6 Tips Sukses Memilih Lokasi KKN Agar Kegiatan Berjalan Lacar

Kuliah kerja nyata atau biasa disingkat dengan KKN adalah kegiatan yang harus diikuti oleh mahasiswa sebagai bagian dari pengabdian masyarakat. Kegiatan KKN sendiri menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang sifatnya wajib bagi para mahasiswa. Membahas mengenai KKN, tidak lepas dari pemilihan lokasi yang tepat supaya kegiatan dapat berjalan dengan baik. Memilih lokasi KKN bisa dibilang susah-susah gampang karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Memilih lokasi KKN yang baik adalah hal penting karena menentukan keberhasilan dari penyelenggaraannya itu sendiri. Lokasi KKN memang harus disesuaikan dengan tema yang diusung serta disesuaikan dengan program kerja yang akan dijalankan. Jika seorang mahasiswa punya program kerja dibidang pertanian maka tidaklah mungkin ia bisa menggelar kegiatan kuliah kerja nyata di daerah pesisir pantai. Bisa dibilang pemilihan lokasi KKN harus relevan dengan keahlian dari mahasiswa itu sendiri.

6 Tips Sukses Memilih Lokasi KKN Agar Kegiatan Berjalan Lacar

Biasanya mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan KKN bergabung kedalam sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa orang. Setiap kelompok umumnya terdiri dari 10-20 mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas yang berbeda. Tiap-tiap kelompok dan mahasiswa diharuskan menyusun sebuah program kerja yang bisa diterapkan didalam masyarakat. Biasanya, mereka bisa mengaplikasikan teori-teori yang selama ini didapat dibangku kuliah untuk mengabdi pada masyarakat.

Lalu Bagaimana Cara Memilih Lokasi KKN Yang Tepat?

Merencanakan kegiatan KKN termasuk membuat program kerja akan dibarengi dengan cara memilih lokasi KKN yang tepat supaya kegiatan bisa berjalan dengan lancar. Sebelum benar-benar menentukan lokasi KKN, biasanya para mahasiswa yang akan terlibat akan mencari serta melakukan survei lokasi dalam beberapa waktu. Lalu apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan oleh mahasiswa dalam memilih lokasi KKN? Simak penjelasannya berikut ini.

Masyarakat Sekitar Mau Menerima

Pertimbangan pertama dalam memilih lokasi KKN adalah antusiasme dari masyarakat sekitar itu sendiri. Ketika menyelenggarakan KKN, posisi mahasiswa adalah tamu bagi para penduduk disana. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa masyarakat sekitar mau menerima keberadaanmu dan rekan-rekanmu. Hal ini cukup penting sebagai langkah awal meraih kesuksesan dalam penyelenggaraan KKN. Secara logika, jika masyarakat disana saja kurang antusias dengan kegiatanmu, lalu bagaimana bisa seluruh agenda bisa berjalan dengan lancar.

Penduduk Lokasi Benar-benar Membutuhkan

Lalu yang kedua, pastikan penduduk sekitar dimana kamu memilih lokasi KKN benar-benar membutuhkan entah itu dari segi materi maupun edukasi. Memilih lokasi KKN yang penduduknya benar-benar membutuhkan kehadiranmu akan membuat berbagai program kerja yang telah disusun bisa berjalan dengan baik. Pada dasarnya, tujuan mahasiswa menggelar KKN adalah mengabdi pada masyarakat yang artinya kehadiran mereka harus berguna bagi masyarakat tersebut.

Jauh Dari Pusat Kota

Sebaiknya, kamu memilih lokasi KKN yang agak jauh dari pusat kota. Ini adalah salah satu hal yang bisa menentukan sukses atau tidaknya kegiatan yang akan kamu gelar. Masyarakat yang jauh dari pusat kota biasanya sikap gotong-royongnya masih sangat terjaga sehingga sangat cocok untuk mahasiswa KKN yang notabene melibatkan penduduk hampir dalam setiap kegiatan. Penduduk yang jauh dari pusat kota juga akan lebih mudah untuk di edukasi.

Masyarkat Bisa Diajak Kerjasama

Satu lagi kriteria yang sangat penting dan tidak boleh kamu lewatkan dalam memilih lokasi KKN yaitu jaliman kerja sama dari masyarakat itu sendiri. Sebaik-baiknya lokasi KKN adalah yang penduduknya mau dan mudah untuk diajak kerja sama. Kerjasama adalah salah satu kunci sukses dari penyelenggaraan suatu kegiatan termasuk KKN. Terlebih lagi sebagian besar kegiatan KKN tersebut melibatkan masyarakat. Jika masyarakatnya saja susah diajak kerja sama, maka program kerja tidak bisa berjalan.

Baca Juga:
  1. Kenapa Lulusan Kuliah Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Ini 8 Alasannya
  2. 12 Hal Yang Dapat Membuat Generasi Milenial Jadi Lebih Sukses
  3. 9 Masalah Ini Sering Dialami Mahasiswa Saat Masa Kuliah

Hindari Memilih Lokasi Yang Masih Sakral

Sebagian dari kalian mungkin tidak begitu mempercayai tentang apa yang dibahas pada poin ini. Namun paling tidak hal ini bisa jadi salah satu pertimbanganmu dalam memilih lokasi KKN. Sebaiknya kamu menghindari pemilihan lokasi yang daerahnya masih sakral dan masih sangat kental akan nuansa mistisnya.

Kenapa hal ini perlu penulis sampaikan? Karena pada kenyataannya, sudah banyak kejadian dimana mahasiswa KKN yang tidak terbiasa dengan kesakralan suatu daerah berbuat hal-hal yang sifatnya terlarang hingga akhirnya mencelakai dirinya bahkan rekan-rekannya.

Pemerintah Desa Mau Mendukung

Terakhir ini juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan dalam memilih lokasi KKN. Yaitu peran pemerintah desa terhadap kegiatan KKN itu sendiri. Dukungan dari pemerintah desa tempat KKN akan membuat seluruh kegiatan semakin berjalan dengan lancar. Hal ini disebabkan oleh kepercayaan masyarakat lokasi KKN terhadap mahasiswa jika didukung sepenuhnya oleh pemerintah desa. Biasanya dukungan semacam ini akan membuat masyarakat semakin tambah antusias.

Penutup

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh mahasiswa dalam memilih lokasi KKN yang tepat. Dengan mempelajari pembahasan diatas, diharapkan mahasiswa yang akan melakukan kegiatan KKN dapat memilih lokasi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Selama ini banyak mahasiswa yang tidak tepat memilih lokasi KKN sehingga membuat mereka kurang nyaman selama kegiatan berlangsung. Hal ini perlu dihindari supaya mahasiswa benar-benar bisa mengabdikan dirinya terhadap masyarakat yang sesungguhnya.

6 Tips Sukses Memilih Lokasi KKN Agar Kegiatan Berjalan Lacar