7 Cara Mendapatkan Modal Uang Untuk Memulai Usaha

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa modal uang memang sangat penting untuk memulai usaha. Dengan modal yang berupa uang, kita akan lebih mudah dalam menggunakannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan awal usaha tersebut. Modal uang juga lebih fleksibel karena dapat dengan mudah dipetakan dan direncanakan.

7 Cara Mendapatkan Modal Uang Untuk Memulai Usaha

Memperoleh modal uang untuk memulai usaha memang tidak mudah bagi kebanyakan orang. Terlebih bagi mereka yang mau merintis usahanya dari nol. Terkadang modal uang ini justru menjadi batu sandungan bagi mereka yang mau memulai usaha. Akhirnya, usaha yang akan dimulai gagal dirintis karena tidak adanya modal uang.

Modal uang masih dianggap sebagai "nyawa" dalam memulai usaha dari jaman ke jaman. Paradigma ini masih melekat erat dalam pola pikir masyarakat di negara kita. Hingga pada akhirnya banyak orang yang terjerumus ke jalan yang salah demi mendapatkan modal uang untuk memulai usaha. Padahal jalan yang salah justru dapat berpotensi menimbulkan masalah baru hingga membuat usaha yang dirintis gagal total.

Cara Mendapatkan Modal Uang Untuk Memulai Usaha

Ada banyak cara yang bisa kamu lalukan untuk mendapatkan modal uang saat akan memulai usaha tanpa harus terjerumus ke jalan yang salah. Ingat! Pola pikir seorang pengusaha sukses adalah selalu menjadikan kelemahan yang dia miliki untuk menjadi sebuah kelebihan. Termasuk juga modal uang. Jika kamu mau memulai usaha namun tidak memiliki modal uang, maka cobalah untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Menggunakan Tabungan Pribadi

Menggunakan tabungan pribadi untuk modal usaha bukanlah ide yang buruk. Uang yang kamu tabung, nilainya akan semakin turun dari waktu ke waktu. Maka dari itu lebih baik diputar kembali untuk dilipatgandakan daripada mengendap di buku tabungan. Menggunakan uang ditabungan untuk modal usaha termasuk investasi jangka panjang. Jadi beranilah untuk mengambil resiko.

Menjual Aset Yang Dimiliki

Cara kedua yang bisa kamu lakukan dalam mendapatkan modal uang untuk memulai usaha adalah dengan menjual aset yang dimiliki saat ini. Cara lain yang paling aman untuk mendapatkan modal uang adalah dengan menjual aset. Aset yang bisa kamu jual bisa berupa barang seperti mobil, motor, emas, berlian dan lain-lain. Atau bisa juga menjual aset seperti tanah atau rumah agar mendapatkan modal uang untuk memulai usaha.

Meminjam Uang ke Bank

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan dalam mendapatkan modal uang untuk memulai usaha adalah dengan meminjam uang ke bank. Banyak orang yang mengatakan bahwa langkah ini cukup beresiko. Terlebih jika modal uang yang kita pinjam ke bank jumlahnya sangat besar. Dengan angsuran yang tetap setiap bulan menuntut kita untuk mendapatkan hasil yang tetap agar angsuran dapat terbayar. Meminjam modal uang ke bank boleh dilakukan asal usaha yang akan dirintis sudah terencana dengan baik.

Menggadaikan Barang Yang Bernilai

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan supaya mendapatkan modal uang untuk memulai usaha adalah dengan menggadaikan barang. Barang yang bisa di gadai bisa berupa emas, berlian, sertifikat tanah, atau kendaraan. Gadai barang bisa jadi cara yang lebih aman ketimbang meminjam uang di bank. Pasalnya, dengan sistem gadai kamu tidak akan dibebani oleh angsuran yang nilainya tetap setiap bulannya. Jadi hal ini akan membuat kondisi finansial menjadi lebih fleksibel.

Baca Juga:

  1. Ingin Buka Usaha Tapi Tidak Punya Modal? Ini 8 Solusinya
  2. Pilih Bisnis Pakai Modal Sendiri Atau Pinjaman?
  3. 5 Macam Modal Penunjang Untuk Memulai Usaha Yang Perlu Disiapkan


Bekerjasama Dengan Orang Lain

Saat kamu tidak memiliki modal uang untuk memulai usaha, namun takut untuk meminjam atau menggadai, kamu bisa mencari partner untuk diajak bekerja sama dalam menjalankan usaha. Dengan bekerjasama dengan orang lain, maka kamu bisa melakukan patungan uang sebagai modal awal. Namun, cara ini juga akan membuat penghasilanmu menjadi terbelah karena harus dibagi dengan partner bisnismu.

Mengajak Reseller Untuk Berinvestasi

Cara lain yang dapat kamu lakukan agar bisa mendapatkan modal uang untuk memulai usaha adalah dengan mengajak reseller untuk berinvestasi. Investasi disini bisa berupa deposit uang yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk mengambil barang atau produk ke kamu. Namun cara ini lebih sulit karena kamu harus benar-benar memiliki produk yang bagus dan diterima pasar untuk dapat meyakinkan reseller agar mau berinvestasi kepada kamu.

Mengajak dan Mencari Investor

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika ingin menjalankan usaha tanpa harus mengeluarkan modal uang satu rupiahpun adalah dengan menggaet investor. Namun, disini kamu harus benar-benar pandai dalam meyakinkan investor dan membuatnya tertarik. Kamu harus mempersiapkan ide usaha atau produk secara matang, perencanaan bisnis yang baik, dan  gambaran prospek kedepan. Jika kamu berhasil menggandeng investor, maka aliran dana segar berupa modal uang akan kamu dapatkan.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mendapatkan modal uang untuk memulai usaha. Pembahasan diatas sangat cocok sekali bagi kamu yang mau merintis usaha namun tidak memiliki modal uang. Masalah seperti diatas jangan kamu jadikan sebagai penghalang yang dapat menghentikan niatmu untuk memulai usaha. Ingat! Ada banyak cara yang bisa kamu coba demi berjalannya usaha yang kamu rintis. Semangat! Jangan putus asa ya.

7 Cara Mendapatkan Modal Uang Untuk Memulai Usaha