8 Manfaat Menjalin Hubungan Baik Dengan Tetangga

Dalam menjalani kehidupan, kita tidak pernah bisa terlepas dengan yang namanya bersosial. Melakukan interaksi sosial tidak hanya mencakup anggota keluarga saja, namun juga ada tetangga, masyarakat, dan lingkungan. Salah satu interaksi sosial yang bisa kita lakukan dalam kehidupan bermasyarakat adalah menjalin hubungan baik dengan tetangga. Sebenarnya akan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika menjaga kerukunan dengan tetangga.

Namun seiring perkembangan jaman, yang terjadi justru malah sebaliknya. Banyak orang yang sudah tidak peduli terhadap lingkungan hingga pada tetangga sendiri. Hal ini terjadi karena banyak faktor yang melatarbelakangi seperti aktivitas, pekerjaan, hingga kesibukan. Kondisi ini dapat memicu hubungan yang tidak baik terhadap para tetangga.

7 Manfaat Menjalin Hubungan Baik Dengan Tetangga

Tidak sedikit orang apalagi di daerah perkotaan yang merasa asing dengan para tetangga disekitar rumahnya. Tidak adanya jalinan hubungan baik dengan tetangga membuat mereka seperti tidak saling kenal meski tempat tinggalnya berdekatan. Setiap orang harus menyadari bahwa hal ini tidak baik untuk kehidupan sosial yang sebaiknya harus ditinggalkan.

Lalu Apa Saja Manfaat Menjalin Hubungan Baik Dengan Tetangga?

Banyak orang yang belum tahu tentang banyaknya keuntungan menjalin hidup rukun dengan tetangga. Rata-rata dari mereka lebih mengedepankan urusan pribadi hingga mengabaikan hubungan baik dengan tetangga disekitar rumah. Apakah anda tergolong orang yang seperti ini? Jika iya, cobalah untuk merubah sikap dan mulai menjalin hubungan baik dengan tetangga. Inilah manfaat yang bisa anda didapat.

Membuat Hidup Lebih Tenteram

Siapa sih orang yang tidak ingin hidup tentram. Ketentraman dalam hidup tersebut dapat dimulai dari menjalin hubungan baik dengan tetangga disekitar tempat tinggal. Kerukunan yang terjalin akan membuat tali silaturahmi menjadi semakin erat. Bersosial dengan tetangga adalah cara terbaik untuk memperoleh kedamaian dalam hidup.

Lingkungan Jadi Lebih Aman

Selain membuat hidup menjadi lebih tentram, menjalin hubungan baik dengan tetangga juga dapat membuat lingkungan menjadi lebih aman. Keamanan yang tercipta di lingkungan biasanya disebabkan oleh kerukunan para tetangga yang ikut berpartisipasi melakukan pengawasan antara satu rumah dengan rumah lainnya. Jika tidak ada hubungan baik, maka tidak akan ada fungsi pengawasan antar tetangga jika suatu saat ada tindak kejahatan.

Mudah Mencari Pertolongan

Orang pertama yang bisa anda mintai pertolongan dalam keadaan darurat ataupun mendesak adalah tetangga. Sebagai contoh jika rumah ada anggota keluarga yang sakit keras, ketika anda teriak minta tolong yang pertama kali mendengar adalah tetangga. Jika terjadi jalinan hubungan yang baik, maka dengan murah hati tetangga anda akan memberi pertolongan.

Memiliki Teman Untuk Berbagi

Didalam hidup, sebuah keluarga pasti membutuhkan teman untuk berbagai dalam hal apapun baik itu rejeki, makanan, pendapat, keluhan, hingga kebahagiaan. Dengan adanya hubungan baik dengan tetangga, maka hal-hal tersebut dapat dengan mudah tersalurkan. Menjadikan tetangga sebagai teman berbagi dapat membuat hidup jadi tidak kaku.

Partner Kerjasama Yang Baik

Salah satu orang yang bisa anda ajak kerjasama dalam kondisi tertentu adalah tetangga. Misalnya dirumah anda akan menggelar hajatan. Tidak mungkin anda sekeluarga mampu mengurus segalanya sendirian. Disinilah peran tetangga dibutuhkan. Mereka adalah partner kerjasama yang bisa anda andalkan. Maka dari itu mulailah menjalin hubungan baik dengannya.

Baca Juga:
  1. 7 Tips Untuk Memilih Teman Yang Baik di Era Milenial
  2. 8 Tips Untuk Menghadapi Tetangga Yang Suka Nyinyir 
  3. 7 Dampak Negatif Full Day School Pada Perkembangan Anak

Hidup Jadi Tidak Sepi

Terkadang, terlalu sering berkumpul hanya dengan anggota keluarga saja dapat membuat suasana jadi boson. Apabila anda selama ini menjalin hubungan baik dengan tetangga, maka anda dapat mengajak mereka untuk berkumpul bersama untuk meramaikan suasana. Tetangga disekitar rumah dapat menjadi obat saat suasana sedang sepi.

Sumber Dukungan dan Motivasi

Pernahkah anda merasakan kondisi seperti sedih, tidak semangat atau terpuruk. Terkadang para anggota keluarga sendiri tidak dapat mengatasinya. Dibeberapa kesempatan, tetangga yang menjalin hubungan baik dengan anda sejak lama dapat menjadi sumber dukungan dan motivasi. Inilah salah satu alasan kenapa menjalin hubungan baik dengan tetangga itu penting.

Hidup Lebih Bahagia

Yang jelas, hidup anda akan terasa lebih bahagia jika menjalin hubungan baik dengan para tetangga. Beberapa penjelasan diatas nampaknya sudah mewakilkan betapa hebatnya tetangga. Selain menjadi teman sekitar rumah, tetangga juga bisa mendatangkan kebahagiaan jika kita bisa hidup rukun.

Penutup

Itulah delapan penjelasan mengenai manfaat menjalin hubungan baik dengan tetangga. Bagaimanapun juga tetangga yang ada disekitar kita memiliki peran yang penting dalam kehidupan kita. Berusahalah untuk selalu rukun dengan tetangga karena banyak manfaatnya. Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda menjalin hubungan baik dengan tetangga disekitar rumah?

8 Manfaat Menjalin Hubungan Baik Dengan Tetangga