5 Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Listening Skill

Mempelajari bahasa Inggris itu sangat penting. Terlebih pada era modern seperti saat ini dimana globalisasi berkembang begitu pesat. Berbagai macam mesin, peralatan, serta barang elektronik mulai dari laptop, televisi, airconditioner, hingga mesin cuci lebih banyak menggunakan bahasa Inggris. Ini adalah hal yang wajar mengingat bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa Internasional dengan jumlah pembicara terbanyak.

Dalam bahasa Inggris sendiri ada banyak sekali skill yang harus dikuasai. Salah satunya adalah listening skill atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya kemampuan untuk mendengarkan. Listening skill sangat penting untuk dipelajari mengingat dalam bahasa Inggris antara kata yang tertulis dan pengucapannya banyak perbedaan. Maka dari itu agar mudah berkomunikasi, listening skill wajib untuk terus ditingkatkan.

5 Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Listening Skill

Penguasaan listening skill dalam bahasa Inggris bisa dikatakan cukup sulit. Terlebih bagi mereka yang baru belajar. Akan tetapi jika memiliki tekat belajar yang kuat, listening skill bisa cepat dikuasai. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkannya salah satunya dengan menggunkan media pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan minat dan kesukaan.

5 Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Listening Skill Bahasa Inggris

Belajar tidak harus monoton dengan teori terus menerus dan selalu menggunakan buku pelajaran. Apalagi jika kamu belajar listening skill, maka harus banyak praktek ketimbang teori. Selain itu, pembelajaran listening skill bisa dibuat lebih menyenangkan agar tidak mudah bosan. Salah satu kunci sukses pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang asik. Seperti halnya kelima media pembelajaran berikut ini.

Media Pembelajaran Video

Media pembelajaran untuk meningkatkan listening skill yang pertama adalah video. Ada banyak sekali jenis video berbahasa Inggris yang bisa kamu cari di internet mulai dari video memasak, video gamming, video tutorial, hingga video vlog. Meski kamu bisa bebas memilih jenis video, sebaiknya jangan pakai video yang itu-itu saja. Usahakan video yang kamu gunakan dalam belajar listening skill bervariasi supaya kosa kata yang didapat juga beragam.

Media Pembelajaran Musik

Media pembelajaran kedua yang bisa kamu gunakan untuk belajar listening skill adalah dengan mendengarkan musik berbahasa Inggris. Cara ini sangat cocok buat kamu yang suka mendengarkan musik. Dengan begini kamu bisa meningkatkan listening skill sekaligus melakukan hal yang kamu sukai. Cara belajar yang seperti ini biasanya akan mudah diterima otak karena tidak dalam keadaan terpaksa. Kamu bisa mengoleksi banyak lagu-lagu barat yang berbeda-beda untuk didengarkan setiap hari.

Media Pembelajaran Film

Media pembelajaran listening skill yang ketiga adalah dengan menonton film. Hampir setiap orang suka menonton film, jika kamu termasuk salah satu diantaranya, kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan listening skill. Kamu bisa belajar sambil menonton film entah itu di bioskop, youtube, internet, atau DVD. Tentunya film yang kamu toton berbahasa Inggris ya, terlebih yang tidak memakai subtitle dibawahnya. Dengan begini, kamu bisa belajar mengidentifikasi setiap kosa kata dalam setiap dialog.

Media Pembelajaran Podcast

Keempat ada media pembelajaran listening skill dengan mendengarkan podcast. Di era digital saat ini, podcast mulai populer hingga merajai beberapa media internet seperti youtube atau spotify. Banyak orang yang mengtakan podcast mirip dengan siaran radio. Pendapat tersebut bisa dibilang benar. Namun, dengan podcast kamu bisa menetukan sendiri topik dan bahasa yang akan kamu dengar. Untuk meningkatkan listebing skill, kamu bisa mendengarkan podcast berbahasa Inggris dengan topis sesuai keinginanmu.

Baca Juga:

  1. 8 Tips Belajar Memulai Bisnis dan Merintis Usaha Dari Nol
  2. 7 Alasan Mengapa Sekolah Tidak Penting Menurut Deddy Corbuzier
  3. Kenapa Sistem Pendidikan Di Indonesia Tidak Baik? Ini 8 Alasannya


Media Pembelajaran Rekaman Audio

Media pembelajaran untuk meningkatkan listening skill yang terkahir adalah dengan rekaman audio. Rekaman audio disini yang dimaksud bisa berupa percakapan bahasa Inggris dari navtive speaker atau soal-soal listening. Kamu bisa menggunakan media yang terakhir ini untuk menguji seberapa baik tingkat listening skill-mu. Kamu bisa download contoh-contoh soal listening untuk umum di internet. Kamu bisa menyesuaikan tingkat kesulitannya mulai dari paling mudah hingga paling susah.

Penutup

Itulah beberapa media pembelajaran yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan listening skill. Saat ini jaman sudah maju, berbagai macam teknologi bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Beberapa media pembelajaran listening skill diatas sangat mudah didapatkan di internet. Jadi, kamu bisa memilih media belajar yang kamu sukai dan sesuai dengan minat kamu. Selamat mencoba ya! Semoga berhasil.

5 Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Listening Skill