Bisnis Penginapan Sederhana? Tawarkan 10 Fasilitas Ini Untuk Menarik Minat Pelanggan

Menjalankan bisnis homestay atau penginapan sederhana adalah salah satu pilihan tepat bagi mereka yang tinggal di daerah destinasi wisata. Potensi tempat wisata yang ada di daerah tersebut pasti dapat mendatangkan banyak pengunjung setiap harinya. Para wisatawan yang datang kemungkinan besar banyak berasal dari berbagai daerah yang berbeda. Apalagi bagi wisatawan yang lokasinya jauh dari daerah tersebut, pasti membutuhkan penginapan untuk bermalam dan menghabiskan waktu berlibur.

Melihat peluang tersebut, para pengusaha yang berada di daerah tempat wisata pasti dapat memanfaatkannya untuk menjalankan sebuah bisnis salah satunya adalah bisnis homestay atau penginapan sederhana. Bisnis ini cukup potensial mengingat banyaknya wisatawan yang berasal dari jauh berminat untuk menginap dan menghabiskan beberapa hari untuk menikmati liburan.

Gambar Bisnis Penginapan Sederhana? Tawarkan 10 Fasilitas Ini Untuk Menarik Minat Pelanggan

Penginapan sederhana sangat cocok bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas karena akan lebih hemat. Meski sederhana, bukan berarti sebuah penginapan yang ditawarkan hanya memiliki fasilitas seadanya. Paling tidak, berikanlah fasilitas terbaik untuk dapat menarik minat pelanggan agar mau menginap ditempat tersebut.

10 Fasilitas Yang Harus Ada Pada Bisnis Homestay/Penginapan Sederhana

Ada banyak strategi yang dapat digunakan untuk menarik minat pelanggan ketika menjalankan bisnis penginapan sederhana. Salah satunya adalah dengan mengadakan beberapa fasilitas penunjang untuk membuat orang yang menginap merasa nyaman. Seperti yang kita tahu, penginapan selalu identik dengan sebuah kenyamanan untuk ditinggali. Maka dari itu, 10 fasilitas yang harus ada pada bisnis penginapan sederhana untuk menarik pelanggan dengan membuat mereka nyaman.

Tempat Tidur

Tempat tidur adalah fasilitas utama yang harus ada di sebuah penginapan. Meski penginapan yang ditawarkan sederhana, namun dengan adanya tempat tidur, dapat meningkatkan peluang untuk dipilih para pelanggan karena akan membuat mereka beristirahat dengan nyaman setelah melakukan aktivitas yang padat dalam setu hari. Sehingga ketika bangun pada esok hari, tubuh menjadi bugar untuk melanjutkan liburan kembali.

Kamar Mandai Dalam

Fastilitas yang paling krusial dalam sebuah hunian adalah kamar mandi untuk melakukan berbagai aktivitas seperti buang air besar maupun kecil dan juga mandi. Ketika sebuah penginapan tidak ada kamar mandinya atau mungkin letaknya terpisah, hal ini dapat mengurangi minat pelanggan untuk mengambil penginapan tersebut untuk bermalam. Maka dari itu, tetap usahakan untuk memberikan fasilitas kamar mandi dalam meskipun bisnis penginapan yang dijalankan sederhana.

Kipas Angin

Untuk mengantisipasi suhu yang tinggi dalam sebuah ruangan penginapan, perlu adanya alat pendingin seperti kipas angin. Ruangan penginapan yang panas akan membuat gerah yang menjadikan tempat tersebut kurang nyaman untuk ditinggali. Siapa saja orang yang akan beristirahat ditempat yang bersuhu tinggi pasti tidak betah. Untuk mengantisipasi hal ini, berikanlah fasilitas berupa kipas angin sebagai penyejuk ruangan.

Air Conditioner (AC)

Alternatif lain yang dapat digunakan sebagai alat pendingin ruangan selain kipas angin adalah air conditioner atau biasa disingkat dengan AC. Alat ini lebih efektif untuk mengatur suhu ruangan sesuai dengan keinginan. Akan tetapi karena menggunakan modal dan operasional yang lebih mahal, wajar jika penginapan yang memiliki fasilitas AC tarifnya dibuat lebih tinggi. Namun, harga yang dipatok akan berbanding lurus dengan kenyamanan yang didapatkan.

Televisi

Sebuah penginapan kurang lengkap rasanya jika tidak ada media hiburan seperti televisi di dalam ruangan. Tujuan orang menginap adalah untuk beristirahat, sedangkan untuk membuat suasana rileks ketika istirahat perlu adanya media hiburan. Maka dari itu, memberikan fasilitas televisi di dalam penginapan dapat meningkatkan minat pelanggan untuk bermalam karena dianggap lebih nyaman dan memuaskan.

Baca Juga:
  1. 11 Bisnis Potensial Yang Cocok Untuk Daerah Wisata Pantai
  2. Memulai Bisnis di Masa Tua? Ikuti Jejak Kolonel Sanders 
  3. 20 Rahasia Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses Dalam Berdagang

Tempat Parkir Yang Aman

Setiap wisatawan yang berlibur dalam waktu beberapa hari biasanya memakai kendaraan pribadi entah itu motor ataupun mobil. Ketika membawa kendaraan ditempat baru, hal yang paling ditakutkan adalah isu keamanan. Untuk meyakinkan pelanggan agar memilih bisnis penginapan yang anda jalankan, sediakan tempat parkir yang dapat menjamin keamanan dari setiap kendaraan yang ada. Ini adalah salah satu pertimbangan yang sering diutamakan oleh para pelanggan.

Rumah Makan

Setiap orang yang bermalam di penginapan sederhana pasti akan lebih senang jika dapat memperoleh makanan di daerah terdekat. Ini akan membuat mereka tidak perlu jauh-jauh pergi keluar hanya untuk membeli makanan. Maka dari itu, pastikan sebisa mungkin ada rumah makan lingkungan sekitar penginapan karena akan memudahkan pelanggan dalam mengisi perut yang lapar setelah seharian beraktivitas.

Teras Depan

Sebelum seorang pelanggan benar-banar istirahat untuk tidur, biasanya mereka akan menghabiskan waktu luang untuk bercengkrama atau sekedar berbagi kesan terhadap aktivitas selama liburan. Mereka biasanya melakukan momen bersantai seperti itu di teras depan penginapan dengan menghirup sejuknya angin malam. Sebuah penginapan sederhana akan lebih lengkap jika memiliki fasilitas teras depan untuk duduk dan bersantai.

Air Hangat

Mandi air hangat adalah sebuah kegiatan yang dapat mengusir rasa capek setelah melakukan aktivitas. Terlebih jika suhu udara di daerah tersebut cukup rendah. Beberapa orang akan lebih menyukai penginapan yang memberikan fasilitas water heater atau penghangat air yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Jika memungkinkan, sediakanlah fasilitas ini pada penginapan untuk menarik minat pelanggan.

Jaringan Wifi

Di era digital seperti ini, jaringan internet adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Apalagi jika penginapan di daerah tempat wisata yang kebanyakan pelanggannya adalah para wisatawan. Koneksi internet akan menjadi sebuah hal penting untuk berbagi foto dan gambar yang telah diambil ketika berlibur. Maka dari itu, fasilitas wifi pada penginapan akan menjadi hal yang dapat menarik pelanggan.

Penutup
Menjalankan bisnis homestay atau penginapan sebenarnya sangat menguntungkan apalagi di daerah yang memiliki potensi wisata. Namun dengan adanya peluang tersebut pasti akan memunculkan banyak pesaing yang menjalankan bisnis sejenis. Untuk dapat memenangkan persaingan, salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah memperbaiki pelayanan dengan memberikan 10 fasilitas yang harus ada pada bisnis homestay atau penginapan sederhana untuk menarik pelanggan seperti yang sudah disebutkan diatas.

Bisnis Penginapan Sederhana? Tawarkan 10 Fasilitas Ini Untuk Menarik Minat Pelanggan