5 Bisnis Tanpa Resiko Rugi Yang Harus Kamu Coba

Bisnis adalah salah satu pilihan hidup sebagai alternatif pekerjaan untuk menghasilkan uang. Namun, kebanyakan orang takut untuk merintis bisnis karena berbagai resiko yang harus ditanggung. Namun tahukah kamu bahwa ada bisnis tanpa resiko rugi baik itu dari segi materi, uang maupun aset? Jika belu tahu, maka kamu wajib membaca artikel ini sampai habis tanpa ada yang dilewatkan sedikitpun.

Memutuskan untuk menekuni dunia  bisnis memang merupakan sebuah hal yang menantang. Kamu akan menemui banyak tantangan mulai dari perencanaan usaha, memulai, ketika sudah jalan bahkan ketika usaha itu sudah ramai. Tantangan dalam bisnis memang tidak pernah ada habisnya, bahkan resiko kerugian dan kegagalan sewaktu-waktu bisa mengintai.

5 Bisnis Tanpa Resiko Rugi Yang Harus Kamu Coba

Jika kamu ingin bermain aman dalam berwirausaha, kamu dapat mencari strategi dalam perencanaan bisnis. Salah satunya adalah dengan memilih bisnis tanpa resiko rugi. Meski tidak sepenuhnya bisa terbebas dari resiko kegagalan, namun paling tidak kamu bisa sedikit meminimalisirnya. Dengan begini kamu tidak perlu takut lagi akan resiko kerugian sehingga lebih berani untuk memulai.

Inilah 5 Bisnis Tanpa Resiko Rugi Yang Harus Kamu Coba

Ada banyak sekali jenis dan bidang bisnis yang dapat kamu pilih mulai dari menjadi produsen produk, distributor, pedagang ataupun jasa. Semua jenis dan bidang usaha tersebut tetap memiliki resiko jika dijalankan. Namun jika takut akan kegagalan, kamu bisa mencoba bisnis tanpa resiko yang akan dijelaskan seperti berikut ini.

Bisnis Dropship Online Shop

Pilihan bisnis tanpa resiko rugi yang pertama adalah dropship online shop. Dengan sistem dropship, kamu tidak perlu menyediakan barangnya secara real time. Namun kamu hanya perlu bekerja sama dengan orang yang punya dagangan untuk kamu pasarkan. Dalam menjalankan bisnis ini sebaiknya kamu pakai sistem DP atau uang muka supaya pembeli yang memesan barang tidak mudah kabur begitu saja.

Bisnis Makelar

Bisnis tanpa resiko rugi yang kedua adalah makelar. Seperti yang kita tahu bahwa makelar hanya membutuhkan keahlian dalam lobi dan meyakinkan pembeli. Disini kamu tidak perlu menyediakan barang dagangan sendiri karena kamu menjadi perantara saja. Meskipun kamu gagal menggaet pembeli, kamu tetap tidak menerima resiko rugi.

Bisnis Pengiriman Barang

Kamu juga bisa menjalankan bisnis pengiriman barang yang tidak memiliki resiko rugi. Namun, dalam menjalankan usaha jasa ini kamu harus berhati-hati agar barang yang diantar tidak rusak. Apabila ada kerusakan barang, maka kamu menanggung resiko untuk menggantinya. Selain tanpa resiko rugi, bisnis ini juga tidak memerlukan modal banyak.

Bisnis Jasa Titip

Selain pengantaran barang seperti yang sudah dijelaskan diatas, kami juga bisa memilih usaha jasa titip. Bisnis ini sederhana dan tanpa resiko rugi. Tapi dalam penerapannya, sebaiknya kamu pakai sistem DP atau uang muka untuk belanja barangnya sekaligus meminimalisir resiko pemesan kabur. Jasa titip sangat cocok buat kamu yang berada di daerah jauh dari pusat perkotaan.

Menjadi Internet Marketing

Apa itu internet marketing? Adalah sebuah upaya untuk memasarkan produk melalui platform digital. Beberapa diantaranya yang paling populer adalah website, blog, atau youtube. Kamu bisa menjadi internet marketing dengan memilih salah satunya. Ini adalah bisnis tanpa resiko rugi yang banyak ditekuni. Namun kamu harus bekerja ekstra keras karena banyak sekali pesaingnya.

Bisnis Jasa Servis

Jika kamu punya keahlian khusus dalam bidang perbaikan, maka kamu bisa menjalankan bisnis tanpa resiko rugi di bidang jasa servis. Ada banyak pilihan jasa servis yang bisa dipilih sesuai dengan keahlian seperti servis motor, mobil,  elektronik, ponsel, komputer dan lain-lain. Kamu bisa menjalankan bisnis ini ditempat atau panggilan.

Bisnis Daur Ulang Barang Bekas

Barang bekas memang menjadi sampah atau sesuatu yang tidak bernilai. Namun jika kamu kreatif untuk mendaur ulang barang bekas, maka nilai jualnya menjadi sangat tinggi. Banyak barang bekas seperti besi, kaca, plastik, kaleng dan sebagainya yang bisa kamu olah menjadi barang yang memiliki daya guna atau estetika. Ini adalah salah satu bisnis tanpa resiko rugi mengingat bahan bakunya bisa didapat secara gratis.

Bisnis Jasa Les atau Kursus

Bisnis tanpa resiko rugi selanjutnya adalah jasa les dan kursus. Namun untuk menjalankan usaha ini kami harus memiliki keahlian mengajar dan akademik yang baik. Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa atau fresh graduate. Agar tidak memerlukan modal, kamu bisa memakai sistem door to door atau privat ke rumah-rumah.

Baca Juga:

  1. 12 Bisnis Jasa Yang Cocok Kamu Jalankan di Desa
  2. 7 Alasan Kenapa Milenial Harus Memiliki Bisnis dan Jadi Pengusaha
  3. 7 Contoh Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses


Bisnis Jasa Fotografi

Berikutnya ada salah satu kegiatan yang  diminati banyak orang, yaitu fotografi. Bisnis tanpa resiko yang satu ini direkomendasikan buat kamu yang punya kamera fotografi, karena jika kamu tidak punya kamera maka harus mengeluarkan modal besar dulu untuk membelinya. Jasa fotografi biasanya dibutuhkan oleh mereka yang memiliki acara bersifat penting seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun, wisuda, dan sebagainya.

Bisnis Jasa Desain Grafis

Terakhir ada bisnis tanpa resiko rugi yang tidak pernah mati dan juga tidak bisa digantikan oleh mesin, yaitu desain grafis. Untuk menjadi seorang desainer grafis kamu harus punya skill seni yang tinggi untuk membuat gambar dan merangkai warna menjadi sesuatu yang menarik.

Penutup

Itulah beberapa pilihan bisnis tanpa resiko rugi yang bisa kamu ambil salah satunya untuk mulai dirintis. Memulai usaha dari nol memang akan lebih aman jika memilih yang memiliki resiko ruginya kecil. Meski beresiko kecil, namun dalam menjalankan bisnis ini kamu tidak boleh meremehkan bahkan harus tekun dan telaten. Apapun jenis dan bidang usahanya, semakin kamu bekerja keras maka hasil yang akan kamu dapat juga semakin maksimal.

5 Bisnis Tanpa Resiko Rugi Yang Harus Kamu Coba