Terbaik! Ini 8 Cara Mengajari Anak Belajar di Rumah

Belajar adalah salah satu cara yang bisa membuat anak jadi pintar. Tidak hanya di lingkungan sekolah, proses belajar mengajar juga dapat dilakukan di rumah. Tentu suasana belajar di rumah berbeda dengan di sekolah karena orang tua berperan langsung dalam proses belajar anak. Sebagai orang tua sekaligus guru dirumah, Anda harus tahu cara mengajari anak belajar di rumah dengan baik dan benar. Hal ini akan membuat proses belajar jadi lebih efektif dan efisien.

Mengajari anak belajar dirumah agar bisa memahami apa yang diajarkan memang tidaklah mudah. Kebanyakan anak merasa proses belajar di rumah dengan di dampingi orang tua itu kurang serius. Nah disinilah salah satu fungsi orang tua untuk merubah cara pandang anak tersebut. Sebisa mungkin Anda harus bisa membuat suasana belajar yang santai namun serius. Selain itu, jangan sampai ada tekanan ketika meyuruh anak belajar di rumah karena dapat membuat konsentrasinya bubar.

Terbaik! Ini 8 Cara Mengajari Anak Belajar di Rumah

Salah satu cara terbaik mengajari anak belajar dirumah adalah dengan pendekatan persuasif. Selain itu, orang tua juga harus menyediakan fasilitas belajar yang disukai oleh anak entah itu ruangan, meja, atau alat tulisnya. Sebisa mungkin anak harus merasa nyaman dan juga semangat selama proses belajar meskipun didampingi oleh orang tuanya sendiri. Karen pada umumnya, banyak orang tua mengeluhkan kondisi anaknya yang sulit untuk diajak belajar namun cenderung memilih untuk bermain.

Tips Mengajari Anak Sendiri Belajar Dari Rumah Dengan Baik dan Benar

Selama ini banyak orang tua yang menganggap bahwa mengajari anak belajar  di rumah itu susah. Mereka beralasan bahwa anak akan jadi tidak fokus dan lebih suka bermain. Namun anggapan ini terjadi karena kesalahan orang tua yang tidak dapat membuat kondisi belajar dirumah menjadi suatu kebutuhan. Maka dari itu, sebagai orang tua, Anda harus mengetahui beberapa hal berikut ini agar anak mau belajar dirumah.

Sediakan Fasilitas Belajar Yang Nyaman

Sebagai orang tua, sudah kewajiban Anda untuk menyiapkan berbagai kebutuhan anak termasuk pendidikan. Salah satunya adalah fasilitas belajar di rumah. Salah satu kunci sukses mengajari anak belajar di rumah yang pertama adalah kenyamanan dalam belajar. Anda dapati membuat ruang tersendiri sebagai tempat belajar dengan furniture dan ornamen yang disukai anak. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan beberapa fasilitas yang menarik seperti alat tulis, buku, dan lain-lain. Hal-hal semacam ini akan membuat anak semangat dalam belajar.

Sementara Singkirkan Hal-hal Yang Ia Sukai

Ketika Anda ingin mengajari anak belajar di rumah, singkirkan berbagai hal yang Ia sukai seperti mainan, televisi, gadget atau sejenisnya. Barang-barang seperti ini hanya akan membuat anak tidak dapat fokus dalam belajar. Namun jika Anda sudah punya ruangan khusus untuk belajar, maka ini akan jauh lebih baik. Ini adalah salah satu cara untuk melatih kedisiplinan pada anak ketika waktu belajar tiba. Dengan suasana seperti ini, suasana belajar akan jadi lebih serius sehingga apa yang dipelajari benar-benar bisa masuk ke otak.

Awali Dengan Menyelesaikan Tugas Sekolah

Pada poin ini kita akan memasuki cara mengajari anak belajar di rumah secara baik dan benar. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengawali proses belajar menyelesaikan tugas-tugas dari sekolah untuk esok hari. Kenapa tugas sekolah harus didahulukan? Karena hal ini dapat membuat anak lebih semangat karena mereka merasa tugas sekolah adalah tanggung jawab. Seperti halnya orang berolah raga, membuat PR dapat dijadikan sebagai pemanasan untuk memulai belajar yang lebih serius lagi.

Jangan di Dikte dan Diberi Kunci Jawaban

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua ketika membantu mengerjakan tugas anaknya adalah mendikte atau bahkan memberinya kunci jawaban secara langsung. Ini adalah sebuah kesalahan yang dapat membuat anak jadi malas dan suka menyontek. Ia jadi tidak terbiasa mencari dan menemukan jawaban sendiri atas tugas-tugasnya. Maka dari itu, sebaiknya hindari mendikte atau memberi kunci jawaban kepada anak secara langsung. Tugas Anda sebaiknya hanya mengoreksi saja.

Beri Stimulus dan Kisi-kisi Dari Inti Materi

Sebagai ganti guru di sekolah, Anda juga tidak mungkin membiarkan anak menyelesaikan tugas sendirian. Nah, sebagai orang tua, Anda juga berhak membantunya namun bukan dengan cara mendikte atau memberikan kunci jawaban. Namun, lebih baik Anda membantu dengan memberikan stimulus dan juga kisi-kisi terkait materi yang dikerjakannya. Dengan begini, esensi belajar masih tetap didapatkan meskipun dibantu oleh orang tua.

Ulangi Materi Yang Belum Dipahami Anak

Selama mengerjakan tugas, pasti anak akan menemukan materi yang dianggapnya sulit atau tidak bisa dipahami. Nah sebagai pendamping, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal semacam ini. Fungsinya untuk dijadikan bahan evaluasi ketika tugas sudah selesai dikerjakan. Anda bisa mengulangi materi yang tidak dipahami anak kemudian menjelaskannya secara rinci sampai paham. Lalu bagaimana jika anak sudah paham dengan semua tugasnya? Silahkan cari materi lain untuk diajarkan kepadanya.

Baca Juga:
  1. 10 Langkah Mengatasi Anak Yang Kecanduan Nonton Youtube
  2. 7 Cara Mudah Mengatasi Dampak Negatif Youtube Pada Anak
  3. 8 Cara Mengembangkan Bakat Anak Sejak Usia Dini

Dampingi Anak Hingga Selesai Belajar

Ketika mengajari anak belajar di rumah, sebaiknya dampingi mulai awal hingga selesai. Dengan begini kedekatan Anda dengan anak dalam proses belajar bisa makin tambah erat. Dalam proses pendampingan, sebaiknya Anda juga memberikan pelajaran atau wawasan lain jika materi sebelumnya sudah selesai dipelajari. Bisa mengambil materi dari bab selanjutnya atau mengambil materi dari buku lain dengan topik atau tema yang serupa.

Atur Jadwal Rutin Belajar di Rumah

Cara terakhir untuk mengajari anak belajar dirumah dengan baik dan benar adalah membuat jadwal. Buatlah jadwal rutin kapan waktu belajar yang tepat untuk anak. Dalam membuat jadwal seperti ini sebaiknya jangan membuat keputusan secara sepihak, namun libatkan anak untuk mencapai kesepakatan bersama. Ini adalah hal sepele namun dapat memberikan dampak luar biasa terutama pada semangat anak untuk belajar.

Sesekali Berikan Hadiah Sebagai Apresiasi

Nah, ini adalah poin tambahan yang perlu dipertimbangkan. Kelihatannya sangat sepele namun dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Sebaiknya berikan hadiah tertentu secara berkala sebagai apresiasi. Usahakan memberi hadiah yang bersifat edukatif namun tetap menyenangkan. Dengan catatan, Anda harus membuat target tertentu yang masih berkaitan dengan pembelajaran dan harus dicapai oleh anak. Ini adalah salah satu cara dalam merangsang semangat anak untuk giat belajar.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengajari anak belajar di rumah yang bisa Anda terapkan. Bagaimanapun juga, anak berhak memperoleh pendidikan baik itu ketika di sekolah ataupun dirumah. Pendidikan di rumah justru malah memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan anak dan menentukan masa depannya. Maka dari itu, sebagai orang tua, Anda harus mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh anak dimulai dari lingkungan keluarga.

Terbaik! Ini 8 Cara Mengajari Anak Belajar di Rumah