7 Contoh Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses

Orang Cina selalu terkenal dengan kepiawaian mereka menjalankan bisnis. Hampir semu usaha yang didirikan oleh orang cina cina mampu meraih keberhasilan. Kesuksesan orang cina dalam menjalankan bisnis memang tidak terlepas dari strategi dagang mereka yang selama ini dianggap cukup efektif. Banyak contoh bisnis orang cina yang sukses pasti ada di sekitar kita.

Kesuksesan yang diraih orang cina bukanlah tanpa sebab. Mereka memang selalu gigih dan tidak kenal menyerah dalam menjalankan usaha meski sempat gagal berkali-kali. Sikap militan orang cina dalam berdagang inilah yang membuat mereka selalu sukses dalam bisnis. Bisnis orang cina rata-rata mampu merajai pasar hampir disegala bidang usaha.

7 Contoh Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses

Ada banyak sekali contoh bisnis orang cina yang bisa kita jadikan sebagai panutan dalam menjalankan usaha. Meski banyak orang asli Indonesia yang merasa tersingkir karena keberhasilan orang cina, namun kemampuan bisnis mereka patut kita jadikan sebagai contoh. Bagaimanapun juga, budaya berdagang mereka sudah tertanam sejak dini sehingga saat dewa orang-orang cina memiliki skill yang mumpuni dalam bisnis.

Inilah Beberapa Contoh Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses

Bagi anda yang menekuni dunia usaha, pasti akan sangat familiar dengan bisnis-bisnis orang cina yang banyak menguasai di beberapa bidang. Tidak hanya berjalan, rata-rata bisnis tersebut mampu berhasil dalam menguasai pasar. Tidak heran jika orang cina menjadi kompetitor bisnis yang kuat. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis orang cina yang selalu sukses.

Contoh Bisnis Dagang Sembako

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa orang cina selalu identik menjual bahan-bahan pokok. Salah satu contoh bisnis mereka yang bisa kita lihat disekitar adalah dagang sembako. Disebuah daerah, salah satu pusat sembako pasti di kuasai oleh orang cina. Mereka memilih bisnis dagang sembako karena memikiki target pasar yang jelas dan selalu dibutuhkan konsumen.

Contoh Bisnis Dagang Pakaian

Selain dagang sembako, orang cina juga piawai dalam menjalankan bisnis dagang pakaian. Berbagai macam kebutuhan sandang seperti baju dan celana merupakan salah satu kebutuhan pokok yang banyak dibutuhkan, itulah sebab orang cina juga menjadikan bisnis pakaian sebagai salah satu bidang usaha. Banyak contoh bisnis pakaian orang cina yang sukses seperti matahari dan ramayana.

Contoh Bisnis Retail

Rata-rata orang cina pasti berdagang. Jarang diantara mereka yang mau menjadi produsen. Salah satu cara sukses mereka dalam wiruausaha adalah dengan menjalankan bisnis retail. Sebut saja Indomart dan Alfamat adalah wujud dari suksesnya bisnis retail yang dijalankan oleh orang cina. Konsep waralaba yang ditawarkan oleh bisnis ini mampu meluas keseluruh wilayah nusantara dengan mendekatkan diri ke masyarakat.

Contoh Bisnis Bahan Bangunan

Bahan bangunan masih masuk dalam kategori bahan pokok. Setiap orang pasti membutuhkan bahan bangunan untuk keperluan pembangunan baik itu rumah, gedung maupun infrastruktur. Banyak orang cina yang sukses menjalankan bisnis bahan bagunan baik itu produksi maupun retail. Lihat saja depo bangunan yang ada disekitar kita pasti banyak dimiliki oleh orang cina.

Contoh Bisnis Hasil Pertanian

Bagi sebagian masyarakat kita, bisnis dibidang pertanian dianggap kurang memiliki prospek yang baik. Namun ditangan orang cina, bisnis hasil pertanian bisa disulap jadi bidang usaha yang mendatangkan banyak keuntungan. Banyak orang cina yang memilih berdagang produk-produk hasil pertanian. Meski untuk kecil, tapi rata-rata dari mereka bisa sukses karena kuantitas penjualan yang tinggi.

Baca Juga:
  1. 20 Rahasia Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses Dalam Berdagang 
  2. 21 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Bisnis 
  3. Ragu Memulai Bisnis? Atasi Rasa Takut Membuka Usaha Dengan Cara Ini
 

Contoh Bisnis Dibidang Kuliner

Bisnis di bidang kuliner sudah menjadi hal yang umum. Berjualan produk-produk makanan memang sangat menggiurkan. Selain cepat laku, produk kuliner juga banyak dicari konsumen karena termasuk kebutuhan pokok. Begitu juga dengan orang cina, banyak bisnis mereka di bidang kuliner yang sukses dengan menjual masakan-masakan khas tionghoa. Lihat saja restoran-restoran Chinese Food yang tidak pernah sepi pembeli.

Contoh Bisnis Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga masih dianggap sebagai barang pokok. Tidak heran jika banyak orang cina yang juga menekuni bisnis dibidang ini. Selain menjual, banyak pula orang cina yang memproduksi peralatan rumah tangga untuk dijual kepada konsumen. Salah satu merk yang terkenal di Indonesia "Maspion" adalah salah satunya. Mereka membuat dan menjual berbagai macam peralatan mulai dari elektronik hingga alat dapur.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai contoh bisnis orang china yang selalu sukses. Banyak orang yang berpandangan negatif terhadap mereka karena satu dan lain hal. Namun dibalik itu semua, orang cina memang bisa menjadi panutan dalam menjalankan bisnis. Terbukti dengan banyaknya kesuksesan yang diraih oleh orang cina dalam bisnis. Sebaiknya kita ambil sisi positif dari cara orang cina menjalankan bisnis seperti manajemen, promosi dan strategi dagang mereka.

7 Contoh Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses