Cara Menghadapi Siswa Nakal di Sekolah Yang Sering Melawan Guru

Salah satu masalah yang banyak ditemui oleh seorang guru adalah menghadapi siswa nakal di sekolah. Siswa nakal itu sendiri pasti ada di setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP bahkan hingga SMA atau SMK. Sebenarnya ini adalah hal lumrah bagi para guru. Namun menjumpai masalah seperti menghadapi siswa nakal seperti ini tidak boleh diremehkan.

Meski sudah dianggap hal biasa, menghadapi siswa nakal di sekolah memang benar-benar dapat menguras tenaga dan pikiran. Bahkan seorang guru yang tidak mampu menghadapi seorang siswa nakal harus memanggil orang tuanya sebagai upaya untuk memberikan efek jera. Akan tetapi, pemberian sanksi seperti tidak begitu efektif.

Cara Menghadapi Siswa Nakal di Sekolah Yang Sering Melawan Guru

Seorang siswa nakal di sekolah biasanya banyak melakukan hal-hal negatif. Lebih parahnya, jika sekali di ingatkan mereka malah melawan guru. Karena sudah mendapat predikat siswa nakal, biasanya mereka sangat dihafal oleh para guru dan selalu diwaspadai atas semua tingkah lakunya. Keresahan yang ditimbulkan oleh siswa nakal terkadang juga dapat menurunkan reputasi sebuah sekolah.

Lalu Bagaimana Cara Menghadapi Siswa Nakal di Sekolah?

Bagian terpenting dari cara menghadapi siswa nakal di sekolah adalah guru itu sendiri. Siswa nakal yang suka melawan guru jangan ditakuti. Namun rangkul mereka serta berikan perhatian khusus supaya guru bisa memiliki kedekatan dengan mereka. Siswa nakal memang perlu dihadapi dengan metode khusus. Berikut ini adalah tips untuk menghadapi siswa nakal di sekolah.

Hadapi Dengan Sabar

Hal pertama yang harus dan wajib dilakukan oleh seorang guru saat menghadapi siswa nakal adalah dengan kesabaran. Meski kesabaran yang sudah dilakukan membuahkan hasil yang tidak memuaskan, namun cara ini akan sedikit membuat siswa nakal tersebut sedikit tenang. Jika guru menghadapinya dengan keras, mereka justru semakin melawannya.

Bangun Hubungan Baik

Menghadapi siswa nakal di sekolah bisa dilakukan guru dengan cara membangun hubungan baik. Bagaimanapun juga, siswa nakal tersebut harus tetap dirangkul. Membangun hubungan baik adalah cara paling tepat untuk merangkul mereka. Jika guru terus memusuhinya, yang ada siswa nakal tersebut malah semakin merasa menang.

Ajak Bicara Secara Personal

Jangan sekali-kali mengajak siswa nakal berinteraksi didepan umum seperti dihadapan guru lain atau dihadapan teman-temannya. Terlebih jika anda memperlakukannya terlalu keras. Yang ada, siswa nakal tersebut malah termotivasi untuk melawan karena tidak ingin dipermalukan didepan orang lain. Lebih baik ajak mereka untuk berbicara personal secara empat mata.

Cari Tahu Apa Penyebabnya

Setiap siswa nakal pasti memiliki alasan tersendiri sehingga mereka melakukan hal-hal yang tidak baik disekolah. Maka dari itu, seorang guru harus bisa menggali dan menyelidiki penyebabnya. Beberpa penyebab seorang siswa menjadi nakal adalah latar belakang keluarga yang broken home, tidak nyaman disekolah, tidak suka dengan sistem pendidikan, belum menemukan jati diri dan lain sebagainya.

Gali Potensi Yang Dimiliki

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh guru saat menghadapi siswa nakal di sekolah adalah meremehkan mereka. Jangan gegabah mengambil kesimpulan. Terkang siswa nakal malah memiliki potensi yang tinggi di suatu bidang. Maka dari itu, saat menghadapi siswa nakal, cobalah untuk menggali potensi apa yang ada pada dirinya kemudian dikembangkan untuk menjadi sebuah prestasi.

Beri Hukuman Positif

Jika terpaksa, seorang guru dapat memberikan hukuman pada siswa nakal untuk memunculkan efek jera. Namun yang perlu digarisbawahi adalah hukuman yang diberikan bersifat positif. Hukuman tersebut jangan sampai malah membuat mereka semakin melawan. Usahakan memberikan hukuman yang bisa menyadarkan kesalahan yang diperbuat siswa nakal tersebut.

Konsultasi Dengan Orang Tua

Semua orang pasti tahu seorang guru tidak akan pernah bisa menghadapi siswa nakal sendirian. Maka dari itu, perlu adanya partisipasi dari orang tua itu sendiri untuk ikut mengarahkan anak agar menjadi lebih baik. Guru harus sering berkonsultasi dengan orang tua tekait penanganan siswa nakal tersebut. Adanya koordinasi dua pihak ini diharapkan dapat mengurangi resiko kenakalan baik dirumah maupun di sekolah.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menghadapi siswa nakal di sekolah yang sering melawan guru. Kesimpulannya adalah guru tidak boleh sembarangan mengambil langkah agar tidak memperburuk keadaan. Bagaimanpun juga, siswa nakal juga memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dan juga pendampingan yang intensif.

Cara Menghadapi Siswa Nakal di Sekolah Yang Sering Melawan Guru