usaha. Membuka usaha dagang di pasar tradisional sangat potensial mengingat lokasinya menjadi fokus utama bertemunya penjual dan pembeli. Hampir tidak pernah sepi, setiap hari pasti ada pembeli yang datang kepasar tradisional untuk berbelanja.

13 Usaha Dagang di Pasar Tradisional Yang Menguntungkan