6 Cara Memilih Judul Skripsi Yang Mudah dan Cepat Selesai

Skripsi adalah salah satu tugas wajib yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa strata 1 (S1) untuk mendapatkan gelar sarjana. Skripsi sendiri berbentuk sebuah karya ilmiah serta disusun berdasarkan kaidah tertentu yang sistematis dan berpedoman pada ketentuan tertentu pada sebuah kampus. Salah satu proses awal yang paling sulit adalah mencari dan memilih judul skripsi. Salah satu strategi dalam membuat judul skripsi, mahasiswa memilih yang mudah dan cepat selesai.

Dalam proses membuat skripsi, biasanya akan ada banyak kendala yang harus dihadapi. Terlebih jika dalam memilih judul skripsi dilakukan secara asal-asalan. Maka seorang mahasiswa akan kesulitan menyelesaikan skripsinya tersebut akibat proses perencanaan dan juga eksekusi yang kurang matang. Biasanya masalah seperti ini akan berdampak pada waktu pengerjaan skripsi yang jadi molor. Maka dari itu, tema skripsi sejak awal harus dicari dengan pertimbangan matang.

6 Cara Memilih Judul Skripsi Yang Mudah dan Cepat Selesai

Dalam proses memilih judul skripsi yang baik dan benar, harus dilakukan melalui beberapa analisa yang tepat supaya topik atau tema yang dibahas dalam karya ilmiah tersebut bisa dikerjakan sesuai dengan harapan penyusun. Karena banyaknya mahasiswa yang kurang memahami cara mencari judul, akibatnya banyak diantara mereka yang kesulitan ditengah jalan. Namun, hal ini bukanlah alasan untuk putus asa. Terlebih skripsi merupakan sebuah maha karya dalam menyelesaikan kuliah.

Tips Mencari dan Membuat Judul Skripsi Yang Mudah dan Cepat Selesai

Kesulitan dalam menyusun skripsi dapat diminimalisir jika sejak awal memilih judul dilakukan dengan baik dan benar. Selain itu, konsep mahasiswa dalam membuat kerangka juga penting sebagai salah satu pedoman untuk menyelesaikannya secara mudah dan cepat. Lalu bagaimana cara mencari dan membuat judul skripsi yang baik dan benar? Simak penjelasan berikut ini.

Cari Judul Berdasarkan Masalah

Kebanyakan mahasiswa saat ini memilih judul skripsi yang menurut dia terlihat bagus saja tanpa adanya analisa terhadap permasalahan yang bisa diangkat. Padahal yang benar adalah sebaliknya, mahasiswa harus melakukan analisa dan observasi lapangan untuk menemukan masalah yang bisa diangkat kemudian dijadikan sebagai topik atau tema skripsi. Kamu akan lebih mudah dan cepat menyelesaikan skripsi dengan judul yang diangkat dan dibuat atas observasi masalahnya terlebih dahulu.

Pilih Topik Yang Kamu Pahami

Dalam memilih judul skripsi, kamu jangan mengedepankan gengsi dengan memilih tema atau topik yang dianggap hebat dan keren namun malah membuatmu kesulitan menyelesaikannya. Bagaimanapun juga, sebuah skripsi tidak bisa dilihat dari hebat atau tidaknya judul, namun bagaimana pembahasan yang dituangkan. Lebih baik pertimbangkan alokasi waktu agar kamu bisa lulus tepat waktu dengan mengambil judul dengan topik yang sangat kamu pahami.

Relevan Dengan Disiplin Ilmu Kamu

Percaya atau tidak, memilih judul skripsi yang relevan dengan disiplin ilmu yang kamu pelajari saat ini akan membuat kamu lebih mudah serta cepat dalam menyelesaikannya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya referensi ilmu yang sudah kamu pelajari selama ini. Jadi dengan mengangkat topik sesuai dengan disiplin ilmu kamu akan lebih mudah mendapatkan ide dan mencari solusi ketika ditengah jalan menemukan banyak permasalahan.

Perbanyak Terjun Dilapangan

Dengan memperbanyak terjun dilapangan maka kamu akan menemukan banyak topik yang bisa diangkat. Observasi secara langsung dilapangan akan mempermudah kamu mengerucutkan ide untuk memilih judul skripsi yang matang. Terjun dan mengamati lapangan secara langsung akan memberikan kamu banyak sekali informasi dan gagasan terkait permasalahan yang kamu angkat dalam karya tulis. Ini adalah hal baik karena kamu akan lebih mudah dalam menyelesaikan skripsi.

Pertimbangkan Dana Yang Dibutuhkan

Dalam memilih judul skripsi, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan dana yang dibutuhkan untuk kebutuhan selama proses penyelesaian seperti biaya penelitian, uang bensin, media penelitian, ongkos print dan lain sebagainya. Jika alokasi dana kamu pas-pasan lebih baik cari judul yang bisa terselesaikan dengan dana tersebut. Karena penelitian dengan anggaran besar juga dapat menghambat dan menyita waktu kamu untuk menyelesaikannya.

Pastikan Banyak Referensi Pada Topik

Salah satu hal penting yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih judul skripsi adalah banyaknya referensi yang tersedia. Referensi bisa saja berbentuk buku, jurnal, artikel ilmiah ataupun karya tulis lainnya. Semakin banyak referensi pada judul yang kamu pilih, maka akan semakin mudah pula kamu mengerjakannya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya sumber rujukan yang bisa kamu gunakan sebagai sumber inspirasi.

Belajar Dari Seminar Skripsi Orang Lain

Seminar skripsi dari orang lain juga dapat membuat kamu memperoleh ide untuk memilih judul skripsi. Ini juga bisa menjadi salah satu alternatif referensi diluar buku, jurnal, artikel ilmiah ataupun karya tulis yang lain. Pengalaman dari seniormu sangat berharga dan tidak pernah kamu dapatkan dalam teori mata kuliah. Maka dari itu, kamu harus banyak-banyak belajar dari seminar skripsi kakak tingkatmu mulai sejak dini.

Rajin Baca Jurnal Dan Artikel Ilmiah

Jurnal dan artikel ilmiah adalah dua jenis karya tulis yang hampir mirip dengan skripsi. Hanya saja pada pada jurnal dan artikel ilmiah pembahasannya tidak kompleks seperti halnya skripsi. Namun dengan banyak membaca jurnal dan artikel ilmiah dapat memberimu inspirasi dalam memilih judul skripsi. Selain itu, kamu juga akan mengingat banyak referensi yang sewaktu-waktu kamu butuhkan  ketika proses menyelesaikan skripsi.

Baca Juga:
  1. 6 Tips Sukses Memilih Lokasi KKN Agar Kegiatan Berjalan Lacar
  2. 9 Masalah Ini Sering Dialami Mahasiswa Saat Masa Kuliah
  3. Kenapa Lulusan Kuliah Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Ini 8 Alasannya

Pilih Judul Yang Punya Nilai Manfaat

Selain mudah dan bisa cepat terselesaikan, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan nilai manfaat dalam memilih judul skripsi. Dengan mengedepankan nilai manfaat untuk orang lain, percayalah bahwa niat baik kamu ini akan didengar oleh tuhan sehingga semua jalanmu dalam menyusun skripsi akan lebih dimudahkan. Meskipun berbagai macam rintangan akan selalu menghadang, namun tuhan akan selalu memberikan solusi yang terbaik untuk melewatinya.

Mintalah Saran dan Masukan

Agar kamu dapat memilih judul skripsi yang sekiranya mudah dan bisa cepat terselesaikan. Maka, mau tidak mau kamu harus banyak-banyak meminta saran dan masukan kepada orang-orang yang lebih berpengalaman seperti dosen lain yang kamu kenal, kakak tingkat atau alumni kampusmu. Orang-orang ini memiliki banyak pengalaman dan pelajaran dari waktu lampau yang harus kamu gali. Dengan begini, kamu akan memiliki gambaran yang lebih terang dalam menentukan topik atau tema skripsi.

Sediakan Judul Skripsi Alternatif

Sebelum benar-benar terjun di medan pertempuran, biasanya seseorang akan membuat strategi. Tidak hanya satu, namun ada beberapa strategi bayangan untuk berjaga-jaga jika strategi utama tidak bisa dilaksanakan dengan baik. Begitu pula ketika kamu memilih judul skripsi, sebaiknya siapkan plan A, plan B dan plan C untuk berjaga-jaga. Dalam artian kamu harus menyiapkan dua buah judul selain judul utama untuk sebagai cadangan jika judul utama tidak sesuai harapan.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memilih judul skripsi yang mudah dan cepat selesai. Setiap mahasiswa memang berhak menentukan sendiri topik dan tema apa yang akan ia angkat dalam karya ilmiahnya. Namun yang paling baik adalah mencari judul skripsi yang memang dikuasai supaya bisa diselesaikan. Karena pada hakekatnya adalah melewati tugas akhir secara baik dan benar dan lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang baik.

6 Cara Memilih Judul Skripsi Yang Mudah dan Cepat Selesai