Cara Sukses Berdagang di Pasar Tradisional

Ada banyak sekali bidang usaha yang dapat ditekuni untuk dijadikan profesi utama oleh seseorang, salah satunya yaitu berdagang. Berdagang adalah satu dari sekian banyak profesi yang ditekuni oleh masyarakat di Indonesia. Banyak diantara para pedagang tersebut yang berjualan di pasar tradisional. Sebagian besar dari mereka pasti memiliki pertanyaan di dalam hatinya tentang cara sukses berdagang, apalagi perdagangan yang dilakukan berada di pasar tradisional.

Pasar tradisional merupakan sebuah tempat dimana penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi dengan sistem tradisional. Ada terdapat banyak penjual yang membuka lapak mereka untuk menjajakan berbagai macam barang dagangan. Berbelanja ke pasar tradisional masih menjadi pilihan banyak orang sehingga tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi pada hari tertentu biasanya jumlah pembeli yang datang melonjak berlipat-lipat.

Gambar Cara Sukses Berdagang di Pasar Tradisional

Berjualan di pasar tradisional pada dasarnya sangat menguntungkan dan memiliki prospek kedepan yang sangat baik. Kondisi pasar yang selalu dipenuhi oleh pembeli setiap harinya merupakan tempat yang pas untuk berjualan. Oleh karenanya, pasar selalu menjadi tempat terbaik bagi para pedagang untuk meraup keuntungan.

8 Cara Sukses Berdagang di Pasar Tradisional

Siapapun pedagang pasti menginginkan sebuah kesuksesan. Mereka selalu berupaya sekuat tenaga supaya barang dagangannya laku dan laris. Banyak diantara mereka yang melakukan berbagai trik dan strategi dagang untuk mendapatkan hasil seperti yang di inginkan. Berikut ini adalah 8 cara yang bisa digunakan ketika berdagang di pasar tradisional untuk bisa sukses.

Jujur Dalam Berdagang

Dalam melakukan aktivitas perdagangan, seorang pedagang harus menerapkan kejujuran diberbagai aspek baik itu ketika melakukan penimbangan terhadap barang dagangan maupun dalam memberikan informasi kepada pembeli terkait kualitas barang dagangan. Bersikaplah apa adanya sesuai dengan kondisi dan situasi barang yang dijual. Jangan sekali-kali membohongi pembeli karena akan berakibat buruh bagi usaha.

Selalu bersikap jujur dalam berjualan adalah pilihan terbaik. Tingkatkan kepercayaan pembeli dan jangan sampai mengecewakan. Strategi ini adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Semakin banyak pelanggan maka akan semakin baik untuk keberlangsungan usaha karena akan menjadikannya tempat berlangganan untuk berbelanja.

Berangkat Berjualan Lebih Awal

Jumlah pembeli terbanyak yang datang ke pasar tradisional adalah ketika pagi hari. Mulai dari pagi buta, kebanyakan pedagang pasar tradisional sudah mulai menggelar barang dagangannya. Ada banyak alasan para pembeli melakukan belanja pada pagi hari antara lain adalah barang yang masih segar, jenis barang masih lengkap, tersedia jumlah banyak sehingga dapat memilih dan banyak para pedagang yang masih buka.

Sebagai pedagang yang ingin sukses, harus berangkat berjualan lebih awal. Pepatah yang mengatakan “Jempulah rejekimu dipagi buta agar tidak di patok ayam” mungkin ada benarnya juga. Ketika terlalu siang menggelar barang dagangan maka akan tidak baik untuk pedagang itu sendiri. Jika sudah siang, pembeli sudah sepi karena mereka sudah mendapatkan berbagi barang yang dibutuhkan sejak pagi hari.

Jual Jenis Barang Kebutuhan

Ada banyak jenis barang yang dijual di pasar tradisional. Namun barang yang paling banyak banyak dibeli di pasar adalah barang yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah bahan baku untuk konsumsi dan kebutuhan sehari-hari seperti sayuran mayur, bumbu rempah-rampah, tahu, tempe, kelapa parut dan lain sebagainya. Barang kebutuhan tersebut adalah yang paling banyak dicari oleh pembeli.

Pada dasarnya tujuan pembeli datang dan berbelanja di pasar tradisional adalah untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itulah menjual macam-macam barang kebutuhan adalah pilihan yang tepat bagi seorang pedagang. Ketika mampu menjual apa yang di inginkan oleh pembeli, potensi untuk laku dan lari juga semakin tinggi.

Jenis Barang Dagangan Bervariatif

Saat berdagang, jangan hanya menjual satu jenis barang saja. Akan tetapi jual lah berbagai jenis barang yang berpotensi akan dibeli oleh para pembeli. Semakin banyak menebar jala, makan akan semakin banyak ikan yang tertangkap. Ini adalah prinsip yang tepat untuk diterapkan oleh para pedagang.

Semakin banyak jenis barang yang dijual, maka potensi untuk terbeli juga semakin tinggi. Jika ini diterapkan dengan baik, potensi untuk mendapatkan penghasilan yang banyak bukanlah sebuah hal mustahil. Rata-rata konsumen di pasar tradisional lebih memilih pedagang yang menjual berbagai jenis barang kebutuhan karena akan membuat mereka tidak perlu berkeliling untuk mencari barang kebutuhan yang bisa menghabiskan banyak waktu.

Jual Barang Yang Masih Segar

Selain untuk mendapatkan barang dengan harga murah, salah satu alasan pembeli berbelanja di pasar tradisional adalah supaya mendapatkan barang dengan kondisi yang masih segar. Sebagai pedagang, sebaiknya memilih barang dagangan dengan kualitas terbaik. Untuk barang dagangan berupa bahan pokok seperti sayur-sayuran lebih baik mengambil barang dari supliyer tangan pertama atau ke petani langsung untuk menjaga kesegarannya.

Baca Juga:
  1. 7 Keunggulan Dan Kelebihan Pasar Tradisional Yang Tidak Kita Sadari
  2. 11 Tips Belanja Menguntungkan Di Pasar Tradisional Yang Wajib Dicoba 
  3. 5 Cara Mendapatkan Barang Dagangan Harga Murah (Kulakan)

Semakin baik kualitas barang yang dijual, maka akan semakin banyak pula pembeli yang tertarik. Pembeli akan selalu mencari dan membeli barang kebutuhan yang kondisinya masih segar dan baik. Strategi ini ditujukan agar barang dagangan cepat laku dan habis sehingga tidak ada stok barang tersisa yang akan turun kualitasnya jika dijual di kemudian hari.

Beri Harga Lebih Murah

Berdagang adalah kegiatan yang selalu identik dengan persaingan harga. Apalagi dengan kondisi berjualan yang berada di pasar tradisional dimana banyak pedagang yang menjual barang dengan jenis yang sama. Banyaknya kesamaan barang yang dijual, membuat mereka melakukan persaingan harga semurah mungkin demi menarik minat pembeli.

Oleh karena itu, cobalah untuk menawarkan barang dagangan sedikit lebih murah kepada para pembeli dengan syarat jangan sampai rugi. Laba tetap menjadi nomor satu meskipun barang yang dijual lebih murah dari para pesaing. Cara yang paling tepat dalam menerapkan metode ini adalah dengan mendapatkan barang dagangan dengan harga murah sehingga ketika menjual barang tersebut dengan harga dibawah pasaran pun masih tetap memperoleh untung.

Bonus Untuk Pembeli

Sesekali berikanlah bonus kepada para pelanggan dan pembeli yang berbelanja dengan jumlah banyak. Memberikan semacam penghargaan kepada para pembeli akan menaikkan citra baik seorang pedagang dimata para pembelinya. Pembeli yang melakukan banyak transaksi akan memberikan banyak keuntungan untuk penjual itu sendiri, sehingga tidak ada salahnya jika mereka mendapat bonus.

Ini akan membuat para pelanggan merasa senang dan merasa dihargai ketika berbelanja, sehingga ketika mereka berbelanja lagi di kemudian hari, penjual tersebutlah yang akan menjadi pilihan utama. Cara ini cukup efektif dilakukan untuk menjaring lebih banyak konsumen. Sebagai pedagang yang baik, hargailah setiap transaksi yang dilakukan oleh setiap pelanggan.

Selalu Bersikap Ramah

Salah satu hal yang disukai oleh pembeli ketika berbelanja adalah sikap penjual yang bersikap ramah kepadanya. Keramahan dari seorang penjual dapat menarik minat belanja para pembelinya. Dalam berdagang, usahakan untuk selalu bersikap ramah kepada setiap pembeli yang datang agar citra baik sebagai seorang penjual selalu naik.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang pedagang untuk bersikap ramah kepada konsumen antara lain adalah murah senyum, menggunakan nada rendah ketika berkomunikasi, melayani pembeli dengan baik, selalu menyarankan yang terbaik dan lain sebagainya. Lakukanlah hal ini ketika sendang berdagang karena akan membuat nyaman para pelanggan sehingga betah dalam berbelanja.

Penutup
Penerapan 18 cara sukses berdagang di pasar tradisional diatas adalah sebuah upaya dari pedagang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semua orang berhak meraih kesuksesan dan sebuah kesuksesan bukanlah suatu kemustahilan. Termasuk juga untuk para pedagang. Meskipun hanya mengandalkan pasar sebagai tempat berjualan, namun pada kenyataannya banyak pedagang pasar yang bisa sukses dengan mendapatkan hasil yang besar. Lakukanlah cara-cara terbaik agar bisa sukses dalam berdagang di pasar tradisional.

Cara Sukses Berdagang di Pasar Tradisional