Cara Menentukan Target Pasar Secara Mudah dan Sederhana

Salah satu pokok terpenting dalam pemasaran adalah menentukan target pasar. Menentukan target pasar dalam penjualan dapat dilakukan secara mudah dan sederhana. Ini adalah hal penting yang harus dilakukan oleh seorang wirausahawan dalam menjalankan usahanya. Target pasar yang tepat sasaran akan membawa banyak keuntungan bagi sebuah bisnis yang sedang berjalan.

Selama ini banyak pelaku usaha yang kurang masih bersikap apatis terhadap perencanaan target pasar yang harus mereka tuju. Akibatnya banyak diantara para pelaku usaha yang melakukan pemasaran secara tidak efektif dan efisien. Kondisi ini akan menjadi sebuah kerugian besar karena dapat mengakibatkan buruknya jumlah penjualan yang berpengaruh langsung pada kesehatan finansial sebuah usaha.

Gambar Cara Menentukan Target Pasar Secara Mudah dan Sederhana

Ketika seorang wirausahawan dapat menentukan target pasar secara baik dan benar, maka ia dapat melakukan pemasaran produk yang ia jual secara terarah. Oleh karena itu, seseorang yang berkecimpung di dunia usaha harus manguasai ilmu pemasaran agar ia bisa mengetahui target pasar mana yang potensial dan memiliki pengaruh baik terhadap bisnis yang jalankan.

Lalu, Bagaimanakah Cara Menentukan Target Pasar?

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menentukan target pasar secara terarah. Namun yang paling cocok dengan para pelaku usaha baru adalah dengan cara yang mudah dan sederhana. Pengusaha yang masih pemula biasanya masih belum mengerti tentang bagaimana langkah untuk menentukan target pasar. Untuk itu, simaklah penjelasan mengenai 8 cara menentukan target pasar secara mudah dan sederhana berikut ini.

Pahami Jenis Produk

Untuk bisa menentukan target pasar, seorang wirausahawan harus mampu memahami jenis produk yang akan ia pasarkan. Ini adalah langkah awal yang bersifat penting agar mudah dalam menargetkan pasar sesuai yang diharapkan. Pahami seperti apa produk kita dan siapakah calon target pasar yang cocok dan relevan dengan produk tersebut.

Pelajari Kelebihan dan Keunggulan Produk

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing yang pasti berbeda dari satu produk dengan produk yang lainnya. Ketika akan menentukan target pasar, cobalah untuk mengetahui seperti apa kelebihan dan keunggulan produk yang dimiliki agar nantinya memudahkan kita untuk mencari celah dalam ketatnya persaingan pasar. Kelebihan dan keunggulan produk dapat kita gunakan sebagai senjata utama dalam kompetisi terhadap pesaing di pasaran.

Kenali Potensi Calon pembeli

Calon pembeli akan menjadi tokoh utama dalam penentuan target pasar. Tanpa mengerti siapa calon pembeli, niscaya sebuah perencanaan pemasaran akan bisa berjalan dengan sukses. Oleh karena itu, sebagai seorang pelaku usaha kita wajib mengenali potensi para calon pembeli yang akan menjadi target. Artinya kita harus bisa memahami golongan pembeli mana yang memiliki potensi untuk membeli dan mana yang tidak.

Kenali Kondisi Psikologis Pembeli

Menentukan target pasar berdasarkan kondisi psikologis yang dimiliki oleh calon pembeli memang sedikit agak rumit. Pasalnya, pengelompokan target pasar ini memiliki banyak macam jenisnya. Beberapa pengelompokan yang bersifat psikologis tersebut meliputi kepribadian, kebiasaan, sikap dan pola pikir. Sebagai contoh, kita menargetkan anak-anak narsis untuk menjual berbagai produk gadget dan kamera yang mumpuni untuk pengambilan gambar.

Kenali Demografi Pembeli

Sebagai seorang pelaku usaha, dalam menentukan target pasar harus disertai dengan pengenalan terhadap kondisi demografi para calon pembelinya. Artinya, kita harus bisa mengelompokkan calon pembeli berdasarkan pada potensi produk yang kita miliki. Pengelompokan demografi bisa meliputi jenis kelamin, usia, agama, pendidikan, penghasilan dan yang lainnya. Penentuan target tidak harus menggunakan semua kelompok diatas namun sesuaikan dengan relevansi produk.

Tentukan Lokasi Target Pasar

Setelah mengenali kondisi demografi pembeli yang akan dituju, kemudian tentukan juga target pasar sesuai kondisi geografi. Maksudnya adalah menentukan letak atau lokasi mana saja yang harus dipilih agar bisa menjangkau calon pembeli. Ada beberapa pengelompokan yang bisa dilakukan untuk menentukan target pasar seperti kota, kabupaten, provinsi, pulau atau berdasarkan radius tertentu.

Tentukan Target Pasar Yang Sesuai

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menentukan target pasar sesuai dengan potensi produk yang akan dipasarkan. Pilihlah segmentasi pasar yang memiliki peluang besar untuk  membeli produk yang akan diedarkan supaya target penjualan dicapai dengan baik. Rencanakan dengan matang agar target pasar tidak meleset sehingga terjadi bias yang menyebabkan pemasaran tidak berjalan secara efektif.

Baca Juga:
  1. Strategi Pemasaran Produk Yang Sukses Ala Apple
  2. 20 Rahasia Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses Dalam Berdagang 
  3. Cara Pemasaran Efektif Menjual Produk Usaha Kecil Menengah (UKM)

Simak! Contoh Menentukan Target Pasar Berikut Ini

Setelah mengetahui dan memahami beberapa cara menentukan target pasar seperti yang sudah diulas diatas, saatnya kita mempelajari tentang bagaimana cara menerapkannya dalam menentukan target pasar. Agar bisa mengetahui lebih jelas, simaklah beberapa penjelasan tentang contoh menentukan target pasar berikut ini.

Produk Yang Dijual:
Busana muslimah dan aksesorisnya untuk dijual secara online.

Kelebihan dan Keunggulan Produk:
Bahan yang digunakan memiliki kualitas terbaik sehingga nyaman untuk dipakai.

Potensi Pembeli:
Seluruh wanita muslim yang selalu mengenakan berpakaian muslimah dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Target Psikologi Pembeli:
Para wanita muslim yang stylish dan trendi yang paham dengan fashion sehingga selalu memperhatikan cara berpakaian mereka. Memiliki pengetahuan yang baik terhadap teknologi dan memiliki ketertarikan terhadap sosial median dan gadget.

Target Demografi Pembeli:
Semua wanita yang berpakaian muslimah dari seluruh kalangan dengan usia antara 17 sampai 45 tahun. Memiliki penghasilan sendiri sekurang-kurangnya adalah 1,5 juta perbulan.

Target Geografi Pembeli:
Berdomisili atau bertempat tinggal dikawasan pulau jawa yang masih bisa dijangkau oleh pengiriman eksepedisi dengan biaya pengiriman yang tidak terlalu mahal.

Pentup
Setelah memahami cara menentukan target pasar secara mudah dan sederhana seperti yang sudah dijelaskan diatas, kini saatnya anda untuk mulai praktek dan membuat target pasar sesuai dengan potensi produk yang anda miliki. Dengan memiliki kemampuan dalam menentukan target pasar, seorang pelaku usaha dapat menentukan strategi promosi dan memilih media yang tepat dalam memasarkan produk yang dimilikinya.

Cara Menentukan Target Pasar Secara Mudah dan Sederhana