Inilah 7 Tips Sukses Memulai Usaha Angkringan Supaya Laris

Bisnis angkringan pertama kali populer di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta atau biasa dikenal dengan Jogja. Dengan menu andalan nasi kucing, usaha ini menjadi sangat identik dengan wong cilik karena harganya yang murah. Kini, usaha angkringan telah meluas ke berbagai daerah dan menjadi peluang usaha yang potensial. Di beberapa daerah, usaha angkringan ini memiliki julukan atau sebutan tersendiri dikalangan masyarakat seperti “Hik” (baca: hek) atau “Sego Kucing”.

Dikawasan jawa tengah dan jawa timur, angkringan menjadi pilihan utama tempat nongkrong bagi para kaum pria. Hampir di setiap pinggiran jalan besar, usaha angkringan selalu ada dengan jarak berdekatan antara satu dan yang lainnya. Meski banyak pesaing, namun bisnis ini tetap ramai pembeli baik itu di siang maupun malam hari.

Gambar Inilah 7 Tips Sukses Memulai Usaha Angkringan Supaya Laris

Usaha angkringan kini menjadi menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan dimata para pelaku UKM. Banyak diantara mereka tertarik untuk menjalankan bisnis murah meriah ini karena banyaknya peminat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pelaku usaha angkringan yang sukses hingga mampu membeli berbagai kebutuhan hidupnya.

Tips Memulai dan Menjalankan Usaha Angkringan Agar Ramai Pembeli

Meski usaha angkringan digadang-gadang sebagai peluang bisnis yang potensial dan menjanjikan, namun dalam menjalankan dan memulainya harus dilakukan dengan strategi yang matang. Meski banyak pembeli yang berminat, bukan berarti usaha ini bisa berjalan dengan baik begitu saja. Sebagai pemilik usaha angkringan kita harus mampu menarik para pelanggan agar mau mampir. Berikut ini adalah 7 tips sukses memulai usaha angkringan supaya laris yang patut dicoba.

Pilih Tempat Strategis

Memilih tempat usaha strategis adalah salah satu langkah tepat yang harus dilakukan oleh setiap pelaku usaha. Tempat usaha yang strategis tidak harus berada didekat keramaian. Untuk usaha angkringan, akan lebih cocok dijalankan di lokasi yang berdekatan dengan pemukiman padat penduduk. Masyarakat sekitar kawasan tersebut akan lebih suka nongkrong dan makan makanan murah di angkringan.

Makanan Dengan Harga Murah

Salah satu identitas yang tidak boleh ditinggalkan dari usaha angkringan adalah harga berbagai macam makannya yang dijual dengan harga murah. Salah satu daya tarik tersendiri yang membuat angkringan sangat diminati oleh masyarakat. Rata-rata makanan dan minuman yang dijual di angkringan harganya tidak lebih dari lima ribu rupiah. Inilah salah satu alasan yang membuat angkringan mendapat hati di masyarakat.

Menu Makanan Banyak dan Beragam

Selain menawarkan makanan dan minuman dengan harga murah, angkringan biasanya identik dengan banyak menu makanan dan camilan yang beragam. Menu tersebut antara lain adalah nasi kucing dengan lauk sambal teri atau sambal kering, telur puyuh, sate usus dan ati, berbagai macam gorengan, bacem, ceker, kepala ayam dan lain-lain. Usahakan menyediakan berbagai macam menu tersebut agar ramai pembeli.

Tonjolkan Ciri Khas Angkringan

Ciri khas usaha angkringan yang biasa dijumpai adalah gerobak kayu dengan atap terpal yang menutupi dan juga bangku kayu yang memanjang beserta meja yang penuh menu makanan. Ciri khas ini akan membuat siapa saja yang melihat menjadi sangat mudah mengenali. Selain harga murah dan menu makanan beragam seperti yang sudah dijelaskan diatas, ciri khas ini harus tetap ditonjolkan untuk menarik minat pelanggan.

Baca Juga:
  1. 7 Keuntungan Memiliki Tempat Usaha Strategis
  2. 9 Pertimbangan Dalam Memilih Lokasi Usaha 
  3. 5 Macam Modal Penunjang Untuk Memulai Usaha Yang Perlu Disiapkan
 

Sediakan Tempat Yang Nyaman

Meski angkringan sangat lekat dengan kesan sederhana, namun sebagai pelaku usaha kita juga harus menyediakan dan membuat tempat yang nyaman untuk para pembeli. Dalam bisnis kuliner termasuk angkringan, kenyamanan tempat akan sangat diperhitungkan oleh para pembeli. Oleh karena itu, pemilik usaha angkringan wajib mempertimbangkan kenyamanan tempat untuk para pelanggannya.

Selalu Jaga Kebersihan

Kebersihan tempat adalah salah satu syarat terciptanya tempat yang nyaman. Maka dari itu, pelaku usaha angkringan harus mampu menjaga kebersihan tempat dari kotoran dan sampah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan tempat sampah dan serbet/lap untuk para pembeli agar kebersihan tetap terjaga.

Ramah Terhadap Pembeli

Penjaga angkringan juga memiliki peran penting dalam mendatangkan banyak pembeli. Salah satu caranya adalah bersikap ramah terhadap setiap pembeli yag datang. Karena kerap dijadikan tempat nongkrong yang identik dengan perbincangan, maka penjual juga harus memiliki komunikasi yang baik. Ini adalah hal sepele yang sering dilupakan oleh para pelaku usaha angkringan.

Penutup
Seorang pebisnis yang baik pasti akan melakukan berbagai cara agar usahanya ramai pembeli. Ada banyak strategi yang bisa kita terapkan untuk menarik minat pelanggan ketika menjalankan usaha angkringan jika kita mampu berfikir kreatif. Salah satunya adalah dengan menerapkan berbagai macam tips bisnis seperti halnya ulasan 7 tips sukses memulai usaha angkringan supaya laris diatas. Selamat mencoba!

Inilah 7 Tips Sukses Memulai Usaha Angkringan Supaya Laris