7 Alasan Kenapa Kita Harus Berjualan Online Dengan Memanfaatkan Media Sosial

Kreatifitas orang-orang Indonesia semakin hari semakin tidak ada habisnya. Berbagai kegiatan produktif yang menghasilkan selalu tercipta kapanpun dan dimanapun termasuk di era globalisasi dimana teknologi berkembang begitu pesat. Salah satu diantaranya adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk berjualan online. Mereka tidak hanya menggunakan media sosial untuk sarana komunikasi saja, namun juga dipakai untuk mempromosikan barang dagangannya.

Selama ini berjualan identik dengan transaksi konvensional dimana penjual dan pembeli harus bertatap muka disatu tempat seperti pasar, toko, warung, ruko, dan lain sebagainya. Seiring berkembangnya jaman yang beralih ke sektor digital, banyak para pelaku usaha yang mulai menggunakan teknologi untuk menjalankan bisnis online.

Gambar 7 Alasan Kenapa Kita Harus Berjualan Online Dengan Memanfaatkan Media Sosial

Majunya teknologi sangat memudahkan akses internet sehingga komunikasi menjadi lebih mudah. Salah satu alat komunikasi yang banyak digunakan orang untuk berinteraksi adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube, dan lain-lain. Karena banyaknya pengguna, terpikirlah ide untuk memanfaatkan media sosial tersebut sebagai sarana untuk berjualan online.

Keuntungan Berjualan Online Dengan Memanfaatkan Media Sosial

Sebagai salah satu orang yang kreatif, kita harus mampu menggunakan teknologi untuk kegiatan yang lebih berguna. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menjalankan bisnis online degan memanfaatkan media sosial yang tengah populer dikalangan masyarakat. Ini adalah salah satu peluang yang harus benar-benar kita manfaatkan dengan baik. Berikut ini adalah 7 alasan kenapa kita harus berjualan online dengan memanfaatkan media sosial.

Murah dan Mudah

Menjalankan bisnis online sangat mudah dan murah. Kita tidak perlu menggelontorkan dana yang besar sebagai modal. Kita dapat memulai berjualan online dengan biaya yang lebih sedikit. Selain itu, usaha yang akan kita rintis juga dapat dimulai dengan lebih sederhana.

Dengan bermodalkan gadget yang terhubung ke jaringan internet, Kita sudah bisa mulai berjualan dengan membuka lapak di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain berupa akun online shop sebagai sarana memajang barang dagangan dan promosi.

Tidak Perlu Sewa Ruko

Kita dapat berjualan online meski dengan kondisi minim tempat sekalipun. Terlebih, jika kita harus mengeluarkan modal tambahan untuk sewa ruko. Alih-alih mengeluarkan anggaran modal yang besar, justru empat yang akan digunakan untuk promosi dan berjualan sudah tersedia di media sosial yang bisa kita dapatkan secara gratis. Kita hanya perlu membuat akun khusus untuk berjualan online tanpa perlu khawatir memikirkan biaya operasional untuk harga sewanya.

Bisa Buka 24 Jam

Berjualan online adalah salah satu kegiatan yang fleksibel. Kita tidak harus terikat dengan waktu serta jadwal tertentu yang mengharuskan menentukan jam buka dan tutup. Malahan kita dapat membuka toko dengan sistem buka 24 jam yang dapat kita kontrol setiap saat.

Semakin panjang jam buka, maka kesempatan untuk menjaring konsumen juga semakin besar. Sosial media yang digunakan untuk berjualan online tidak mengenal jam buka serta tutup karena dapat diakses selama 24 jam.

Tidak Perlu Berpenampilan Menarik

Berbeda dengan transaksi secara konvensional yang mengharuskan penjual mengenakan pakaian rapi untuk menarik para konsumen, berjualan online dapat kita lakukan meski hanya memakai baju tidur namun tetap dapat menarik minat pembeli.

Daya tarik dalam berjualan online bukanlah pada penampilan penjualnya, namun terletak pada bagaimana cara kita melayani mereka dengan baik. Para pembeli juga tidak akan pernah mempermasalahkan penampilan penjual karena tidak bertatap muka secara langsung.

Pangsa Pasar Lebih Luas

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, saat ini media sosial adalah tempat yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet untuk berkumpul serta berinteraksi dengan pengguna lainnya. Para penggunanya pun tidak hanya berasal dari daerah yang sama, bahkan orang yang berada dibelahan bumi lain pun dapat berkomunikasi dengan baik melalui media sosial.

Baca Juga:
  1. 10 Langkah Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula
  2. Tips Mendapatkan Banyak Pembeli dan Meningkatkan Penjualan Online Shop 
  3. Tips Sukses Bisnis Online Shop Dengan Sistem Pre-Order (PO)

Ini adalah sebuah pangsa pasar yang sangat luas. Bahkan kita juga bisa menentukan target pasar dan membidiknya secara lebih akurat. Degan memperluas pangsa pasar, seorang pedagang dapat dengan mudah memperluas jangkauan promosi serta meningkatkan penjualan. Semakin luas pangsa pasar maka akan semakin memberikan dampak positif terhadap bisnis online.

Dapat Berjualan Tanpa Stok Barang

Selama ini, sistem dagang konvensional mengharuskan penjual memiliki barang dagangannya sendiri untuk digelar di lapaknya masing-masing. Memiliki tempat untuk berjualan tanpa memiliki stok barang dagangan adalah hal percuma sehingga kita tidak dapat menghasilkan apa-apa.

Berbeda halnya ketika berjualan online dengan memanfaatkan media sosial, kita dapat menjual barang tanpa memiliki stok sendiri. Penjual dapat memasarkan sebuah barang yang ia ambil dari supplier hanya bermodal gambar dan juga teknik pemasaran yang baik. Sistem penjualan seperti ini biasa disebut dengan dropship.

Tidak Terpengaruh Cuaca Buruk

Terkadang cuaca sangat berpengaruh terhadap pendapatan sebuah usaha perdagangan yang dijalankan secara konvensional. Apalagi jika cuaca pada hari itu sedang dalam keadaan buruk, bisa jadi jumlah penjualan merosot cukup rendah karena minimnya pembeli yang datang mengunjungi lapak.

Sebaliknya, kita tidak akan menemukan permasalahan seperti ini ketika berjualan secara online. Apapun cuaca yang sedang terjadi diluar meski sedang tidak bersahabat sekalipun, para calon pembeli tidak akan berengaruh dengan hal itu. Tak heran jika seorang pedagang online tetap meraup banyak keuntungan tanpa terpengaruh oleh cuaca.

Penutup
Itulah alasan kenapa kita harus berjualan online dengan memanfaatkan media sosial yang harus anda ketahui. Memulai bisnis online itu bukanlah sesuatu yang sulit, hanya saja kita harus mampu melakukan pengelolaan dengan baik agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi besar. Selain itu, kita juga harus bisa meyakinkan pembeli agar mau membeli produk kita karena banyaknya kasus penipuan yang berkedok bisnis online.

7 Alasan Kenapa Kita Harus Berjualan Online Dengan Memanfaatkan Media Sosial