Efektif! 12 Cara Menghemat Baterai HP Saat Perjalanan Jauh

Membawa ponsel saat bepergian memang suatu keharusan. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila ada sesuatu yang tidak diinginkan saat ditengah jalan sehingga kita bisa menghubungi seseorang. Namun sebuah HP hanya menggunakan sumber energi baterai yang terbatas dan bisa habis. Lalu bagaimana jika perjalanan kita jauh dan membutuhkan waktu lama? Satu-satunya cara aman adalah dengan menghemat baterai HP saat perjalanan jauh.

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi ketika sedang bepergian. Maka dari itu kita harus memiliki alat komunikasi untuk berjaga-jaga. Dalam kondisi seperti ini, menghemat baterai HP saat perjalanan jauh menjadi hal wajib. Bagaimanapun juga baterai ponsel memiliki kapasitas yang terbatas dan bisa habis meski ponsel jarang digunakan. Umumnya, sebuah ponsel yang digunakan secara normal bisa hidup dengan satu kali siklus charging selama 6-8 jam.

Cara Menghemat Baterai HP Saat Perjalanan Jauh


Tips Menghemat Baterai HP Saat Perjalanan Jauh

Jika kamu akan bepergian, sebaiknya lakukan persiapan dengan baik agar tiba dengan selamat. Jangan lupa untuk mempersiapkan ponsel juga sebagai alat komunikasi. Kita tidak pernah tahu hal apa yang akan terjadi ditengah jalan. Karena memiliki kapasitas penyimpanan daya yang sangat terbatas, maka sebaiknya lakukan cara menghemat baterai HP saat perjalanan jauh seperti berikut ini.

Aktifkan Mode Penerbangan Saat Tidak Dipakai

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai HP saat perjalanan jauh adalah dengan mengaktifkan mode pesawat atau penerbangan apabila sedang tidak dipakai. Penulis menyarankan untuk tidak mematikan ponsel. Kenapa? Karena untuk menghidupkan ponsel memakan cukup banyak daya sehingga apabila beberapa kali dihidupkan justru membuat baterai ponsel jadi cepat habis. Jadi lebih baik gunakan mode penerbangan saja.

Jangan Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Apakah kamu sering memaki aplikasi penghemat baterai yang biasanya tersedia gratis di Playstore? Jika iya, sebaiknya hapus aplikasi tersebut. Sebenarnya, aplikasi seperti ini tidak memiliki dasar yang jelas dalam membantu ponsel menghemat baterai. Yang ada, justru malah membebani HP sehingga penggunaan baterai jauh lebih boros. Jadi jika kamu ingin menghemat baterai HP saat perjalanan jauh, jangan pakai aplikasi ini dan sejenisnya.

Pakai Wallpaper Gambar Warna Gelap

Wallpaper yang kamu gunakan juga berpengaruh terhadap konsumsi daya baterai pada ponsel. Apalagi jika kamu pakai wallpaper animasi, maka kinerja ponsel jadi semakin berat. Terlebih dengan penggunaan widget yang banyak di home screen yang juga membebani. Agar bisa menghemat baterai HP saat perjalanan jauh, kamu harus hilangkan semua itu. Gunakanlah wallpaper dengan warna gelap dan juga hilangkan widget yang tidak perlu pada home screen. Dengan begini ponselmu jadi lebih ringan.

Atur Kecerahan Layar Lebih Rendah

Kecerahan layar juga perlu kamu perhatikan. Agar konsumsi baterai pada ponsel lebih rendah, maka aturlah kecerahan tersebut ke nilai yang paling rendah. Semakin redup layar maka akan semakin irit daya. Caranya silahkan buka Setelan ponsel. Lalu buka Tampilan. Pada bagian Tingkat kecerahan, atur nilainya ke 10% saja. Semakin kecil nilainya maka akan semakin redup layar ponsel sehingga jika kamu berada di tempat yang terang maka akan sedikit tidak kelihatan.


Pilih Waktu Tidur Layar Paling Pendek

Selain mengatur kecerahan layar, kamu juga bisa menghemat daya baterai ponsel ketika bepergian dengan cara memperpendek waktu tidur layar. Cara ini juga sangat bermanfaat ketika kamu lupa mematikan layar ponsel ke mode stand by sehingga tidak terlalu lama menyala. Dengan begini, layar HP akan mati lebih cepat ketika tidak digunakan. Waktu tidur layar paling pendek adalah 15 menit. Caranya buka Setelan. Kemudian pilih Tampilan. Pada bagian Tidur, ubah waktunya menjadi 15 detik saja.

Apabila Butuh, Gunakan GPS Seperlunya

Ketika sedang dalam perjalanan, terkadang kita juga butuh GPS sebagai alat petunjuk arah. Tahukah kamu bahwa penggunaan GPS ini ternyata membutuhkan daya yang besar. Akibatnya, baterai ponsel bisa cepat habis. Salah satu cara agar bisa menghemat baterai HP saat perjalanan jauh meski kamu butuh GPS adalah dengan menggunakan seperlunya. Atau kamu juga bisa pakai peta offline agar tidak terus terhubung ke internet.

Putar Musik Secara Offline di Perjalanan

Menikmati perjalanan sambil mendengarkan musik adalah hal yang menyenangkan bagi siapa saja. Selain bisa menghilangkan bosan, mendengarkan musik ketika bepergian juga bisa membuat rileks. Nah disini kamu perlu tahu bahwa memutar musik secara online dari Spotify atau Youtube sangat boros baterai. Lebih baik simpan musik di memori dan putar secara online agar kamu bisa menghemat baterai HP saat perjalanan jauh.

Baca juga:
  1. Ampuh! Ini 7 Cara Agar Baterai HP Cepat Penuh Saat di Cas
  2. 6 Ciri dan Cara Mencegah Baterai Tanam HP Android Bocor
  3. 7 Tips Menjaga Baterai Tanam HP Android Tetap Awet

Gunakan Mode Senyap Pada Ponsel

Nada dering ponsel dan mode getar ketika menerima notifikasi bisa memicu baterai ponsel jadi cepat habis. Lebih baik gunakan mode senyap saja saat bepergian. Terlebih jika kamu sedang menyetir, maka notifikasi ponsel yang muncul disertai nada dering bisa mengganggu konsentrasi yang dapat berakibat buruk pada keselamatan. Silahkan matikan nada dering dan getar sekaligus supaya baterai ponsel tidak cepat habis.

Matikan Paket Data Bila Tidak Dipakai

Penyebab smartphone saat ini lebih boros baterai daripada ponsel lama salah satunya adalah mode internet yang terus aktif. Nah ketika sedang bepergian, sebaiknya matikan saja paket data apabila sedang tidak diperlukan. Hal ini akan membuat baterai HP jauh lebih hemat bahkan hingga mencapai 60% dari keadaan normal. Apabila melewati perbukitan atau pegunungan, kamu bisa gunakan mode pesawat yang bisa menghemat baterai hingga 80%.

Selalu Tutup Aplikasi Setelah Dibuka

Aplikasi yang berjalan dilatar belakang juga turut membuat baterai ponsel jadi cepat habis. Semakin banyak aplikasi maka akan semakin berat pula beban ponsel dalam bekerja. Maka dari itu, apabila selama diperjalanan kamu perlu membuka aplikasi, setelah tidak digunakan silahkan langsung ditutup kembali. Dengan begini kinerja HP ketika stand by menjadi lebih ringan sehingga penggunaan baterai jadi lebih sedikit.

Taruh Ponsel Ditempat Sejuk

Tahukah kamu bahwa tempat menyimpan ponsel juga bisa menentukan konsumsi baterai. Hal ini bisa terjadi karena suhu dan panas pada ponsel. Semakin sejuk tempat kamu menyimpan, maka akan semakin sedikit konsumsi baterainya. Jadi supaya kamu bisa menghemat baterai HP saat perjalanan jauh, sebaiknya taruh ponsel di ruang tas yang longgar karena akan lebih sejuk dan membuat suhunya stabil.

Jangan Lupa Bawa Powerbank

Terakhir, apabila menghemat baterai HP saat perjalanan jauh dirasa sulit, maka kamu bisa siapkan powerbank sebagai langkah antisipasi sekaligus penyedia daya tambahan. Powerbank memang dikenal sangat praktis dan bisa membantu kita melakukan charging ketika bepergian. Cara ini sebenarnya bersifat opsional saja. Apabila kamu tidak punya powerbank, maka tidak usah memaksakan untuk membelinya.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara menghemat baterai HP saat perjalanan jauh yang bisa kamu terapkan ketika bepergian jauh. Terlebih jika waktu yang ditempuh sangat lama, maka kamu juga harus punya ponsel yang bisa stand by dalam waktu lama juga. Terlebih di tengah perjalanan belum tentu mudah menemukan sumber listrik. Jadi cara yang sudah kita bahas ini mungkin akan membantu kamu dalam menghemat baterai ketika sedang bepergian.

Efektif! 12 Cara Menghemat Baterai HP Saat Perjalanan Jauh