10 Penyebab Bisnis Cafe Bangkrut Ini Jangan Dianggap Remeh

Bisnis cafe kini semakin hari semakin menjamur di Indonsesia. Mulai dari kota hingga pelosok desa, bisnis kuliner yang memadukan tempat nongkrong ini dapat ditemukan dengan mudah. Akibat kurangnya pengetahuan, persiapan yang tidak matang serta persaingan yang semakin ketat, membuat usaha cafe yang dijalankan jadi sulit menguasai pasar. Tidak heran jika banyak bisnis cafe bangkrut di usia yang masih seumur jagung.

Menghindari masalah bisnis cafe bangkrut memang sesuatu yang sulit apabila dari awal konsep dan persiapannya tidak matang. Persaingan usaha kuliner khususnya cafe di Indonesia terkenal sangat ketat. Tak hanya perang rasa, namun juga menyangkut banyak kompetisi di berbagai sisi termasuk tempat makan dan keunikan menu masakan. Para pengusaha cafe yang tidak bisa adaptasi dengan jaman dan kebutuhan konsumen, maka peluangnya untuk bangkrut menjadi lebih besar.

Penyebab Bisnis Cafe Bangkrut

10 Penyebab Bisnis Cafe Bangkrut dan Gulung Tikar

Buat kamu yang saat ini punya usaha kuliner khususnya cafe, nampaknya kamu harus benar-benar mempersiapkan strategi yang sangat baik untuk memenangkan persaingan yang sangat ketat. Sebagai salah satu bahan pembelajaran supaya kamu menjadi lebih siap dalam berkompetisi, berikut ini akan kita bahas beberapa penyebab bisnis cafe bangkrut yang umumnya terjadi di Indonesia.

Kualitas Rasa Makanan Yang Tidak Sesuai Harapan

Bagaimanapun juga, kualitas makanan tetap menjadi senjata utama dalam bisnis kuliner untuk menarik pelanggan. Tak hanya berlaku bagi warung makan dan restoran, namun juga berlaku bagi pelaku usaha cafe. Selama ini masalah kualitas rasa makanan yang tidak sesuai menjadi penyebab utama bisnis cafe bangkrut. Karena pada dasarnya kualitas rasa yang ditawarkan akan menjadi daya tarik bagi para pelanggan agar mau datang kembali.

Menu Makanan Yang Tidak Bervariatif

Selain masalah rasa, penyebab lain kenapa bisnis cafe bangkrut adalah karena menu makanan. Cafe sangat identik dengan tempat nongkrong dan tempat berkumpul bersama orang-orang terdekat. Sedangkan setiap orang memiliki selera terhadap hidangan yang berbeda-beda. Antar satu dan lainnya tidak akan sama. Oleh karena faktor inilah kenapa banyak cafe yang tidak memiliki banyak pilihan menu menjadi cepat gulung tikar.

Harga Makanan Yang Terlalu Mahal

Mahal atau tidaknya sebuah makanan itu relatif. Namun yang jelas, harga makanan dapat dinilai dari kualitas rasa yang disajikan. Sebuah makanan yang sangat lezat pantas untuk dihargai mahal. Begitu juga sebaliknya. Selama ini banyak cafe yang mematok harga makanan dan minuman tidak sesuai dengan rasa yang dibayarkan pembeli. Sebagai contoh, apabila secangkir kopi hitam bisa dihargai 40.000 rupiah itu kemahalan.

Jarang Melakukan Inovasi

Kesalahan lain para pelaku usaha yang bisa menyebabkan bisnis cafe bangkrut adalah kurangnya inovasi. Pemilik cafe yang jarang melakukan inovasi sama halnya dengan membiarkan usahanya mati dimakan oleh jaman. Apalagi dengan persaingan usaha cafe yang semakin ketat dari berbagai bidang entah itu menu makanan, rasa makanan, dekorasi tempat, konsep yang diusung dan sebagainya. Maka dari itu agar bisnis cafe kamu tidak gulung tikar, selalu lakukan inovasi dan terobosan baru agar pembeli tidak bosan.

Tempat Yang Kurang Nyaman

Selanjutnya, tempat makan yang kurang nyaman juga bisa membuat bisnis cafe bangkrut. Kenyamanan cafe meliputi banyak aspek mulai dari dekorasi, kebersihan, pencahayaan, musik, ukuran bangunan, jarak antar pelanggan dan lain sebagainya. Apabila banyak aspek tersebut yang tidak dipenuhi, bisa jadi banyak pelanggan yang merasa tidak nyaman. Alhasil mereka kapok dan tidak mau datang lagi. Ini adalah kerugian besar mengingat keberhasilan bisnis cafe ada pada daya tarik.

Lokasi Yang Tidak Strategis

Satu hal yang tidak kalah penting adalah lokasi bangunan cafe itu sendiri. Menentukan lokasi usaha yang strategis itu amat sangat penting. Memilih tempat usaha cafe yang strategis dapat ditandai dengan banyaknya target pasar yang ada disekitar lokasi tersebut. Selain itu, keberadaan lokasi usaha yang ada di pusat keramaian dapat membuat cafe banyak dilihat dan diingat orang yang sering ke daerah sana. Lokasi usaha yang tidak strategis juga jadi penyebab bisnis cafe gulung tikar.

Cara Promosi Yang Salah

Promosi merupakan hal paling penting dalam usaha. Dengan promosi, kita melakukan proses sosialisasi kepada para calon konsumen terhadap bisnis yang dijalankan. Namun saat ini masih banyak pengusaha cafe yang salah dalam melakukan promosi. Bahkan banyak diantara mereka yang menggunakan cara konvensional dengan hanya memasang papan nama saja. Padahal di era modern seperti saat ini banyak media digital yang bisa digunakan untuk promosi. Kesalahan promosi ini akan membuat bisnis cafe bangkrut.

Baca Juga:
  1. Cara Promosi Bisnis Cafe di Media Sosial (Sosmed) Dengan Efektif
  2. Cara Membuat Cafe Yang Menarik dan Nyaman Untuk Pengunjung
  3. Ternyata Ini 10 Faktor Yang Membuat Cafe Banyak Pengunjung

Pelayanan Yang Tidak Baik

Dalam dunia usaha, terlebih dibidang jual beli, pelayanan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Apalagi yang kamu jalankan saat ini adalah bisnis cafe yang setiap hari berhadapan dan melayani pelanggan secara langsung. Selama ini buruknya pelayanan turut menyebabkan bisnis cafe bangkrut. Terlebih bagi mereka uang tidak punya SOP dan tidak pernah melakukan pelatihan terhadap para karyawan.

Pengaturan Keuangan Tidak Benar

Perputaran uang adalah kekuatan dalam berbisnis. Maka dari itu pengaturan keuangan sangat menentukan keberhasilan dalam berbisnis. Jika keuangan tidak diatur dengan baik, maka dapat menjadi penyebab bisnis cafe bangkrut. Terlebih manajemen keuangan untuk usaha kuliner jauh lebih rumit daripada pedagang biasa. Pengaturan  keuangan yang tidak benar bisa membuat kita sulit membedakan mana uang modal dan mana pendapatan.

Adanya Kesalahan Manajemen

Penyebab bisnis cafe bangkrut yang terakhir adalah kesalahan manajemen. Yang diatur dalam usaha tidak hanya masalah uang, namun juga hal-hal lain seperti manajemen konflik, manajemen pemasaran, manajemen karyawan, manajemen pelayanan dan lain sebagainya. Didalam bisnis, manajemen menjadi hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan usaha. Semakin buruk dan tidak tertata sebuah usaha maka akan semakin mudah hancur.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab bisnis cafe bangkrut yang tidak boleh kamu anggap remeh. Bukan untuk menakut-nakuti kamu yang tengah berjuang menjalankan bisnis cafe, namun pembahasan kali ini bertujuan sebagai bahan pelajaran supaya para pengusaha cafe lebih mempersiapkan diri dalam bersaing. Apabila salah satu penyebab diatas kini sedang kamu alami, maka segera lakukan evaluasi dan perbaikan secara bertahap.

10 Penyebab Bisnis Cafe Bangkrut Ini Jangan Dianggap Remeh