Sudah Tahu? Ini 8 Ciri dan Kriteria Tempat Usaha Strategis

Dalam menentukan lokasi sebuah bisnis memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan karena ini menjadi salah satu strategi dalam menjalankan bisnis. Salah satunya adalah memilih lokasi yang strategis. Dalam hal ini, seorang pengusaha harus memiliki sendiri ciri dan kriteria tempat usaha strategis yang bisa digunakannya sebagai indikator. Namun sayangnya, masih banyak pelaku usaha yang masih apatis terhadap hal ini.

Proses menentukan ciri dan kriteria tempat usaha strategis setiap wirausahawan berbeda-beda. Mereka akan membuat standar khusus sesuai dengan pengetahuan dan juga jenis usaha yang akan dijalankan. Dengan memilih lokasi usaha yang tepat, kemungkinan keberhasilan yang akan dicapai juga menjadi lebih tinggi. Selain itu, juga bisa memenangkan persaingan dari para kompetitor yang mungkin lebih kuat.

8 Ciri dan Kriteria Tempat Usaha Strategis

Inilah 8 Ciri dan Kriteria Tempat Usaha Strategis

Meski setiap pengusaha memiliki standar pemilihan lokasi usaha yang berbeda-beda. Namun sebetulnya memiliki pokok dan inti yang hampir sama. Buat kamu yang saat ini akan membuka bisnis, sebaiknya perhatikan cara memilih lokasi usaha guna menunjang keberhasilan. Berikut ini adalah ciri dan kriteria tempat usaha strategis yang umumnya dijadikan sebagai indikator dalam menentukan lokasi bisnis.

Berada Dekat Dengan Masyarakat

Ciri dan kriteria tempat usaha strategis yang pertama adalah berada dekat dengan masyarakat. Maksudnya, lokasi yang kamu pilih tersebut tidak jauh dari pemukiman penduduk. Akan lebih baik lagi apabila berada di pusat kota. Hal ini akan membuat lokasi tersebut seimbang dalam segi jarak untuk semua konsumen dari berbagai daerah di kota tersebut. Lokasi yang dekat dengan masyarakat akan membuat pertumbuhan bisnis menjadi lebih cepat karena banyaknya perputaran uang didaerah tersebut.

Akses Jalan Yang Baik

Salah satu pertimbangan dalam memilih lokasi bisnis adalah akses jalan yang harus baik. Hal ini bertujuan supaya siapapun orang yang akan menuju tempat usaha kita tidak kesulitan. Akses jalan yang baik meliputi jalan yang tidak bergelombang, tidak terlalu sempit, tidak terlalu naik gunung dan lain sebagainya. Akses jalan menjadi salah satu dari sekian banyak ciri dan kriteria tempat usaha strategis yang menentukan keberhasilan dalam menjangkau konsumen.

Dilalui Banyak Orang

Kalau bisa, pilih lokasi usaha yang berada didekat jalur protokol dimana jalur tersebut menjadi jalan utama masyarakat berlalu lalang. Apalagi jika jalur tersebut juga menjadi jalur utama antar kota yang tidak hanya dilewati oleh warga sekitar saja. Semakin banyak orang yang melewati toko maka impresi yang terjadi juga semakin tinggi. Hal ini akan membuat usaha jadi semakin baik karena bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi.

Tidak Berdekatan Dengan Pesaing

Ciri dan kriteria selanjutnya adalah jangan memilih lokasi yang sudah banyak usaha sejenis. Apabila ada banyak usaha sejenis di daerah tersebut, maka sama saja berdekatan dengan pesaing. Kondisi ini sangat tidak baik bagi bisnis baru yang masih mencari pelanggan karena belum memiliki pondasi dan kepercayaan yang kuat terhadap pembeli. Sebaiknya hindari tempat usaha yang dekat dengan para pesaing. Apalagi kompetitor kamu usia usahanya sudah lama dan sudah matang.

Lokasi Yang Mudah Dicari

Apabila usaha kamu menyediakan barang yang sangat dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen, maka mereka tidak segan untuk mendatangi tempat usahamu meski jarak tempat tinggalnya jauh. Untuk itu, lokasi usaha yang mudah dicari menjadi salah satu ciri dan kriteria tempat usaha strategis yang wajib dipertimbangkan. Lokasi yang mudah dicari meliputi tersedia dalam peta online, patokan arah yang jelas dan akses jalan yang tidak membingungkan.

Tingkat Visibilitas Tinggi

Visibilitas disini maksudnya adalah toko mudah dilihat orang apabila berada disekitar daerah tersebut. Artinya toko kamu bisa dilihat orang tanpa ada halangan seperti gedung, papan iklan reklame, pepohonan, bangunan dan yang lain sejenisnya. Tingkat visibilitas yang tinggi adalah satu ciri dan kriteria tempat usaha strategis yang mungkin belum banyak dipertimbangkan selama ini. Padahal ini adalah salah satu daya tarik yang memperluas jangkauan konsumen.

Baca Juga:
  1. 7 Keuntungan Memiliki Tempat Usaha Strategis
  2. 9 Tempat Strategis Untuk Membuka Usaha Warung Makan
  3. 5 Tips Memilih Ruko Yang Strategis dan Potensial Agar Banyak Dikunjungi Pembeli

Tersedia Lahan Parkir Yang Cukup

Lahan parkir adalah kebutuhan penting dalam suatu lokasi usaha. Namun sayang  saat ini masih banyak pelaku usaha yang tidak sadar akan ciri dan kriteria tempat usaha strategis yang satu ini. Banyak diantara mereka yang beranggapan bahwa tempat parkir tidak begitu penting. Padahal tempat parkir juga bisa menentukan kenyamanan konsumen yang datang. Selain itu, tersedianya lahan parkir juga bisa meningkatkan engagement dari segi keamanan kendaraan konsumen.

Kondisi Bangunan Yang Baik

Ciri dan kriteria tempat usaha strategis yang terakhir adalah kondisi bangunan apabila kamu sebagai pelaku usaha menyewa atau membeli dalam bentuk bangunan. Kondisi ini menyangkut banyak hal termasuk usia gedung, kelengkapan, kebersihan dan sirkulasi udara. Kamu juga bisa mempertimbangkan sejarah bangunan tersebut di waktu sebelumnya. Kamu harus pastikan bahwa bangunan tersebut memiliki fisik dan sejarah yang baik.

Penutup

Itulah sedikit penjelasan mengenai beberapa ciri dan kriteria tempat usaha strategis yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menggunakan poin-poin yang sudah disebutkan diatas sebagai indikator untuk menentukan lokasi bisnis. Bagaimanapun juga, lokasi usaha sangat berpengaruh terhadap keberhasilan karena menyangkut kenyamanan para konsumen. Terlebih bidang usaha yang kamu jalankan sering terlibat langsung dengan konsumen.

Sudah Tahu? Ini 8 Ciri dan Kriteria Tempat Usaha Strategis