10 Contoh Produk UKM Makanan dan Minuman Ringan Terlaris

Usaha kecil menengah atau UKM saat ini mulai mendapat perhatian khusus dari pemerintah agar bisa terus tumbuh dan berkembang menjadi sebuah usaha besar. Mereka adalah salah satu poros roda ekonomi yang harus terus berputar. Dengan terus tumbuhnya UKM, diharapkan mampu memecah lingkaran pengangguran yang saat ini tengah melilit masyarakat.

Ada banyak sekali produk unggulan yang dihasilkan oleh para pelaku UKM salah satu diantaranya adalah makanan dan minuman ringan. Produk-produk tersebut memiliki potensi yang tinggi dengan status penjualan terlaris. Memang jika ditinjau dari kebutuhan masyarakat, produk pangan adalah salah satu produk yang paling sering dibeli. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa makan dan minum akan menjadi kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa terlepaskan.

Gambar 10 Contoh Produk UKM Makanan dan Minuman Ringan Terlaris

Karena dianggap sangat laku dan laris di pasaran, produk UKM makanan dan minuman ringan menjadi pilihan utama para pelaku usaha kecil dan menengah dalam menjalankan bisnisnya. Banyaknya pelaku UKM yang memilih menggeluti dunia kuliner juga mempengaruhi perkembangan jenis produk makanan dan minuman menjadi lebih beragam. Hal ini menyebabkan persaingan yang bertambah ketat diantara mereka.

Berikut Ini Contoh Produk UKM Makanan dan Minunan Ringan Terlaris

Usaha kecil menengah yang memproduksi makanan dan minuman ringan semakin hari jumlahnya semakin meningkat. Salah satu penyebabnya adalah permintaan dari konsumen yang semakin meningkat. Meski persaingan dipasaran sangat ketat, namun produk pangan UKM tetap menjadi yang terlaris. Dengan harga ekonomis dan kualitas yang baik, membuat produk ini banyak diburu oleh konsumen. Berikut ini adalah 10 contoh produk UKM makanan dan minuman ringan terlaris.

Kopi Bubuk

Kopi adalah minuman yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Baik itu pria ataupun wanita banyak yang suka meminum minuman yang identik dengan rasa pahit ini. Oleh karena itu, UKM yang mengolah biji kopi menjadi kopi bubuk selalu memperoleh penjualan yang tinggi. Apalagi jika biji kopi yang diolah memiliki kualitas terbaik sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat istimewa. Kopi dengan rasa terbaik akan lebih banyak diburu oleh para konsumen terutama bagi mereka para pecinta kopi.

Susu Sapi Segar

Saat ini, sudah banyak peternakan sapi perah yang dikelola mandiri oleh masyarakat dengan menghasilkan susu sapi segar yang alami. Susu sapi yang diperah dan diolah secara mandiri merupakan salah satu produk UKM dengan kualitas unggul yang sangat laris dipasaran. Karena kealamian dan kemurniannya membuat produk ini banyak diburu oleh para pembeli. Dengan berbagai kandungan yang masih terjaga, membuat produk ini benar-benar berkualitas.

Susu Kedelai

Bagi mereka yang kurang menyukai atau memiliki alergi terhadap protein susu sapi, mengkonsumsi susu kedelai sebagai alternatif adalah pilihan yang tepat. Susu kedelai adalah salah satu produk UKM terlaris dengan jumlah penjualan yang tinggi setiap harinya. Dengan bahan baku yang mudah didapat membuat produk ini mudah diproduksi dalam skala besar. Banyak para pengusaha UKM yang mendapat banyak keuntungan dengan membuat susu kedelai.

Aneka Keripik

Keripik adalah salah satu makanan ringan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. oleh karena itu, produk ini menjadi yang terlaris dipasaran karena jumlah perminat yang sangat banyak. Ada berbagai macam jenis keripik hasil produksi UKM seperti keripik singkong, keripik talas, keripik jamur, keripik tempe dan ceriping pisang. Nama-nama tersebut adalah barisan keripik paling banyak jumlah penjualannya sebagai camilan dengan harga yang ekonomis.

Macam-macam Kerupuk

Siapa sih yang tidak suka dengan kerupuk. Makanan renyah ini selalu menjadi pelengkap dalam menu makanan apapun. Kurang nikmat rasanya jika menyantap makanan tanpa ditemani kerupuk. Banyaknya jumlah konsumsi kerupuk membuatnya menjadi salah satu dari sekian banyak produk UKM terlaris dipasaran.

Baca Juga:
  1. Strategi Menaikkan/Meningkatkan Nilai Jual Produk UKM Makanan
  2. Faktor Penyebab Produk Usaha Makanan Tidak Laku Dipasaran 
  3. Cara Membuat Produk Makanan Tradisional Naik Kelas dan Berkualitas

Seorang produsen kerupuk bahkan bisa menjual ratusan bahkan hingga ribuan plastik kerupuk setiap harinya. Ada banyak macam kerupuk yang beredar dipasaran seperti kerupuk kulit, kerupuk udang, kerupuk rambak dan masih banyak lagi. Meski persaingan pemasaran kerupuk sudah sangat ketat, namun produk ini selalu laku keras dan ramai pembeli di pasaran.

Kue Kering

Kue kering masuk ke dalam kategori produk usaha kecil menengah jenis makanan ringan terlaris. Lihat saja penjualan kue kering dipasaran yang laku hingga puluhan bahkan ratusan bungkus/toples setiap harinya. Hal ini mengindikasikan bahwa produk ini memiliki potensi yang besar. Meski selama ini dianggap sebelah mata, namun pada kenyataannya kue kering menjadi salah satu produk andalan UKM yang mampu meraih omzet tinggi dalam penjualan.

Roti Basah

Selain kue kering, penjualan roti basah produksi rumahan juga tidak kalah potensialnya. Roti basah menjadi salah satu produk UKM makanan yang cukup laris selama ini. Dari waktu ke waktu, para pembuat roti selalu menawarkan hal-hal baru untuk bisa menarik hati para konsumen. Munculnya berbagai macam variasi serta kreasi menunjukkan bahwa persaingan yang sangat ketat karena banyaknya pembeli.

Tahu

Tahu merupakan salah satu lauk wajib yang harus tersaji dimeja makan. Rasanya yang gurih ketika digoreng membuat siapa saja akan tergugah selera makannya. Setiap hari, seorang penjual tahu mampu menghabiskan berpapan-papan tahu siap olah sehingga produksi dari produsen juga semakin meningkat. Tahu yang bisa diolah menjadi banyak jenis makanan membuat jumlah permintaannya selalu tinggi. Fakta ini menunjukkan bahwa tahu adalah produk yang laris dengan jumlah pembeli yang sangat banyak.

Tempe

Tak kalah potensialnya dengan tahu, olahan kedelai lainnya yang sangat laris dipasaran adalah tempe. Seorang produsen tempe bisa menghabiskan ratusan kilogram kedelai sebagai bahan baku. Seperti halnya tahu, tempe juga bisa diolah kedalam berbagi macam jenis masakan lain yang membuat jumlah konsumsinya sangat tinggi. Setiap hari, seorang pedagang tempe mampu meraih banyak keuntungan dari hasil jualannya.

Kecap

Satu lagi olahan kedelai yang memiliki nilai jual yang baik adalah kecap. Berbahan dasar kedalai hitam, kecap selalu digunakan untuk menambah cita rasa lezat berbagai menu makanan seperti sate, soto, bakso, kare, dan lain-lain. Banyaknya penggunaan kecap sebagai salah satu bumbu masakan membuat jumlah penjualannya tinggi. Inilah alasan kenapa olahan kedelai yang identik dengan warna hitam ini menjadi salah satu produk UKM terlaris.

Olahan Kacang

Meski terdengar sepele, namun jumlah penjualan olahan kacang sebagai camilan juga sangat tinggi. Selama ini olahan kacang yang banyak beredar di pasaran adalah kacang goreng, kacang bawang, kacang oven, kacang atom dan kacang telor. Produk-produk tersebut menjadi terlaris dipasaran karena diminati semua kalangan. Beberapa momen bersantai selalu identik dengan camilan yang diolah dari bahan dasar kacang tersebut.

Penutup
10 contoh produk ukm makanan dan minuman ringan terlaris yang sudah disebutkan diatas hanya sebagian kecil dari produk usaha kecil menengah yang banyak beredar dipasaran. Meski banyak produk lain yang beredar  dipasaran, namun kesepuluh makanan dan minuman diatas masih merajai pasar dengan tingkat penjualan yang tinggi. Dari masa ke masa, produk-produk tersebut keberadaannya memang tidak pernah terpinggirkan sedikitpun.

10 Contoh Produk UKM Makanan dan Minuman Ringan Terlaris