Cara Promosi Bisnis Cafe di Media Sosial (Sosmed) Dengan Efektif

Promosi bisnis cafe di media sosial atau biasa disebut dengan sosmed dapat menjadi pilihan alternatif yang tepat bagi para pengusaha bidang kuliner dengan konsep nongkrong seperti ini untuk menjaring pembeli lebih banyak. Melakukan pemasaran secara online memang sangat diperlukan di era digital mengingat banyaknya pengguna internet yang jumlahnya terus meningkat sehingga sangat cocok untuk dijadikan target pasar.

Mudahnya akses internet kini membuat segala macam informasi menyebar dengan cepat di masyarakat termasuk materi dan media promosi. Hal inilah yang harus kita manfaatkan dengan baik untuk melakukan pemasaran supaya dapat menjaring pelanggan lebih luas. Media sosial seperti Facebook dan Instagram yang banyak digunakan untuk berinteraksi di dunia maya, dapat menjadi sarana yang baik untuk mempromosikan bisnis cafe.

Cara Promosi Bisnis Cafe di Media Sosial (Sosmed) Dengan Efektif

Saat ini para pengusaha sudah mulai memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi usaha mereka termasuk bisnis cafe yang kini mulai naik daun. Pelanggan cafe yang rata-rata adalah usia remaja hingga orang dewasa kebanyakan menjadi pengguna aktif sosial media sehingga sarana ini sangat relevan untuk dijadikan media promosi.

Langkah Mudah Melakukan Promosi Cafe Di Facebook dan Instagram

Untuk mulai melakukan promosi cafe di media sosial seperti Facebook dan Instagram dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Meski bisa dibilang cukup mudah, namun kita tidak bisa melakukannya secara asal-asalan. Ini dapat membuat pemasaran cafe secara online yang kita lakukan menjadi tidak efektif dan tidak bisa tersampaikan dengan baik kepada target pasar. Untuk itu simaklah langkah-langkah melakukan promosi cafe di Facebook dan Instagram berikut ini.

Membuat Akun Khusus

Buatlah akun khusus untuk mewakili bisnis cafe di kedua media sosial diatas yaitu Facebook dan Instagram. Akun yang dibuat ini nantinya akan difungsikan sebagai sarana promosi secara penuh untuk menampilkan konten-konten terkait bisnis cafe anda. Akun khusus seperti ini dapat memudahkan pengguna media sosial dalam mengenali bisnis cafe yang anda promosikan. Membuat akun khusus akan jauh lebih efektif dalam menyampaikan informasi kepada target pasar daripada menggunakan akun pribadi.

Membuat Portofolio Yang Menarik

Dalam dunia pemasaran, portofolio adalah hal paling tepat yang digunakan untuk menunjukkan latar belakang dari usaha itu sendiri. Didalam portofolio biasanya memuat berbagai konten yang menunjukkan apa yang dapat ditawarkan dari sebuah bidang usaha untuk para konsumennya. Dalam hal ini, sebagai pemilik cafe anda dapat memuat berbagai macam konten seperti menu makanan, konsep cafe, fasilitas cafe, lokasi cafe serta hal lain yang menarik untuk pelanggan.

Tampilkan Gambar Menu Makanan Yang Menggoda

Sebagai bisnis dibidang kuliner, makanan dan minuman tentu akan menjadi produk utama dari sebuah cafe yang dapat ditawarkan kepada para pembelinya. Berbagai macam hidangan yang disajikan dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk para calon pelanggan cafe. Oleh karena itu, manfaatkan media visual dari Facebook dan Instagram untuk menampilkan gambar-gambar menu makanan yang menggoda.

Buat Penawaran Harga Menarik

Selama ini, cafe memiliki citra sebagai tempat yang menyajikan makanan dengan harga yang tidak murah. Anggapan negatif seperti ini dapat anda siasati dengan memberikan penawaran harga menarik kepada para pelanggan cafe. Anda dapat membuat program paket hemat atau hidangan dengan harga murah meriah untuk ditampilkan di akun media sosial. Ini adalah cara efektif untuk menarik minat pelanggan terutama mereka yang ingin berhemat untuk datang ke cafe anda.

Baca Juga:
  1. Cara Membuat Cafe Yang Menarik dan Nyaman Untuk Pengunjung
  2. Ternyata Ini 10 Faktor Yang Membuat Cafe Banyak Pengunjung 
  3. Waktu Yang Tepat Untuk Promosi di Facebook dan Instagram

Tonjolkan Keunikan Serta Ciri Khas

Sebuah cafe tidak hanya dijadikan sebagai tempat makan untuk mengisi perut yang lapar, namun juga dijadikan sebagai alternatif tempat nongkrong bersama orang terdekat seperti pasangan, teman, sahabat maupun kolega. Dalam hal ini keunikan serta ciri khas dari konsep cafe yang anda usung dapat dipertimbangkan. Untuk itu, cobalah untuk menonjolkan sesuatu yang unik dan khas dari cafe dalam sebuah portofolio di akun media sosial Facebook dan Instagram agar pengunjung tertarik.

Tunjukkan Testimoni Yang Positif

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk membangun kepercayaan dari para calon pelanggan adalah dengan menentukkan berbagai testimoni positif. Anda dapat meminta foto beserta komentar dari para pembeli yang datang ke cafe untuk ditampilkan di akun media sosial. Ulasan langsung dari pembeli biasanya dapat meyakinkan pelanggan lain agar mau mencoba datang ke cafe anda.

Gunakan Facebook Ads dan Instagram Ads

Salah satu fitur premium dari kedua media sosial baik itu facebook dan instagram adalah iklan berbayar yang dapat anda coba. Fitur ini tidak gratis alias berbayar karena sifatnya yang premium. Karena berbayar, penggunaan facebook ads dan instagram ads dapat menjangkau pengguna secara lebih luas. Jika memiliki budget yang lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba fitur iklan berbayar ini.

Penutup
Sosial media seperti Facebook dan Instagram hanyalah satu dari sekian banyak media yang dapat kita gunakan sebagai sara promosi bisnis cafe. Media ini memang dapat menjadi alternatif tempat pemasaran yang murah dan mudah. Namun kita sebagai pelaku usaha cafe sebaiknya tidak hanya mengandalkan medsos saja, gunakan pula media promosi lain seperti banner, pamflet, serta baliho yang ditempatkan pada lokasi-lokasi strategis guna menunjang pemasaran untuk memperoleh jangkauan pasar yang lebih luas.

Cara Promosi Bisnis Cafe di Media Sosial (Sosmed) Dengan Efektif