Ini 10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Pertumbuhan Anak

Siapa sih yang tidak ingin memelihara hewan di rumah? Apalagi jika hewan yang dipelihara bentuknya sangat lucu dan imut. Memang sih rata-rata hewan peliharaan memiliki tingkah laku yang bikin gemes pemiliknya. Biasanya anak-anak akan lebih suka memelihara hewan seperti kucing, anjing, kelinci, ikan hias, hamster, marmut, landak mini dan lain sebagainya.

Yang pasti akan ada banyak manfaat memiliki hewan peliharaan bagi anak. Memiliki hewan peliharaan sendiri di rumah pasti akan membuat anak anda sangat senang. Berinteraksi dengan hewan adalah kegiatan yang paling disukai anak kecil termasuk mereka yang masih balita. Terlebih jika hewan yang dipelihara sangat menggemaskan, pati pati mereka akan memeluk, mencium, menggendong bahkan hingga mengajaknya tidur.

Ini 10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Pertumbuhan Anak

Disisi lain, banyak orang tua yang justru tidak setuju jika anak mereka memiliki hewan peliharaan. Dengan alasan rawan terhadap gangguan kesehatan, mereka memilih untuk tidak membiarkan anak memelihara hewan di rumah. Hal ini justru berbanding terbalik dengan banyaknya manfaat yang diperoleh untuk pertumbuhan dan perkembangan anak jika memiliki hewan peliharaan. Memang sih, banyak orang tua yang belum menyadari hal tersebut.
 

Lalu, Apa Saja Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Anak?

Jika anda adalah salah satu orang tua yang melarang anak untuk memelihara hewan di rumah, cobalah untuk berpikir kembali serta mengkaji ulang hal tersebut. Mengajari anak untuk memelihara hewan bukanlah hal buruk. Hewan peliharaan sangat aman untuk anak asal dirawat dengan baik dan dijaga kesehatannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat memiliki hewan peliharaan untuk anak yang bisa anda peroleh.
 

Mengembangkan Motorik Anak

Didalam masa pertumbuhan, mengembangkan motorik sangat penting agar anak lebih bisa berfikir kritis dalam memecahkan suatu masalah. Ini adalah salah satu manfaat memiliki hewan peliharaan untuk anak yang bisa anda rasakan. Memelihara hewan dapat membuat anak jadi berpikir secara mandiri bagaimana cara menjaga dan merawat hewan kesayangannya agar tidak mati.
 

Melatih Rasa Tanggung Jawab Anak

Adapun manfaat lain yang didapat dengan memiliki hewan peliharaan adalah melatih rasa tanggung jawab pada anak. Mereka akan belajar bertanggung jawab dalam banyak aspek mulai dari memberi makan, menjaga kesehatan, membersihkan kandang dan merawatnya. Melatih sikap tanggung jawab saat masa pertumbuhan sangat penting untuk bekal dewasa kelak.
 

Memupuk Sikap Disiplin Pada Anak

Selain melatih tanggung jawab, manfaat memiliki hewan peliharaan adalah membuat anak menjadi lebih disiplin. Sebagai contoh adalah jadwal memberi makan. Hewan peliharaan pasti butuh makan pada jam-jam tertentu agar tidak mati. Hal ini dapat membuat anak jadi disiplin untuk memberi makan hewan dengan tepat waktu. Mereka akan paham dengan sendirinya bahwa waktu itu sangat penting.
 

Belajar Menyayangi Binatang

Pernahkah anda melihat anak-anak yang suka menyiksa binatang? Pasti kasihan hewan yang di siksa tersebut. Padahal hewan juga termasuk makhluk yang juga punya hak untuk hidup. Itulah alasan kenapa menyayangi binatang itu penting. Memiliki hewan peliharaan sangat bermanfaat bagi anak untuk belajar menyayangi binatang.
 

Anak Lebih Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Tidak hanya peduli pada hewan, anak yang memiliki hewan peliharaan juga akan lebih peduli terhadap semua makhluk hidup. Hewan yang dipeliharanya akan mengajarkan mereka bahwa setiap makhluk mempunyai hak yang sama untuk hidup. Jadi mereka akan memiliki rasa simpati jika berinteraksi dengan makhluk hidup lain agar tidak sampai melukainya.
 

Meminimalisir Stress Pada Anak

Manfaat memiliki hewan peliharaan selanjutnya adalah dapat meminimalisir strees pada anak itu sendiri. Terkadang hewan yang dipelihara bisa jadi media terapi untuk membuat pikiran dan jiwa anak agar jadi lebih tenang saat emosi tidak stabil. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa stress yang berkepanjangan pada anak akan sangat tidak baik bagi pertumbuhannya.

Baca Juga:
  1. 8 Tips Memilih Tontonan Yang Baik Untuk Anak 
  2. Ayah Ibu! Ini 8 Kalimat Yang Tidak Boleh Diucapkan Kepada Anak 
  3. 10 Langkah Mengatasi Anak Yang Kecanduan Nonton Youtube 
 

Menjaga Kesehatan Anak

Dokter anak dan kepala departemen alergi dan imunologi di Medical College of Georgia mengatakan bahwa memiliki hewan peliharaan bermanfaat untuk menghindarkan anak dari alergi tertentu. Pada penelitiannya, Ia memaparkan bahwa anak yang sering berada didekat anjing atau kucing saat masih kecil, maka kemungkinan untuk terpapar bakteri tertentu penyebab alergi akan menjadi sangat minim.
 

Menghilangkan Rasa Bosan Anak

Terkadang anak memiliki rasa bosan terhadap rutinitasnya. Terlebih jika tidak ada hal baru. Kondisi ini dapat membuat anak jadi mudah rewel dan sulit dikendalikan. Kehadiran hewan peliharaan di rumah dapat membantu mereka menghilangkan rasa bosan. Ini adalah manfaat memiliki hewan peliharaan yang jarang diketahui orang tua. Hewan peliharaan juga bisa jadi teman bermain anak-anak saat di rumah.
 

Anak Lebih Betah Dirumah

Ketika masa-masa pertumbuhan, anak biasanya akan lebih banyak di rumah untuk belajar dan beraktivitas bersama orang tua. Dengan memiliki hewan peliharaan, anak jadi lebih betah di rumah ditemani oleh hewan kesayangannya. Ketika diajak keluar rumah pun, mereka biasanya ingin segera cepat pulang untuk bertemu dengan hewan peliharaannya.
 

Anak Akan Sangat Bahagia

Manfaat lain yang sangat terasa jika memiliki hewan peliharaan adalah anak akan menjadi sangat bahagia. Hewan yang dipelihar adalah teman bagi anak sehingga rasa sepi akan jarang menghampiri. Sebaliknya, anak justru akan riang gembira bermain dan merawat hewan yang mereka pelihara. Rasa gembira sangat baik dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak.
 

Kesimpulan

Mengingat banyaknya manfaat memiliki hewan peliharaan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sebagai orang tua, seharusnya anda mendukung jika anak ingin memelihara hewan di rumah. Ayah dan ibu tidak perlu takut, yang penting kita sama-sama menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan tersebut agar tidak terjadi yang namanya gangguan kesehatan.

Ini 10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Pertumbuhan Anak