-->

8 Penyebab dan Cara Mengatasi Warung Makan Sepi Pembeli

Bagaimana cara mengatasi warung makan yang sepi pembeli? Mungkin kamu adalah salah satu orang yang membutuhkan jawaban dari pertanyaaan ini. Jika ditarik garis ke belakang, sebenarnya ada banyak faktor penyebab yang membuat warung makan jadi sepi. Sebagai pelaku usaha kuliner yang mungkin sedang mengalami masalah ini, maka sebaiknya kamu segera melakukan upaya agar bisnis yang kamu jalankan kembali ramai. Apabila terus dibiarkan, maka kondisi ini dapat membuat usaha warung kamu gulung tikar akibat tidak adanya pemasukan.

Mengatasi warung makan sepi pembeli tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih proses akan memakan waktu cukup panjang untuk bisa menarik lebih banyak pelanggan. Namun semua itu bukanlah mustahil untuk dilakukan jika kamu mau berusaha dan berjuang. Karena pada dasarnya, semua warung makan yang laris dan ramai juga pernah mengalami kesulitan pada awal-awal berdirinya. Hanya saja pemiliknya lebih cekatan dalam membuat strategi sehingga usahanya lebih cepat dikenal dan dipercaya oleh pelanggan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Warung Makan Sepi Pembeli

Penyebab Warung Makan Sepi Pelanggan Yang Perlu Kamu Ketahui

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa warung makan yang sepi pelanggan dapat disebabkan oleh banyak faktor. Mungkin kamu sebagai pelaku usaha kuliner selama ini masih belum menyadari akan hal tersebut. Maka dari itulah sekarang saatnya kamu mencari tahu apa saja hal-hal yang dapat membuat usaha kamu sepi guna melakukan evaluasi. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab warung makan sepi pembeli yang umumnya terjadi dan dialami oleh para pelaku bisnis kuliner. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Cara Promosi Yang Salah
  2. Lokasi Usaha Yang Kurang Strategis
  3. Menu dan Cita Rasa Yang Kurang
  4. Harga Yang Tidak Sesuai
  5. Pelayanan Yang Kurang Baik
  6. Tidak Punya Ciri Khas
  7. Kurang Menjaga Kebersihan
  8. Tempat Yang Kurang Nyaman

8 Cara Ampuh Mengatasi Warung Makan Yang Sepi Pembeli

Di paragraf sebelumnya sudah kita bahas apa saja faktor penyebab yang bisa membuat usaha warung makan menjadi sepi pelanggan. Diantara beberapa faktor tersebut mungkin salah satunya sedang kamu alami saat ini. Cobalah untuk merenungkan dan mengevaluasinya. Jika ada segeralah melakukan perbaikan supaya pelanggan mau datang ke tempat kamu. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi warung makan sepi pembeli yang patut kamu coba.

1. Melakukan Promosi Yang Lebih Intensif

Cobalah untuk merenungkan apakah cara promosi yang kamu lakukan selama ini sudah benar dan berpotensi bisa mendatangkan pelanggan? Jika tidak, maka lakukan perubahan. Promosi itu penting untuk mengenalkan warung makan milikmu kepada para pelanggan. Seperti pepatah mengatakan "tak kenal maka tak sayang". Pelanggan yang kurang mengenal tempat usahamu akan malas datang karena merasa asing. Itulah tujuan promosi. Yakni mengenalkan kepada pelanggan agar tertarik datang.

Promosi menjadi kunci awal mengatasi warung makan sepi pembeli. Semakin banyak dan semakin sering promosi akan semakin bagus. Memang sih melakukan promosi itu sulit, capek dan membosankan. Namun ini wajib kamu lakukan. Dijaman sekarang sudah ada banyak cara promosi yang mudah seperti menyebar banner di pinggir jalan, promosi di media sosial, endorse pada influencer lokal dan masih banyak lagi. Cobalah maksimalkan ruang promosi yang ada.

2. Membuat Tanda Pengenal Pada Warung

Langkah kedua yang bisa kamu ambil untuk mengatasi warung makan sepi pelanggan selain promosi adalah membuat tanda pengenal pada warung makan. Pengenal tersebut bisa berupa neon box, papan nama, spanduk, banner dan lain sebagainya yang fungsinya untuk membuat kesan pertama yang menarik pada setiap orang yang melihat. Buat desain dan konsep tanda pengenal ini sebagus dan semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian. Tanda pengenal ini akan menjadi penunjang apabila lokasi usaha kurang strategis.

3. Memperbaiki Cita Rasa Masakan

Ketiga, kamu bisa memperbaiki cita rasa makanan jika dirasa kurang enak. Mintalah beberapa pendapat jujur dari orang terdekat terkait rasa dari masakan. Kritik dan saran dari orang lain sangat diperlukan untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna. Perbaiki berbagai macam kekurangan dari masalah yang kamu buat. Selain itu carilah banyak referensi terkait resep masakan agar bisa berinovasi. Kamu bisa mencari referensi dari buku, video Youtube atau artikel yang banyak beredar di internet.

4. Memperbanyak Menu Makanan

Cara lain untuk mengatasi warung makan sepi pembeli adalah dengan memperbanyak menu makanan. Menambah menu makanan adalah ide terbaik. Ibarat pepatah "Semakin banyak menebar jala, maka semakin banyak menangkap ikan". Maka, menambah pilihan menu juga berpotensi mendatangkan pelanggan lebih banyak. Usahakan untuk membuat menu yang bahan bakunya mirip dengan menu lama untuk meminimalkan cost atau ogkos produksi. Mengunakan bahan baku sama untuk banyak menu menjadi salah satu strategi yang efektif dan banyak dilakukan pengusaha kuliner top.

Baca Juga:
  1. Bisnis Restoran Sepi Pembeli? Ini Cara Memajukan dan Mengatasinya
  2. Inilah 9 Permasalahan Bisnis Kuliner Yang Umumnya Terjadi
  3. 9 Tempat Strategis Untuk Membuka Usaha Warung Makan

5. Memaksimalkan Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayan adalah satu hal penting dalam bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen. Khusus di bidang kuliner, kualitas pelayanan dibedakan menjadi dua, yakni pelayanan pelanggan dan pelayanan penyajian. Cobalah melakukan evaluasi, jika ada yang kurang baik cobalah untuk memperbaikinya. Lakukan hal yang baru namun dapat membuat pelanggan menjadi nyaman seperti bersikap lebih ramah, sopan dan friendly. Selain itu perbaiki juga penampilan penyajian menjadi lebih menarik.

6. Membuat Konsep Yang Unik

Warung makan yang tidak punya ciri khas juga menjadi penyebab kenapa pelanggan enggan datang. Maka dari itu, membuat konsep supaya menjadi ciri khas akan sangat penting dalam upaya mengatasi warung makan sepi pembeli. Buatlah konsep dan perubahan unik mulai dari segi dekorasi, sistem pelayanan dan cara penyajian. Keunikan dari warung makanmu yang tidak akan ditemukan di tempat lain akan menjadi daya tari tersendiri oleh pelanggan untuk datang dan kembali lagi.

7. Lebih Memperhatikan Kebersihan

Salah satu hal penting namun banyak pengusaha kuliner yang tidak menyadari adalah kebersihan. Kebersihan berkaitan langsung terhadap kenyamanan pembeli ketika makan ditempat. Cobalah untuk lebih teliti terhadap detail kebersihan mulai dari meja, lantai, bahkan hingga lingkungan warung itu sendiri. Tidak ada salahnya jika kamu meminta kritik dan saran dari setiap pembeli yang datang terkait dengan kebersihan dan kenyamanan tempat makan tersebut.

8. Menata Ulang Tempat Makan

Langkah terakhir untuk mengatasi warung makan sepi pelanggan adalah menata ulang tempat makan. Cara ini ditujukan untuk menghadirkan kesan yang baru bagi para pelanggan. Sebisa mungkin sediakan beberapa suasana makan seperti lesehan, indoor, outdoor atau gazebo sehingga banyak pilihan. Usahakan tempat makan lebih privat dalam artian jarak antar pelanggan tidak terlalu berdekatan. Pelanggan akan lebih senang jika suasana makan mereka lebih privat terlebih jika bersama orang terdekatnya.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi warung makan sepi pembeli. Sebenarnya usaha kuliner kamu akan bisa ramai dan  banyak didatangi pelanggan jika poin-poin diatas bisa terpenuhi. Kepuasan pelanggan dalam menikmati makanan di warung cukup kompleks karena menyangkut banyak hal. Tidak hanya cita rasa masakan yang enak saja, namun juga kualitas pelayanan, kebersihan, kenyamanan tempat makan dan juga suasana warung menjadi sangat berkesinambungan. Rasa nyaman akan muncul jika kelimanya selalu diperhatikan.

8 Penyebab dan Cara Mengatasi Warung Makan Sepi Pembeli