7 Cara Menambah Relasi dan Koneksi Pada Saat Masih Kuliah

Kuliah adalah salah satu pendidikan formal yang ditempuh setelah lulus sekolah menengah atas. Selain mencari ilmu, masa kuliah juga dapat digunakan untuk menambah relasi. Ini sangat bermanfaat ketika sudah lulus nanti ketika kamu mau mencari kerja atau membangun usaha. Memperbanyak koneksi ketika masih aktif di kampus adalah salah satu kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan. Karena kesempatan ini belum tentu bisa datang dua kali dalam hidup.

Status mahasiswa yang sudah kamu sandang akan jauh berbeda dengan status siswa semasa masih sekolah. Ketika sudah berstatus mahasiswa, yang akan kamu cari tidak hanya ilmu namun juga relasi. Selama ini saat masih jadi siswa di sekolah, kamu mungkin belum kepikiran untuk memperbanyak koneksi karena belum paham apa fungsinya. Relasi atau koneksi yang kami miliki saat ini, juga akan berdampak besar dalam menentukan masa depanmu setelah lulus kuliah nanti.

7 Cara Menambah Relasi dan Koneksi Pada Saat Masih Kuliah

Lalu, Bagaimana Cara Menambah Relasi dan Koneksi Pada Saat Masih Kuliah?

Ketika menjadi mahasiswa terlebih jika kamu kuliah di kota besar dengan kampus yang unggulan, maka itu jadi kesempatan yang sangat baik untuk menambah relasi dengan siapa saja yang potensial. Beberapa mahasiswa mungkin sudah paham dengan hal ini namun sebagian besar masih belum sadar. Nah buat kamu yang kesulitan dalam memperbanyak koneksi saat masih kuliah, sebaiknya ikuti beberapa cara seperti yang akan dibahas berikut ini.

Menjadi Anggota Pengurus BEM

BEM yang merupakan kependekan dari Badan Eksekutif Mahasiswa adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat kampus. Dengan mengikuti BEM kamu dapat menambah relasi pada saat masih kuliah dengan berbagai mahasiswa lain dari berbagai jurusan dan juga prodi. Ini adalah salah satu cara memperbanyak koneksi ketika kamu masih aktif menjadi mahasiswa. Karena pada dasarnya, seluruh anggota BEM adalah mahasiswa aktif dari kampus tersebut.

Ikut Menjadi Pengurus UKM Kampus

UKM sendiri adalah kependekan dari Unit Kegiatan Mahasiswa yang fungsinya adalah sebagai wadah para mahasiswa untuk melakukan  kegiatan diluar perkuliahan yang sesuai dengan minat, bakat dan keahlian tertentu. Beberapa contoh UKM yang ada di kampus adalah UKM Voli, UKM futsal, UKM musik, UKM Tari, UKM teater, UKM pramuka, UKM resimen mahasiswa dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengikuti salah satu yang kamu minati untuk menambah relasi dan koneksi.

Aktif di Lembaga Penelitian Kampus

Organisasi lain didalam kampus yang masih bisa kamu ikuti selagi menjadi mahasiswa aktif untuk menambah relasi adalah lembaga penelitian kampus. Tidak hanya dengan berbagai mahasiswa dari jurusan lain, dengan aktif di lembaga penelitian kampus kamu juga akan lebih dekat dengan dosen. Jadi di organisasi ini kamu akan bisa memperbanyak koneksi dengan civitas akademika kampus.

Banyak Bergaul Dengan Dosen

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menambah relasi adalah dengan banyak bergaul dengan dosen. Agar dapat dekat dengan dosen, kamu bisa menawarkan diri membantu beberapa pekerjaannya seperti penelitian, mengajar atau aktivitas lainnya. Banyak bergaul dengan dosen dapat memperbanyak koneksi yang akan kamu butuhkan ketika sudah lulus nanti. Terlebih jika kamu adalah mahasiswa berprestasi, tidak menutup kemungkinan bisa jadi asisten dosen.

Menjadi Seorang Relawan

Tidak hanya didalam kampus, namun kamu juga bisa menambah relasi di luar kegiatan kuliah. Salah satunya adalah dengan menjadi relawan. Kamu dapat menjadi relawan yang sesuai dengan minat atau keahlianmu. Bisa jadi relawan bencana, relawan pengajar, relawan sosial dan lain sebagainya. Tidak hanya dengan orang kampus, disini kamu juga bisa memperbanyak koneksi dengan orang yang memiliki latar belakang beragam seperti pegawai, karyawan, polisi, tentara, pengusaha, pedagang, pengrajin  dan lain sebagainya.

Baca Juga:
  1. 9 Masalah Ini Sering Dialami Mahasiswa Saat Masa Kuliah
  2. 6 Tips Sukses Memilih Lokasi KKN Agar Kegiatan Berjalan Lacar
  3. 6 Cara Memilih Judul Skripsi Yang Mudah dan Cepat Selesai

Mengikuti Komunitas Sesuai Minat

Masih terkait dengan kegiatan diluar kampus, kamu juga bisa menambah relasi dengan mengikuti komunitas sesuai dengan minatmu. Namun dalam bergabung kedalam komunitas seperti ini kamu harus selektif. Pilihlah komunitas yang benar-benar memiliki tujuan positif dan tidak hanya sekedar kumpul-kumpul saja. Terlebih melakukan kegiatan yang sifatnya melanggar hukum. Beberapa komunitas yang  bisa kamu ikuti antara lain, komunitas motor, komunitas keagamaan, komunitas binatang peliharaan dan lain-lain.

Mengikuti Seminar Yang Edukatif

Selanjutnya, kamu juga bisa menambah relasi dengan mengikuti seminar. Sebagai seorang mahasiswa, tentu mengikuti seminar bukanlah hal yang asing. Selain dapat memperbanyak koneksi, mengikuti seminar seperti ini juga akan menambah ilmu serta wawasanmu. Semakin banyak seminar yang kamu ikuti, maka relasi dan koneksi yang terbangun akan semakin banyak. Kamu boleh mengikuti berbagai macam seminar dengan topik dan tema yang sesuai jurusan ataupun yang diluar jurusan.

Mencoba Magang di Perusahaan

Cara terakhir sebagai upaya untuk menambah relasi ketik masih kuliah adalah dengan magang di perusahaan. Ketika magang, sebaiknya jangan terlalu memikirkan gaji yang diberikan terlebih dahulu. Karena pada dasarnya tujuan kamu adalah untuk memperbanyak koneksi. Tidak digaji sekalipun jika kamu bisa magang di perusahaan bonafit maka itu sudah jadi keuntungan tersendiri. Selain banyak relasi, dengan magang kamu juga akan mendapat banyak pengalaman di dunia kerja.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menambah relasi dan koneksi pada saat masih kuliah. Dengan membaca artikel diatas, diharapkan kamu tidak lagi bingung untuk mencari koneksi yang bermanfaat ketika kamu sudah lulus nanti. Mencari relasi itu sangat penting, karena mereka yang kamu kenal memiliki banyak informasi dan pengalaman yang tidak pernah kamu ketahui sebelumnya. Maka dari itu, banyaknya koneksi juga bisa meningkatkan wawasan kamu dalam kehidupan.

7 Cara Menambah Relasi dan Koneksi Pada Saat Masih Kuliah