9 Masalah Ini Sering Dialami Mahasiswa Saat Masa Kuliah

Banyak orang mengatakan bahwa menjadi mahasiswa adalah masa-masa paling asik. Menyandang status mahasiswa juga menjadi impian banyak anak khususnya di Indonesia. Masa kuliah dianggap sebagai masa dimana seseorang menuju kedewasaan dari segi sikap maupun moral. Seorang mahasiswa harus bisa belajar menjadi lebih dewasa baik didalam maupun diluar kampus. Terkadang, masa kuliah seperti ini juga menjadi masa dimana seseorang mencari jati dirinya.

Menempuh pendidikan dibangku kuliah memang terlihat begitu menyenangkan. Disini seorang mahasiswa dapat menemukan lingkungan baru serta bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang agama, ras, suku dan budaya. Pada masa kuliah ini mereka juga menemukan banyak teman baru dari berbagai daerah. Lebih menyenangkan lagi, pada masa kuliah seorang mahasiswa akan mendapat banyak pengalaman baru ketika bersosialisasi di kampus, organisasi, maupun masyarakat.

9 Masalah Ini Sering Dialami Mahasiswa Saat Masa Kuliah

Saat ini mengenyam bangku kuliah sudah menjadi hal yang umum dimana biaya kuliah sudah bisa dijangkau oleh banyak kalangan masyarakat mulai dari bawah hingga atas. Maka dari itu, jumlah anak yang melanjutkan sekolah tinggi juga meningkat dari tahun ke tahun. Mereka beranggapan bahwa dengan menjadi mahasiswa yang menempuh pendidikan dibangku kuliah dapat mengubah nasib mereka dimasa depan kelak.

9 Masalah Yang Sering Dialami Oleh Mahasiswa Ketika Kuliah

Menyandang status mahasiswa ternyata tidak selamanya enak. Akan ada banyak masalah-masalah yang harus dihadapi dimasa kuliah. Setiap mahasiswa pasti pernah merasakannya, tidak terkecuali bagi kamu yang membaca tulisan ini. Jika saat ini kamu belum kuliah, mungkin nanti saat berstatus mahasiswa akan merasakannya. Maka dari itu, kamu harus bersiap dari sekarang untuk menghadapinya. Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering dialami mahasiswa saat masa kuliah.

Biaya Kuliah Yang Menjadi Kendala

Seorang mahasiswa yang orang tuanya berada pasti tidak akan merasakan hal ini. Namun bagi mahasiswa yang pendapatan orang tuanya pas-pasan tentu hal ini jadi sebuah masalah. Biaya kuliah yang tinggi kadang bisa saja memberatkan orang tua. Terlebih jika harus membayar biaya lain-lain yang jumlahnya juga tidak sedikit. Hal ini memang sering jadi masalah, namun mahasiswa yang kretif biasanya akan mencari uang tambahan untuk membantu orang tua membayar biaya kuliah.

Uang Saku Yang Selalu Mepet

Uang saku terkadang juga jadi masalah serius bagi seorang mahasiswa. Terlebih bagi mereka yang datang dari keluarga pas-pasan atau memang dibiasakan mandiri oleh orang tuanya. Biasanya mereka hanya mendapatkan uang saku yang selalu mepet. Apalagi jika mahasiswa tersebut harus menempuh kuliah diluar kota yang jaraknya cukup jauh dari kampung halaman. Ada kebutuhan diluar biaya kuliah yang harus dipenuhi seperti, sewa kost, makan sehari-hari, uang bensin dan juga uang jajan.

Tugas Dari Dosen Yang Menumpuk

Selain masalah eksternal seperti dua hal diatas, ternyata masalah internalnya justru malah lebih banyak. Salah satunya adalah tugas dari dosen yang menumpuk. Terlebih jika setiap mata kuliah pas lagi ada tugas, tidak jarang banyak mahasiswa yang pusing tujuh keliling. Jika tidak dikerjakan akan mendapat nilai jelek, namun saat akan dikerjakan mau mulai dari mana dulu.

Bertemu Dosen Yang Kuwalitasnya Kurang Baik

Salah satu masalah yang juga akan menjadi pengalaman lucu bagi seorang mahasiswa saat kuliah adalah bertemu dengan dosen yang kuwalitasnya kurang baik. Dosen dengan kapasitas tidak sesuai seperti pasti akan dijumpai oleh mahasiswa. Hal ini akan jadi masalah karena dosen yang tidak memiliki kapasitas akan membuat mahasiswa tidak dapat memahami materi kuliah sehingga mereka harus memiliki inisiatif belajar sendiri entah dari internet atau buku.

Merasa Jurusan Yang Diambil Tidak Sesuai

Masalah lain yang sangat sering dialami oleh mahasiswa adalah merasa jurusan yang diambil tidak sesuai. Padahal bangku kuliah sudah ditempuh beberapa semester namun rasa "salah jurusan" itu tiba-tiba muncul ditengah jalan. Hal ini kerap jadi dilema bagi para mahasiswa yang mengalaminya. Tidak jarang diantara mereka yang goyah sehingga memutuskan keluar jurusan dan berganti ke jurusan yang lain. Hal ini bisa menyita waktu dan menghambat waktu kuliah sehingga jadi molor.

Baca Juga:
  1. Kenapa Sistem Pendidikan Di Indonesia Tidak Baik? Ini 8 Alasannya
  2. 7 Alasan Mengapa Sekolah Tidak Penting Menurut Deddy Corbuzier
  3. Kenapa Lulusan Kuliah Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Ini 8 Alasannya

Konflik Dengan Mahasiswa Jurusan Lain

Didalam lingkungan kampus terdapat berbagai macam fakultas dan jurusan dengan mahasiswa yang latar belakangnya beragam. Terkadang dalam berinteraksi antara mahasiswa satu dan mahasiswa lainnya terdapat perbedaan pendapat dan pandangan yang bisa menimbulkan konflik. Konflik dengan mahasiswa jurusan lain seperti ini bisa jadi masalah serius jika tidak segera diselesaikan. Konflik kecil bisa menimbulkan kerusuhan besar. Maka dari itu, masalah seperti ini sebisa mungkin harus bisa dihindari.

Skripsi Yang Tak Kunjung Selesai

Masalah klasik yang paling sering kita dengar dari seorang mahasiswa adalah skripsi yang tak kunjung selesai. Skripsi bisa dikatakan sebagai pertempuran akhir menuju kelulusan. Tak heran jika banyak mahasiswa yang berjuang hidup mati hanya untuk menyelesaikan skripsi sesuai dengan target waktu yang ditentukan. Namun terkadang ada saja kendala sehingga membuat skripsi tidak kunjung selesai.

Nilai IPK Yang Tidak Sesuai Harapan

Satu masalah yang sering sekali disesali oleh para mahasiswa adalah nilai IPK yang tidak sesuai dengan harapan. Mereka biasanya menyesali nilai IPK yang tidak sesuai harapan setelah wisuda atau pendidikan tinggi yang ditempuh selesai. Nilai IPK sangat berpengaruh sebagai pertimbangan dalam melamar pekerjaan, tak heran jika banyak mahasiswa yang sedih saat melihat nilai IPK yang keluar tidak sesuai harapan.

Bingung Mau Ngapain Setelah Selesai Kuliah

Masalah terakhir yang pasti akan dialami oleh semua  mahasiswa adalah bingung mau ngapain saat nanti masa kuliah sudah selesai. Hal ini menjadi dilema mengingat pada jaman sekarang mencari lapangan kerja amat sangat sulit. Selain itu, persaingan kerja yang semakin ketat juga membuat kesempatan diterima kerja semakin tipis. Tidak heran jika banyak mahasiswa yang selesai kuliah dilema antara mau bekerja atau berwirausaha.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai masalah-masalah yang sering dialami oleh mahasiswa saat masa kuliah. Bagi kamu yang baru akan menempuh pendidikan tinggi, 9 hal diatas bukanlah untuk menakut-nakuti, namun kamu diharapkan menjadi lebih siap untuk menghadapi segala kemungkinan yang tidak pernah diduga sebelumnya. Intinya, menyandang status mahasiswa tidak selalu menyenangkan seperti yang dibayangkan. Namun terkadang akan dihadapkan pada masalah-masalah yang harus kita cari solusinya.

9 Masalah Ini Sering Dialami Mahasiswa Saat Masa Kuliah