6 Tips Memilih Jenis Barang Dagangan Yang Laku Dijual Di Pasar

Pasar dikenal sebagai tempat berjualan paling strategis sejak jaman dahulu. Dimana setiap hari tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah. Mereka adalah para pedagang dan pembeli yang bertemu dengan berbagai macam keperluan seperti menjual barang dagangan ataupun berbelanja. Berbagai jenis barang dagangan dijual oleh pedagang di pasar untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.

Berjualan dipasar memang sangat menguntungkan. Setiap orang yang datang ke pasar pasti memiliki tujuan untuk mencari dan membeli sesuatu. Itulah sebabnya seorang pedang di pasar tidak perlu melakukan promosi yang berlebih namun tetap mampu mendapat banyak pembeli. Terlebih jika seorang pedagang mampu memilih jenis barang dagangan yang sangat laku terjual di pasar, bukan tidak mungkin mereka akan selalu laris.

6 Tips Memilih Jenis Barang Dagangan Yang Laku Dijual Di Pasar

Jika anda adalah salah satu orang yang berprofesi sebagai pedagang di pasar dan ingin selalu laris, maka anda harus pandai-pandai  memilih jenis barang dagangan yang mudah laku dijual di pasar. Ini merupakan bagian dari strategi bisnis meski lingkup skalanya cukup kecil. Kecermatan dalam membaca peluang seperti ini dapat membawa seorang pedagang mendapatkan banyak konsumen sehingga mampu meningkatkan penghasilan.

Lalu Apa Saja Jenis Barang Dagangan Yang Laku Dijual Di Pasar?

Pertanyaan tersebut pasti sering kali terbesit dipikiran para pelaku usaha pasar. Bagi mereka, memilih jenis barang dagangan yang mudah laku dijual di pasar adalah kewajiban mutlak demi keberhasilan usahanya. Ituah sebabnya banyak orang berlomba-lomba mencari peluang ketika akan membuka bisnis di pasar. Sebenarnya untuk mengetahui barang apa saja yang banyak dicari oleh konsumen pasar, dapat dilakukan langkah-langkah analisis sederhana seperti berikut ini.

Barang Kebutuhan Pokok

Cobalah untuk mengamati tujuan orang-orang yang melakukan belanja di pasar. Kebanyakan dari mereka akan mencari dan membeli berbagai macam barang kebutuhan pokok seperti sembako, bahan makanan, sayuran, buah-buahan ataupun sandangan seperti baju dan celana. Saat memilih jenis barang dagangan yang mudah laku dijual di pasar, berbagai macam kebutuhan pokok seperti ini bisa anda pertimbangkan karena memiliki potensi yang sangat tinggi.

Barang Keperluan Sehari-Hari

Selain mencari kebutuhan pokok, para pembeli yang datang untuk belanja di pasar juga sering membeli berbagai macam keperluan sehari-hari seperti bumbu-bumbu masakan, sabun cuci, sabun mandi, pasta gigi, dan lain sebagainya. Barang keperluan sehari-hari seperti ini masuk kedalam jenis barang dagangan yang mudah laku dijual di pasar. Potensi larisnya juga tidak kalah bagus dengan barang kebutuhan pokok yang notabene banyak pesaing.

Barang Perlengkapan Rumah Tangga

Berbagai macam barang keperluan rumah tangga seperti sapu, kemoceng, bangku plastik, talenan, pisau, alat masak dan lain-lain juga termasuk kedalam jenis barang dagangan yang mudah laku dijual di pasar. Banyak masyarakat yang mencari keperluan alat rumah tangga ke pasar karena di anggap lebih murah daripada ke supermarket. Ini adalah alternatif dagangan yang sangat potensial untuk dipilih.

Baca Juga:
  1. Cara Sukses Berdagang di Pasar Tradisional
  2. 13 Usaha Dagang di Pasar Tradisional Yang Menguntungkan 
  3. 7 Keunggulan Dan Kelebihan Pasar Tradisional Yang Tidak Kita Sadari

Barang Dengan Harga Terjangkau

Salah satu yang menjadi tujuan utama seseorang belanja dipasar adalah karena mereka ingin mendapatkan barang dengan harga yang lebih ekonomis. Oleh karena itu, ketika memilih jenis barang dagangan yang mudah laku dijual di pasar, harga jual yang redah masukkanlah kedalam kriteria. Jika anda tidak bisa mendapatkan harga barang dibawah harga toko, kemungkinan besar konsumen akan enggan berbelanja. Terlebih jika barang yang anda jual tidak dapat lagi ditawar.

Kondisi Barang Masih Segar

Untuk beberapa jenis barang dagangan tertentu seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, usahakan menjualnya dengan kondisi masih segar. Orang-orang yang berbelanja sayur dan buah di pasar pasti akan mengutamakan kualitas kesegarannya. Memilih jenis barang dagangan dengan kondisi masih segar amat sangat menguntungkan karena akan cepat laku diburu oleh konsumen. Selain itu ini juga dapat membuat anda memiliki pelanggan tetap dengan jumlah banyak.

Target Pasar Menengah Kebawah

Berjualan dipasar berarti anda juga harus memahami siapa target pasar yang dituju. Mereka adalah orang-orang kalangan menengah kebawah yang rutin berbelanja. Meskipun terkadang juga ada kalangan menengah keatas namun jumlahnya sangat minim. Dengan mengetahui segmentasi pasar seperti ini anda bisa memperkirakan barang dagangan apa yang sesuai. Beberapa barang kebutuhan sekunder juga bisa anda jual namun dengan catatan harganya masih terjangkau.

Penutup
Itulah beberapa analisis yang dapat anda gunakan sebagai gambaran untuk memilih jenis barang dagangan yang mudah laku dijual di pasar. Selama ini banyak pedagang yang bingung ketika akan membuka usaha jualan di pasar karena belum mampu menangkap peluang dengan baik. Dengan sedikit membuat perencanaan serta kajian terhadap perilaku konsumen seperti yang sudah disebutkan diatas, anda bisa memilih serta menentukan jenis barang yang akan dijual secara tepat.

6 Tips Memilih Jenis Barang Dagangan Yang Laku Dijual Di Pasar