Tetap Mendapat Penghasilan Setelah Pensiun Dengan 15 Bisnis Ini

Pensiun adalah masa-masa dimana seseorang berhenti dari pekerjaan yang sudah lama ia tekuni. Kata pensiun sering kali identik dengan menikmati hari tua tanpa memikirkan rumitnya aktivitas pekerjaan. Namun jangan salah, karena sudah terlepas dari pekerjaan bukan berarti seorang pensiunan tidak mampu mendapat penghasilan. Mencari uang tidak harus bekerja, dengan menjalankan bisnis pun seseorang dapat memperoleh pendapatan begitu juga mereka yang sudah berusia senja.

Menjalankan bisnis setelah pensiun adalah salah satu pilihan tepat agar tetap produktif. Sembari mengisi waktu luang, kita bisa mendapatkan uang tambahan yang dapat digunakan untuk menyambung hidup. Tentu kita tidak ingin merepotkan anak dan cucu yang harus menanggung biaya kehidupan meski sebenarnya mereka dengan sukarela melakukannya.

Gambar Tetap Mendapat Penghasilan Setelah Pensiun Dengan 15 Bisnis Ini

Mempersiapkan masa pensiun akan lebih baik jika dilakukan sejak jauh-jauh hari. Persiapan yang matang akan membuat kita lebih mudah dalam bertindak dan membuat keputusan nantinya. Paling tidak, kita sudah memiliki gagasan serta ide dalam bentuk perencanaan jangka panjang yang akan direalisasikan ketika masa pensiun tiba. Salah satu pilihan yang dapat diambil adalah dengan membangun bisnis.

15 Bisnis Yang  Cocok Untuk Mengisi Kegiatan Setelah Pensiun Yang Harus Anda Persiapkan

Selama ini masih sedikit orang yang memiliki pemikiran untuk mempersiapkan masa pensiunnya dengan sesuatu yang produktif. Padahal jika kita mampu berfikir secara kreatif, akan ada banyak kegiatan yang menghasilkan seperti menjalankan bisnis. Tidak perlu ragu dan bimbang, akan ada banyak jenis usaha yang bisa dirintis meski umur sudah tua. Seperti halnya 15 bisnis berikut ini sangat cocok dijalankan setelah pensiun supaya tetap mendapat penghasilan.

Bisnis Rumah Kontrakan

Jika anda memiliki beberapa bangunan rumah yang kosong, akan lebih baik jika digunakan untuk menjalankan bisnis kontrakan. Semakin hari semakin banyak orang yang membutuhkan rumah tinggal karena minimnya lahan. Bagi mereka yang belum memiliki cukup tabungan untuk membangun rumah, mengontrak rumah selalu menjadi pilihan utama. Peluang ini dapat kita ambil untuk dijadikan sumber bisnis.

Usaha Tempat Kost

Selain bisnis rumah kontrakan, menjalankan usah tempat kost sebagai kegiatan di masa pensiun juga tak kalah potensialnya. Terlebih jika kita mampu mendirikan rumah kost di daerah strategis seperti lingkungan sekolah, area sekitar kampus, dekat pabrik atau di wilayah perkantoran. Beberapa lokasi tersebut memiliki peluang besar karena banyak pelajar atau pekerja  yang membutuhkan rumah tinggal sementara untuk berteduh.

Membuka Toko

Sebuah bisnis yang menggiurkan dan bisa dijalankan disekitaran rumah adalah dengan membuka toko. Bahkan jika letak rumah sangat strategis seperti di pinggir jalan besar, kita dapat menjalankan usaha ini tanpa harus keluar rumah. Sebuah keuntungan yang harus dimanfaatkan agar tetap produktif. Di toko tersebut kita bisa menjual produk seperti pakaian, aksesoris, jilbab, peralatan rumah tangga dan lain-lain.

Bisnis Ritel

Hampir sama seperti toko, kita juga dapat membuka usaha dibidang perdagangan dengan menjalankan bisnis ritel. Dengan konsep swalayan atau minimarket, bisnis ritel dapat dibangun dengan modal yang tidak terlalu besar. Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa memperoleh stok barang secara lengkap dari ditributor untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.

Jasa Sewa Peralatan Pertanian

Bisnis ini sangat cocok dijalankan bagi anda yang berada di daerah pedesaan. Disana mayoritas masyarakatnya adalah petani yang masih menggunakan cara tradisional dalam becocok tanam. Kita dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka usaha jasa sewa peralatan pertanian seperti traktor untuk membajak sawah dan juga mesin disel pompa air sebagai sarana irigasi. Hasil yang cukup menggiurkan membuat bisnis ini menjadi salah satu usaha potensial di pedesaan.

Usaha Dagang

Sebagian rejeki yang tersebar di dunia ini berada pada bidang perdagangan. Itulah kenapa banyak pedagang yang memiliki harta benda dan kekayaan yang melimpah. Memiliki menjalankan usaha dagang setelah memasuki masa pensiun merupakan satu langkah tepat mengingat potensinya yang sangat besar. Anda dapat memulai usaha dagang dengan menjual berbagai macam bahan pokok yang banyak diminati pembeli.

Bisnis Dibidang Peternakan

Bagi anda yang sangat suka memelihara hewan, menjalankan usaha dibidang peternakan ketika menginjak masa pensiun dapat menjadi satu alternatif terbaik. Selain dapat menyenangkan hati, dengan bisnis ini anda juga mendapatkan penghasilan. Beternak dapat disesuaikan dengan minat dan hobi. Jika suka dengan burung kicau, anda dapat memelihara dan mengembangbiakkannya sendiri. Harga burung kicau sangat tinggi apalagi yang memiliki suara terbaik.

Mendirikan Kursus

Ketika sudah pensiun, pasti anda sudah banyak memakan asam garam selama bekerja. Dari pekerjaan yang pernah ditekuni sebelumnya, anda dapat menerapkan pengalaman dan kemampuan yang diperoleh selama bekerja untuk membuka kursus. Sebagai contoh, jika dulunya anda bekerja sebagai koki di sebuah restoran, tidak ada salahnya anda meneruskan skill yang dimiliki dengan membuka kursus masak untuk wanita yang ingin jago dalam urusan dapur.

Membuka Bimbingan Belajar

Menjadi pelaku bisnis degan membuka usaha bimbel akan sangat cocok bagi mereka yang pernah terjun didunia pendidikan sebelum pada akhirnya pensiun dari pekerjaan. Meski sudah tidak bekerja secara formal sebagai pendidik, anda dapat mengisi waktu dimasa pensiun dengan membuka bimbingan belajar untuk anak-anak sekolah yang ingin menambah jam belajar mereka. Reputasi anda sebagai pendidik yang berpengalaman akan sangat memudahkan dalam mencari peserta didik.

Bisnis Rental Kendaraan

Sebuah bisnis mudah yang bisa anda jalankan setelah masa pensiun tiba adalah dengan membuka bisnis sewa kendaraan seperti mobil atau motor. Sayangnya bisnis memiliki beberapa kelemahan seperti resikonya yang tinggi dan memerlukan modal yang besar. Terlepas dari itu semua, bisnis sewa kendaraan adalah bidang yang memiliki potensi besar terlebih jika dijalankan di daerah tempat wisata dimana banyak wisatawan dari luar daerah yang ingin jalan-jalan.

Baca Juga:
  1. Memulai Bisnis di Masa Tua? Ikuti Jejak Kolonel Sanders
  2. 11 Hobi Ini Sering Dijadikan Peluang Bisnis Dan Usaha. Apa Saja? 
  3. 21 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Bisnis

Jasa Konsultasi

Sebuah kegiatan yang tidak memerlukan banyak tenaga untuk mendapatkan penghasilan selepas masa pensiun tiba adalah dengan membuka jasa konsultasi. Dengan memanfaatkan bekal pengetahuan dan pengalaman semasa bekerja, anda dapat menjadi seorang konsultan unggul berdasarkan bidangnya. Masih sedikit orang yang memiliki gagasan untuk menjalankan ide ini sehingga tingkat persaingannya relatif rendah.

Bisnis Rumah Makan

Untuk anda yang memiliki hobi memasak, kegiatan yang disukai tersebut bisa dijadikan sebagai peluang usaha setelah pensiun dengan menjalankan bisnis rumah makan. Jika anda mampu menciptakan resep terbaik, bukan tidak mungkin rumah makan yang didirikan akan dipenuhi oleh pelanggan setia. Selama ini bisnis rumah makan menjadi usaha dengan banyak peminat meski tingkat persaingannya tinggi.

Membeli Bisnis Franchise

Membeli bisnis franchise dan menjalankannya setelah memasuki masa pensiun adalah salah satu langkah cukup baik bagi anda menginginkan sesuatu yang praktis. Dengan membeli bisnis franchise kita akan memiliki usaha yang sudah memiliki reputasi sehingga tidak akan terlalu sulit dalam menjalankannya. Namun sanyangnya kita juga harus beragi royalti dengan pemilik bisnis franchise sehingga keuntungan tidak dimiliki secara penuh.

Bisnis Investasi

Bisnis dengan sistem investasi akhir-akhir ini menjadi kian populer. Mudahnya dalam mendapatkan uang dengan sistem ini membuat banyak orang yang memiliki banyak modal berbondong-bondong untuk menanam modalnya. Dalam bisnis ini kita harus pandai membaca peluang agar tidak salah dalam mengambil langkah mengingat banyaknya resiko yang dapat menimpa.

Bisnis Percetakan

Kemajuan teknologi turut menyumbang berubahnya tren dari tekstual menjadi visual. Tak heran jika berbagai kebutuhan komersil lebih mengutamakan tampilan luar dalam berbagai kegiatan seperti promosi dan pemasaran untuk menarik hati konsumen. Ini adalah peluang besar yang dapat dimanfaatkan untuk membuka bisnis percetakan termasuk anda yang ingin mengisi masa pensiun untuk memperoleh penghasilan.

Penutup
Masa tua adalah masa dimana kita harus menikmati hidup serta melupakan hiruk-pikuk duniawi. Namun tidak ada salahnya jika ingin terus produktif setelah pensiun meski usia sudah senja. 15 bisnis yang sudah disebutkan diatas hanyalah sebagian contoh kegiatan setelah pensiun yang harus dipersiapkan jika ingin tetap mendapat penghasilan. Dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan yang banyak, seharusnya kita dapat melewati masa pensiun dengan terus berkarya. Semangat!

Tetap Mendapat Penghasilan Setelah Pensiun Dengan 15 Bisnis Ini