9 Pertimbangan Dalam Memilih Lokasi Usaha

Menentukan tempat untuk menjalankan bisnis adalah urusan yang  kritis bagi setiap wirausahawan. Ada banyak pertimbangan memilih lokasi usaha yang perlu dilakukan supaya mendapatkan tempat yang baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Tempat adalah salah satu hal penting yang bisa berdampak secara langsung terhadap berjalannya sebuah usaha. Oleh karena itu, mencari letak yang strategis perlu dilakukan melalui berbagai kajian kepada beberapa lokasi yang ada.

Bagi seorang wirausahawan, menentukan tempat untuk membangun usaha bukanlah sebuah hal yang mudah. Banyak aspek-aspek yang perlu dipelajari sebelum memantapkan pilihan pada satu area. Menetapkan tempat usaha dengan terburu-buru dan asal-asalan akan menyebabkan dampak buruk terhadap keberlangsungan bisnis yang sedang dijalankan. Memang memerlukan waktu yang lama untuk mematangkan pilihan dimana letak tempat usaha.

Gambar 9 Pertimbangan Dalam Memilih Lokasi Usaha

9 Pertimbangan Dalam Memilih Lokasi Usaha


Banyak pebisnis pemula yang mengabaikan kondisi tempat usaha. Dalam memilih tempat bisnis, mereka tidak mempertimbangkan berbagai hal dan kemungkinan yang akan terjadi jika salah memilih lokasi. Terlebih jika bisnis yang dijalankan tergolong baru. Akan lebih baik jika tempat yang dipilih strategis karena akan memiliki pengaruh baik untuk kemajuan usaha. Berikut ini adalah 9 pertimbangan yang bisa digunakan untuk memilih lokasi usaha.

Lokasi

Dalam memilih tempat untuk menjalankan usaha, pertimbangkan kondisi strategis atau tidaknya lokasi tersebut. Tempat yang strategis adalah tempat dimana banyak dikunjungi orang dan mudah dilihat serta dihafal. Dengan memanfaatkan banyaknya orang yang berkunjung ke lokasi tersebut, kesempatan untuk dikunjungi oleh mereka sangat terbuka lebar.

Banyaknya orang yang berkunjung memiliki pengaruh yang baik untuk sarana promosi. Kita dapat memperkenalkan berbagi produk yang ada kepada para calon pembeli sehingga produk akan lebih cepat dikenali. Tempat yang strategis dapat mendatangkan masa lebih banyak karena sering dilihat oleh masyarakat.

Kondisi Bangunan

Sebelum memantabkan pilihan pada satu tempat usaha, pertimbangkan kondisi bangunannya. Apakah kondisi bangunan yang akan ditempati masih layak huni untuk waktu yang panjang kedepan atau tidak. Jika dirasa masih layak, maka tempat tersebut bisa dikatakan memiliki potensi yang bagus. Dalam mempertimbangkan kondisi bangunan, wirausahawan harus mampu berpikir jauh kedepan terhadap kelayakannya.

Jangan memaksakan tempat dengan kondisi bangunan yang kurang layak. Hal ini dapat membuang waktu untuk melakukan renovasi. Selain itu, kita juga membutuhkan biaya operasional tambahan untuk perbaikan. Jangan sampai bisnis yang mulai berjalan harus terganggu dengan berbagai pembenahan yang kerap dilakukan. Kondisi ini dapat menghambat pertumbuhan sebuah usaha untuk maju dan berkembang.

Luas Bangunan

Luas bangunan untuk menjalankan bisnis harus pas dan sesuai dengan bidang yang akan ditekuni. Tempat yang terlalu sempit akan membuat siapa saja yang berkunjung akan tidak nyaman. Begitu juga jika terlalu luas, akan menyisakan banyak ruang kosong sehingga terkesan sepi dan tidak padat. Oleh karena itu, pemilihan lokasi harus pas dan sesuai dengan kebutuhan.

Luas dari sebuah bangunan pada dasarnya tidak akan menjadi masalah jika sang pemilik mampu mengelolanya dengan baik. Dalam artian wirausahawan mampu mengatur tata letak untuk mendapatkan formasi yang sesuai. Permainan akal sangat berpengaruh dalam hal ini. Kekurangan dan kelebihan yang ada bisa dimanfaatkan untuk dialihkan dengan memanfaatkan fungsi lain.

Lahan Parkir

Jangan pernah melupakan untuk mempertimbangkan ketersediaan lahan parkir untuk tempat bisnis. Terlebih jika ingin menargetkan banyaknya jumlah konsumen yang datang. Lahan parkir dari sebuah tempat usaha sering kali diabaikan keberadaannya. Padahal ini adalah salah satu penunjang kenyamanan konsumen saat mengunjungi tempat tersebut.

Lahan parkir yang luas mendatangkan banyak manfaat bagi pemilik usaha dan juga konsumen. Hal ini disebabkan karena konsumen yang datang selalu membawa kendaraannya sendiri sehingga mereka tidak mau memarkirkan kendaraannya secara sembarangan. Luasnya tempat parkir juga dapat memudahkan tukang parkir untuk mengatur dan menata keluar masuknya kendaraan. Dengan menyediakan lahan parkir yang memadai akan memberikan poin plus untuk tepat usaha tersebut.

Keamanan

Salah satu ancaman yang sering dihadapi dalam sebuah bisnis adalah keamanan. Semakin maraknya tindak kejahatan yang bisa mengancam suatu tempat usaha seperti pencurian, penjarahan, perampokan dan orang-orang jail harus mampu dihindari. Selain resiko keamanan eksternal, pertimbangkan juga potensi keamanan internal seperti kebakaran dan bencana alam yang bisa datang kapan saja.

Baca Juga:
  1. 9 Tempat Strategis Untuk Membuka Usaha Warung Makan
  2. Macam-Macam Sumber Ide Yang Dapat Digunakan Sebagai Inspirasi Bisnis
  3. 8 Tips Belajar Memulai Bisnis dan Merintis Usaha Dari Nol

Pilihlah tempat usaha yang bisa meminimalisir gangguan keamanan sehingga potensi untuk terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kecil kemungkinannya. Tidak hanya bisnis yang sedang berjalan, para konsumen yang datang juga akan merasa aman tanpa adanya gangguan yang membahayakan keselamatan mereka. Tempat usaha yang rawan akan tindak kejahatan kemungkinan besar akan membuat konsumen tidak mau untuk mengunjungi.

Kenyamanan

Pertimbangkan faktor kenyamanan dalam memilih tempat usaha baik itu untuk karyawan yang bekerja maupun untuk konsumen yang berkunjung. Perhatikan beberapa hal yang dapat menunjang kenyamanan pada tempat usaha seperti sirkulasi udara, suhu ruangan, cahaya yang masuk, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut terkesan sepele namun sangat berpengaruh sekali terhadap kenyamanan pengunjung.

Jangan pernah memilih tempat usaha yang pengap dan minim sirkulasi udara. Kondisi ini akan menyebabkan udara didalam ruangan terhambat dan udara yang bersih sulit masuk. Siapa saja yang memasuki tempat seperti ini akan merasa tidak betah. Hal seperti ini yang harus dihindari ketika memilih tempat usaha.

Harga/Sewa

Jika menghendaki untuk membeli tempat usaha, pastikan harga yang dikeluarkan sesuai dengan kondisi tempat tersebut. Perhatikan luas tanahnya, nilai bangunannya, akses jalannya, dan juga lokasinya. Pastikan hal-hal tersebut sesuai dengan harga yang dipatok. Jangan sampai kita mendapatkan sesuatu yang tidak seimbang antara kondisi dan harganya.

Namun jika menentukan untuk menyewa tempat, kenali harga pasaran tempat tersebut dengan yang lainnya. Bandingkan jumlah harga sewa dengan segala keuntungan yang didapat seperti fasilitas dan perjanjian perpanjangan. Biasanya harga sewa juga ditentukan oleh letak dan lokasi. Semakin strategis tempat tersebut, maka akan semakin mahal pula harga sewanya.

Akses Jalan

Ketika menentukan tempat usaha, pertimbangkan akses jalan menuju lokasi apakah mudah untuk dijangkau atau tidak. Lokasi yang mudah dijangkau biasanya lebih strategis dan dapat mendatangkan lebih banyak konsumen. Hal ini diperkuat dengan fakta yang menunjukkan bahwa rata-rata konsumen lebih memilih tempat tujuan dengan akses jalan yang mudah. Akses jalan yang baik meliputi kondisi jalan untuk menuju lokasi. Jangan sampai jalanan menuju lokasi rusak dan bergelombang.

Fasilitas

Petimbangan memilih tempat usaha yang terakhir adalah fasilitas penunjang yang tersedia seperti toilet, tempat ibadah dan juga air bersih. Pilihlah tempat yang memiliki fasilitas lebih karena akan membuat konsumenyang datang lebih nyaman dan betah. Kebanyakan dari seorang wirausahawan kerap melupakan hal yang bersifat penting ini. Meski dianggap sepele, namun fasilitas penunjang seperti ini sangat diperlukan oleh para konsumen dan karyawan yang bekerja.

Penutup
Dengan memperhatikan 9 pertimbangan untuk memilih lokasi usaha diatas, diharapkan para calon wirausahawan dapat menentukan tempat bisnis yang strategis. Menetapkan lokasi bisnis dengan tepat akan membuat usaha mudah dikenal dan diketahui banyak orang. Fakta menunjukkan bahwa lokasi usaha adalah salah satu hal yang mempengaruhi mood seorang konsumen untuk berbelanja. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang dapat membuat konsumen merasa nyaman untuk berkunjung.

9 Pertimbangan Dalam Memilih Lokasi Usaha