8 Cara Menegur Karyawan Yang Melakukan Kesalahan

Sebagai pemimpin dalam sebuah bisnis, seorang pemilik usaha pasti pernah mendapatkan sebuah masalah berupa seorang karyawan yang melakukan kesalahan dalam bekerja ataupun melakukan sebuah kesalahan ketika mejalankan tugas. Karyawan yang melakukan kesalahan hendaknya ditegur agar tidak membuat masalah lebih jauh lagi. Namun terkadang seorang pemimpin mengalami dilema terkait cara menegur karyawan yang melakukan kesalahan.

Menegur karyawan yang melakukan kesalahan adalah tugas seorang pemimpin atau pemilik usaha. Dalam menghadapi masalah seperti ini, pemilik usaha hendaknya bisa bersikap lebih bijak agar dapat menyelesaikan persoalan dengan baik. Cara yang digunakan untuk menegur karyawan pun harus dengan langkah-langkah yang benar dan tepat. Hal ini ditujukkan supaya tidak timbul persoalan baru yang dapat memperkeruh suasana.

Gambar 8 Cara Menegur Karyawan Yang Melakukan Kesalahan

Bagi beberapa pemimpin usaha apalagi yang belum berpengalaman, menegur karyawan yang melakukan kesalahan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Timbul rasa-rasa seperti takut, gerogi dan tidak enak hati yang membayangi ketika hendak menegur karyawannya. Sebenarnya, menegur karyawan itu adalah hal yang cukup mudah dilakukan jika mental kepemimpinan yang tertanam sudah terlatih dan terbiasa.

Cara Menegur Karyawan Dengan Baik dan Benar

Untuk menegur karyawan yang melakukan kesalahan tidak bisa dilakukan secara semena-mena. Selain akan menimbulkan masalah baru, hal ini juga akan membuat karyawan yang ditegur akan merasa tertekan. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika seorang pemimpin memahami tata cara dan prosedur evaluasi terlebih dahulu sebelum menegur karyawannya.

Menghadapi karyawan yang bermasalah ada aturannya. Termasuk juga menegur karyawan yang melakukan kesalahan. Untuk itu, perlu berhati-hati agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan. Meski penuh dengan gejolak, mau tidak mau seorang pemimpin harus menegur siapa saja karyawannya yang bermasalah. Berikut ini adalah 8 cara-cara baik untuk menegur karyawan yang melakukan kesalahan.

Melakukan Persiapan Sebelum Menegur Karyawan

Persiapkan diri dengan baik sebelum menegur karyawan. Beberapa persiapan yang harus dilakukan antara lain adalah mental dan emosi. Rencanakan juga hal-hal yang menyangkut persiapan tersebut seperti kapan waktu untuk menegur dan dimana tempat yang akan digunakan untuk menegur. Hal-hal kecil perlu diperhatikan agar masalah bisa terselesaikan dengan baik. Ketika menegur karyawan yang salah, jangan dilakukan secara semena-mena dan asal-asalan.

Menegur Karyawan Secara Personal

Ketika ingin menegur karyawan yang salah, undang dia ke tempat khusus yang tidak diketahui oleh orang lain. Memanggil karyawan yang bersangkutan secara personal akan memudahkan proses evaluasi sehingga bisa berjalan sesuai rencana. Jangan sekali-kali menegur karyawan ketika berada di tempat umum karena akan berakibat buruk bagi mental dan kondisi psikologisnya. Lebih baik bicarakan dan hadapi secara empat mata untuk menghindari resiko yang lebih jauh.

Menegur Karyawan Berdasarkan Kesalahan

Tahap terpenting yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menegur karyawan adalah mengenali terlebih dahulu kesalahan apa yang telah diperbuat olehnya. Ketika sudah mengetahui duduk permasalahan, seorang pemimpin akan dengan mudah melakukan evaluasi sesuai dengan kesalahan yang telah diperbuat. Usahakan untuk menegur karyawan secara fokus terhadap persoalan bukan keluar dari topik masalah dan membahas hal-hal diluar kepentingan.

Segera Menegur Karyawan Setelah Berbuat Kesalahan

Waktu yang paling tepat untuk menegur karyawan adalah sesegera mungkin setelah kesalahan tersebut diperbuat. Jangan terlalu lama mengulur-ngulur waktu untuk melakukan evaluasi supaya masalah cepat selesai. Menunda untuk menegur karyawan yang melakukan kesalahan akan menyebabkan potensi mereka untuk mengulangi yang kedua kalinya. Hal ini dapat menyebabkan masalah yang berbuntut panjang sehingga akan menyebabkan gangguan terhadap proses berjalannya usaha.

Baca Juga:
  1. Memulai Bisnis di Masa Tua? Ikuti Jejak Kolonel Sanders 
  2. Penyebab Kenapa Jumlah Pebisnis di Indoneisa Sedikit 
  3. 20 Rahasia Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses Dalam Berdagang

Menegur Karyawan Tanpa Terpancing Emosi

Jangan sekali sekali menegur karyawan yang melakukan kesalahan dengan emosi yang menggebu-gebu. Teguran yang dilakukan justru malah membuat karyawan ketakuatan dan akan mereasa tersudutkan. Lebih baik menegur dengan nada rendah dan tenang supaya masalah bisa terselesaikan dengan baik. Menegur karyawan tanpa terpancing emosi akan membuat seorang pemilik usaha lebih bijak dimata karyawannya dan juga disegani.

Menegur Dengan Menasehati Karyawan

Ketika menegur karyawan, jangan hanya mengungkit-ungkit kesalahan yang diperbuatnya saja. Namun harus ada upaya lain yang harus dilakukan agar masalah bisa segera terselesaikan. Salah satu hal yang harus dilakukan seorang pemimpin dalam menegur adalah memberikan nasehat kepada karyawan tersebut agar tidak mengulangi lagi kesalahannya. Ini akan lebih bagus lagi jika pemimpin tersebut mampu memberikan bimbingan dan arahan agar bisa lebih baik lagi kedepannya.

Memberi Kesempatan Karyawan Untuk Klarifikasi

Pada saat menegur karyawan yang melakukan kesalahan, jangan menyerangnya secara membabi buta. Bersikaplah lebih bijak karena kesalahan yang ia perbuat belum tentu dilakukan secara sengaja. Berilah kesempatan pada karyawan untuk melakukan klarifikasi tentang kronologi kejadiannya. Dengan mengutarakan persoalannya, seorang pemimpin akan dengan mudah mendapatkan jalan tengah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Menegur Dengan Tegas dan Konsisten Kepada Karyawan   

Sebagai pemimpin yang baik, hendaklah menegur semua karyawan yang melakukan kesalahan tanpa tebang pilih. Dalam dunia kerja, setiap karyawan memiliki kedudukan yang sama antara satu dengan yang lainnya. Ketika salah seorang dari mereka bermasalah, beranilah menegur dengan tegas dan konsisten tanpa pandang bulu. Tegakkan peraturan bagi siapa saja yang melanggar secara adil dan bijaksana. Pemimpin yang pilih kasih akan mengurangi kewibawaannya dimata para karyawan.

Usai Menegur, Buat Komitmen Bersama Karyawan

Sebelum mengakhiri proses evaluasi, lakukan kesepakatan bersama untuk memperbaiki semua kekeliruan yang terjadi. Buat komitmen bersama dengan karyawan yang ditegur supaya bisa memperbaiki keadaan secara bersama-sama. Ajak dan rangkul serta tunjukkan sikap optimis bahwa setiap persoalan ada penyelesaiannya. Buat kesepakatan untuk segera melupakan permasalahan yang sudah terjadi dan menghindarinya agar tidak terulang kembali.

Penutup
Ditegur itu adalah hal yang tidak mengenakkan bagi karyawan. Namun bagi seorang pemimpin, menegur itu juga bukan perkara yang mudah. Menjadi seorang pemimpin terkadang akan mengalami hal yang tidak mengenakkan apalagi menemui masalah yang menyangkut karyawan. Mau tidak mau ia harus menegur karena itu adalah salah satu tugas seorang pemimpin.

Sebagai seorang atasan, secara tidak langsung memang memikul kewajiban untuk menegur bawahannya apabila mereka melakukan kesalahan. Cara menegur karyawan yang melakukan kesalahan harus dilakukan dengan benar supaya kedisiplinan selalu terjunjung tinggi. Menegur karyawan adalah hal baik untuk menegakkan peraturan. Ini akan memberikan dampak baik terhadap usaha yang sedang berjalan agar selalu tercipta suasana yang kondusif.

8 Cara Menegur Karyawan Yang Melakukan Kesalahan