Cara Pemasaran Efektif Menjual Produk Usaha Kecil Menengah (UKM)

Usaha kecil menengah atau UKM adalah salah satu bidang usaha yang paling banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi pada faktanya, kesulitan yang paling sering dikeluhkan oleh para pelaku usaha kecil menengah ini adalah pemasaran produk. Banyak diantara mereka yang bisa menciptakan produk-produk unggulan namun selalu kesulitan dalam menjual produk usaha yang sudah diproduksinya.

Sementara itu, pemasaran yang efektif dalam menjual produk menjadi salah satu kunci sukses sebuah usaha kecil menengah yang perlu diupayakan. Kegagalan dalam pemasaran produk selalu menjadi momok menakutkan yang sering menghantui pikiran para pelaku UKM. Jika kondisi ini tetap dibiarkan, maka resiko paling besar yang harus diterima oleh mereka adalah gulung tikar.

Gambar Cara Pemasaran Efektif Menjual Produk Usaha Kecil Menengah (UKM)

Untuk menghindari terjadinya hal semacam ini, perlu dilakukan berbagai upaya guna menemukan cara pemasaran efektif untuk menjual produk bagi mereka para pelaku usaha kecil menengah atau UKM. Menjual produk UKM tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Pemasaran yang efektif akan mampu mendongkrak penjualan produk sehingga dapat mendorong usaha kecil menengah agar terus maju dan berkembang.

8 Cara Pemasaran Efetif Untuk Menjual Produk Usaha Kecil Menengah (UKM)

Menjual produk bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Seorang pelaku usaha kecil menengah harus mampu memutar otak lebih jauh supaya bisa menemukan strategi yang pas untuk bisa memasarkan produk secara efektif. Selama ini, produk UKM hanya dipasarkan secara konvensional tanpa ada upaya lebih jauh untuk bisa berkembang. Agar bisa lebih maju, terapkan 8 cara pemasaran efektif untuk menjual produk usaha kecil menengah berikut ini.

Mengikuti Bazar UKM dan UMKM

Sebagai seorang pemilik usaha kecil menengah, sering-seringlah mengikuti kegiatan bazar UKM dan UMKM yang biasa digelar oleh pihak pemerintah daerah baik itu kebupaten/kota sampai tingkat kelurahan. Cara ini termasuk pemasaran yang efektif untuk menjual dan mengenalkan produk kepada para konsumen agar mereka mau membelinya.

Membuka Stan Dipusat Keramaian

Membuka stan dipusat keramaian adalah salah satu pilihan pemasaran efektif untuk menjual produk usaha kecil menengah. Cara pemasaran seperti ini sering dilakukan oleh para pemilik usaha khususnya UKM untuk mendekatkan produk mereka kepada masyarakat. Pusat keramaian seperti pada acara kepemerintahan, acara perayaan hari besar, acara perlombaan dan lain-lain menjadi pilihan tempat yang sangat potensial untuk membuka stan karena dikunjungi oleh banyak orang.

Menjual Produk Di Pasar Tradisional

Menjual produk usaha kecil menengah di pasar tradisional adalah salah satu cara lama namun tetap menjadi strategi pemasaran yang efektif. Produk UKM yang identik dengan nuansa tradisional sangat cocok jika dijual di pasar mengingat banyaknya orang yang berbelanja ditempat ini. Dengan harga yang relatif ekonomis, menambah peluang produk untuk bisa terjual juga semakin tinggi.

Baca Juga:
  1. Faktor Penyebab Produk Usaha Makanan Tidak Laku Dipasaran
  2. Ciri Dan Kriteria Produk Yang Layak Daftar Perizinan PIRT 
  3. Strategi Pemasaran Produk Yang Sukses Ala Apple

Memasarkan Produk Di Toko-Toko

Cobalah untuk mengangkat nilai jual produk meskipun itu hanya diproduksi oleh usaha kecil menengah dengan memasarkannya di toko-toko yang ada didaerah dan juga luar daerah. Jika membeli secara tunai tidak memungkinkan, titipkan produk UKM di toko tersebut dengan menyepakati harga dan pembagian keuntungan. Semakin banyak toko yang bisa menampung produk, maka akan semakin baik terhadap penjualan.

Memasarkan Produk Ke Ritel Besar

Selain memasarkan produk ke toko-toko, naikkan kelas produk usaha kecil dengan menjalin kerja sama ke beberapa ritel besar seperti swalayan, minimarket, supermarket dan mall. Untuk bisa masuk ke ritel besar, perhatikan kelayakan produk terlebih dahulu sebelum ditawarkan. Beberapa aspek yang perlu dilengkapi agar memenuhi persyaratan adalah kemasan, label, merk dan juga perizinan PIRT. Buat produk dan tampilannya sebaik mungkin agar bisa diterima di ritel besar.

Pemasaran Produk Secara Kelompok

Buatlah sebuah kelompok atau perkumpulan para pengusaha kecil mengah dengan mengajak seluruh para pelaku UKM satu daerah untuk bekerja sama dalam memasarkan produk. Susunlah rencana untuk membuka sebuah pusat perbelanjaan yang khusus menyediakan produk-produk ungggulan dari masing-masing UKM. Dengan bekerja sama dengan orang-orang yang satu bidang, akan lebih mudah untuk mencapai tujuan bersama.

Pemasaran Produk Secara Online

Bisnis online saat ini tengah naik popularitasnya sehingga mengubah pola kehidupan konsumen dengan berbelanja secara online. Dari hari kehari, jumlah pembeli online semakin mengalami peningkatan yang signifikan. Manfaatkanlah situasi ini sebagai peluang baik untuk menjual produk secara efektif dan memasarkan produk secara luas. Ini adalah sebuah cara pemasaran efektif untuk menjual produk usaha kecil menengah yang bisa diterapkan.

Membuka Gerai Milik Sendiri

Terakhir, gunakan cara pemasaran efektif untuk menjual produk usaha kecil menengah dengan membuka gerai pribadi untuk memajang produk-produk unggulan hasil produksi. Buatlah atau sewa ruko dengan lokasi strategis untuk membuat gerai pribadi. Cara ini mungkin cukup banyak memerlukan modal yang cukup besar. Namun, akan bisa meningkatkan reputasi UKM yang sudah dijalankan.

Penutup
Dengan menerapkan 8 cara pemasaran efektif untuk menjual produk usaha kecil menengah atau UKM seperti yang sudah dibahas diatas, diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan penjualan mereka sehingga membawa pengaruh baik terhadap kondisi finansial. Ini akan sangat membantu proses berkembang usaha kecil menengah atau UKM untuk bisa lebih maju dan menjadi besar. Yang paling penting, selalu upayakan pemasaran yang efektif dalam menjual produk demi keberlangsungan usaha kecil yang dijalani.

Cara Pemasaran Efektif Menjual Produk Usaha Kecil Menengah (UKM)