11 Bisnis Potensial Yang Cocok Untuk Daerah Wisata Pantai

Indonesia adalah negara maritim dimana wilayah lautnya lebih luas daripada wilayah daratan. Ditambah daerahnya yang terdiri dari beribu-ribu pulau, membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan garis pantai paling panjang di dunia. Kondisi ini membuat negara berlambang burung garuda ini kaya akan wisata pantainya yang sangat beragam. Para penduduk yang berada di pesisir pada khususnya tidak melewatkan anugerah tuhan ini dengan menjalankan bisnis potensial yang cocok untuk daerah wisata pantai.

Penduduk yang bermukim di daerah pesisir pantai pada dasarnya memang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Namun karena kebijakan dari pemerintah daerah yang ingin menambah pendapatan daerah, kawasan pantai akhirnya diberi perhatian khusus untuk diangkat nilai kepariwisataannya. Setali tiga uang, hal ini juga menyediakan peluang bagi para masyarakat sekitar kawasan wisata untuk bisa membuka bisnis sampingan.

Gambar 11 Bisnis Potensial Yang Cocok Untuk Daerah Wisata Pantai

Seperti tanah kering yang diguyur hujan, berkah ini dirasa sangat menyejukkan bagi masyarakat, ditengah kondisi pertumbuhan ekonomi yang semakin sulit. Pendapatan penduduk sekitar pantai juga ikut terangkat dengan peluang usaha yang tersedia berkat banyaknya pengunjung yang datang ke pantai untuk berwisata. Dengan melihat kesempatan yang ada, mereka dapat menjalankan berbagai macam bisnis yang cocok dan sesuai dengan daerah wisata pantai.

Bisnis Apa Yang Cocok Untuk Dijalankan di Daerah Wisata Pantai?

Ada banyak jenis usaha yang cocok digunakan untuk meraup untuk dengan memanfaatkan peluang yang ada di daerah wisata pantai. Bagi para penduduk yang ada disekitar kawasan tersebut, ini adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Tidak selamanya penduduk yang bermukim di kawasan pesisir pantai berprofesi sebagai nelayan. Akan tetapi, 11 bisnis potensial yang cocok untuk daerah wisata pantai dibawah ini juga bisa dijalankan.

Bisnis Penginapan Atau Homestay

Usaha yang paling potensial untuk dijalankan disekitar daerah wisata pantai adalah bisnis penginapan atau homestay. Wisatawan yang berkunjung untuk berlibur berasal dari berbagai macam daerah baik itu lokal maupun internasional. Apalagi mereka berasal dari tempat yang jauh, tidak cukup rasanya jika menghabiskan waktu hanya satu hari saja. Untuk bisa memuaskan diri dalam menikmati objek wisata dalam beberapa hari, mereka harus menginap atau tinggal sementara.

Bisnis Rumah Makan dan Restoran

Berkunjung ke tempat wisata tentu menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika berlibur di pantai seperti bermain air, bermain pasir, berenang, berselancar dan lain sebagainya. Banyaknya tenaga yang sudah dikeluarkan harus diisi kembali dengan asupan makanan. Dengan melihat peluang seperti ini, menjalankan bisnis rumah makan dan restoran adalah pilihan yang tepat karena pasti banyak disinggahi oleh para wisatawan yang ingin makan.

Jasa Sewa Kendaraan

Bisnis lain yang tak kalah potensial untuk dijalankan oleh penduduk yang bermukim dikawasan wisata pantai adalah jasa sewa kendaraan. Beberapa wisatawan yang berkunjung pasti membutuhkan kendaraan seperti motor atau mobil untuk berkeliling di daerah wisata. Kondisi ini sangat cocok dimanfaatkan untuk menyewakan kendaraan. Selain mobil dan motor, kendaraan lain yang laris disewakan adalah ATV untuk digunakan wisatawan mengitari garis pantai.

Jasa Sewa Peralatan Wisata Pantai

Berwisata ke pantai tidak lengkap rasanya jika hanya menikmati keindahan pemandangannya tanpa melakukan kegiatan lain seperti snorkling, diving atau selancar. Para wisatawan yang datang dari jauh tidak memungkinkan jika membawa peralatan sendiri dari rumah. Maka dari itu, bisnis sewa peralatan kegiatan wisata pantai sangat berpeluang. Beberapa barang yang dapat disewakan untuk wisatawan adalah papa selancar, alat serang dan diving.

Jasa Sewa Toilet dan Kamar Mandi

Seorang wisatawaan yang melakukan aktivitas di pantai seperti berenang, bermain air, dan selancar pasti memerlukan kamar mandi untuk membilas badan yang penuh air garam. Selain itu, untuk mereka yang ingin buang air kecil atau besar akan kesulitan karena tidak adanya toilet di pantai. Oleh karena itu, membuka jasa sewa toilet dan kamar mandi adalah salah satu bisnis yang sangat laris dengan pendapatan tinggi apalagi saat pengunjung membludak.

Baca Juga:
  1. 21 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Bisnis 
  2. Macam-Macam Sumber Ide Yang Dapat Digunakan Sebagai Inspirasi Bisnis 
  3. 20 Rahasia Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses Dalam Berdagang

Jasa Tempat Parkir

Minimnya lahan parkir yang ada di daerah pantai membuat jasa tempat parkir kendaraan menjadi bisnis sampingan yang potensial. Ditambah medan yang berpasir membuat kendaraan tidak memungkinkan untuk bisa berjalan. Akibatnya, kendaraan harus diparkir dikawasan sebelum masuk pantai yang memang tersedia banyak lahan parkir. Usaha ini sangat cocok bagi para penduduk yang memiliki lahan kosong untuk dijadikan tempat parkir berbagai jenis kendaraan.

Berjualan Makanan Khas Daerah

Berkunjung ke daerah wisata kurang lengkap rasanya tanpa menyantap dan mencicipi makanan khas daerah tersebut. Setiap daerah pasti memiliki menu makanan khas yang berbeda-beda. Oleh karena itu setiap wisatawan yang berkunjung ke suatu tempat pasti memburu salah satu makanan khasnya. Jadikan kesempatan ini untuk menjalankan usaha dengan bejualan makanan khas daerah. Ini adalah bisnis potensial yang tidak boleh disia-siakan.

Berjualan Souvenir Khas Daerah

Selain membuka usaha dengan berjualan makanan khas daerah, satu lagi bisnis yang tak kalah menggiurkan adalah berjualan souvenir. Souvenir menjadi barang yang paling banyak diburu oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan sekaligus pengingat bahwa mereka pernah berkunjung ke tempat tersebut. Berbagai macam souvenir seperti baju, gantungan kunci, kalung, gelang dan sejenisnya menjadi dagangan laris yang banyak dibeli.

Berjualan Oleh-oleh

Sebelum pulang ke daerah asal, kurang lengkap seorang wisatawan jika belum berbelanja oleh-oleh untuk dibawa pulang. Beberapa diantara mereka, ada juga yang membeli buah tangan khusus dibawakan untuk sanak dan saudara. Inilah alasan kenapa disetiap tempat wisata selalu terdapat berbagai kios oleh-oleh. Para pelaku usaha tersebut memanfaatkan peluang yang ada untuk menjalankan bisnis yang potensial.

Menjadi Pemandu Snorkling

Berwisata di pantai selalu identik dengan snorkling. Liburan ke pantai akan sia-sia jika tidak menikmati keindahan biota bawah lautnya. Bagi mereka yang kurang cakap dalam melakukan snorkling, akan sangat terbantu dengan adanya seorang pemandu. Bagi para penduduk sekitar yang memiliki kemampuan menyelam yang baik, keahlian tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan uang dengan menjadi pemandu snorkling.

Membuka Usaha Warung

Bisnis potensial yang cocok untuk dijalankan di daerah pantai yang terakhir adalah membuka usaha warung. Menyediakan tempat bersantai dengan aneka minuman seperti kopi, es kelapa muda dan minuman yang lain akan mendapat respon positif dari para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan alam sekitar pantai. Di pantai manampun, bisnis ini selalu ramai dan tidak pernah sepi pembeli.

Penutup
Kawasan wisata khususnya daerah pantai memang menyediakan banyak peluang untuk membuka usaha bagi siapa saja yang berada disekitarnya. Seperti halnya 11 bisnis potensial yang cocok untuk daerah wisata pantai diatas, dapat dijalankan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Sudah saatnya para penduduk yang berada di kawasan pantai memiliki bisnis lain disamping mata pencaharian sebagai nelayan. Amat sangat disayangkan jika kesempatan yang tersedia jika hanya disia-siakan.

11 Bisnis Potensial Yang Cocok Untuk Daerah Wisata Pantai