Tips Memulai Bisnis Make Up Artist (MUA) Dan Cara Promosi Yang Cocok

Tampil cantik adalah impian setiap wanita. Salah satu cara praktis untuk bisa tampil menarik dimata orang lain adalah dengan menggunakan jasa make up artist (MUA) atau yang lebih familiar disebut dengan perias. Dandan atau bersolek memang menjadi sebuah kebutuhan bagi seorang perempuan. Mereka dapat tampil lebih percaya diri dengan rias dan make up yang sempurna. Tak heran jika make up artist menjadi salah satu peluang bisnis yang memiliki potensi tinggi saat ini.

Memulai usaha make up artist (MUA) memang sangat menggiurkan mengingat banyaknya orang yang membutuhkan jasa perias untuk berbagai macam kegiatan penting seperti wisuda, manten (pernikahan), pesta, dan acara-acara lain. Meski harus berbekal kemampuan berdandan yang sangat mumpuni, namun siapa saja masih memiliki peluang untuk membuka bisnis make up artist ini dengan mengikuti kursus atau pelatihan.

Gambar Tips Memulai Bisnis Make Up Artist (MUA) Dan Cara Promosi Yang Cocok

Selama ini profesi tukang rias atau make up artist kurang diketahui dengan baik oleh masyarakat sehingga pelaku bisnis ini masih tergolong minim peminat. Salah satu kendala yang biasanya sering dialami saat memulai usaha adalah promosi, begitu juga para MUA. Sebenarnya, melakukan promosi untuk bisnis make up artist saat ini cukup mudah dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan berkembangnya media sosial.

Tips Memulai Bisnis Make Up Artist (MUA) Untuk Pemula

Untuk memulai bisnis make up artist tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Dalam menjalankan usaha ini, seorang perias harus memiliki keahlian menggunakan peralatan rias dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kualitas riasan atau make up merupakan suatu daya tarik bagi seorang konsumen. Untuk itu, perhatikan beberapa tips memulai bisnis make up artist untuk pemula berikut ini.

Menyediakan Peralatan Make Up

Alat adalah sebuah aset yang sangat penting dalam memulai bisnis make up artist. Oleh karena itu, menyediakan peralatan make up adalah hal paling penting bagi setiap pelaku usaha ini. Ada berbagai macam brand alat make up yang ada dipasaran baik itu yang high end maupun low end. Khusus untuk pemula, lebih disarankan untuk tidak menggunakan peralatan make up yang berharga mahal.

Ketika merintis, lebih ditekankan untuk meningkatkan skill dan kemampuan terlebih dahulu dalam menggunakan alat make up agar kualitas hasil yang didapat sempurna. Dikhawatirkan, jika dari awal sudah menggunakan alat make up yang high end dan tidak mengerti cara penggunaannya, maka hasil yang akan didapat terlihat biasa saja.

Yang paling penting adalah melengkapi peralatan make up yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti brush, foundation, beauty blennder, blush on, lipstick, eyeshadow pallete, pensil alis, maskara, bedak, dan lain-lain. Alangkah lebih baik jika seorang perias memiliki peralatan yang lengkap agar ketika mendandani para klien hasilnya bisa sesuai dengan harapan.

Belajar Kepada Ahlinya

Salah satu catatan penting bagi pelaku bisnis pemula adalah belajar kepada orang yang lebih ahli, begitu juga bagi para make up artist. Dengan banyak berbagi ilmu dengan orang yang sudah berpengalaman, maka kemampuan yang dimiliki akan bertambah. Para perias yang baru merintis usaha sangat disarankan untuk belajar kepada para perias lain yang sudah memiliki jam terbang tinggi.

Selain belajar secara langsung, menguasai kemampuan make up juga dapat dilakukan dengan cara otodidak. Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah dengan melihat video-video tutorial dari internet. Disana akan banyak sekali didapati “guru" rias yang dengan senang hati berbagi ilmu. Dengan melihat video tutorial, kita dapat belajar sekaligus praktik dalam satu waktu.

Mempelajari dan Mencari Teknik Make Up

Seorang make up artist harus mempelajari dan mencari teknik make up terbaik untuk diaplikasikan kepada para kliennya. Teknik make up menjadi sebuah hal yang penting karena akan berpengaruh terhadap hasil. Mempelajari teknik make up tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, namun btuth waktu yang lama untuk benar-banar menguasainya dan mengaplikasikannya. Cari teknik make up terbaik dan temukan cara untuk mendapatkan hasil rias sempurna.

Menciptakan Ciri Khas

Seorang tukang rias pemula tidak cukup mempelajari dan mencari teknik make up saja, namun ia juga harus mampu menciptakan ciri khasnya sendiri untuk membedakan dengan yang lainnya. Agar bisa menciptakan ciri khas, seorang make up artist harus banyak melakukan uji coba dan juga eksperimen. Ini memang salah satu hal yang tidak mudah, namun ini menjadi hal yang penting untuk bisa memenangkan persaingan dengan para kompetitor usaha yang menekuni bisnis serupa.

Mempelajari Tren Make Up

Mempelajari trenn tidak hanya untuk busana saja, namun berkembangnya tren make up saat ini juga harus mampu dikuasai oleh seorang make up artist. Semakin hari tren make up semakin beragam dan terus berkembang, maka dari itu para penyedia jasa rias harus terus update agar tidak ketinggalan tren. Seorang klien pasti tidak ingin menggunakan tren jadul dalam berdandan, ia pasti ingin selalu up to date dan tampil cantik sesuai dengan jamannya.

Bekerja Sama Dengan Wedding Orgaanizer

Sebagai seorang pemula, wajib bagi seorang pelaku usaha untuk menjalin kerja sama agar dapat memperluas pasar. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang menjalankan bisnis make up artist. Salah satu cara terbaik yang dapat ditempuh adalah dengan bekerja sama dengan wedding organizer. Seperti yang sudah diketahui bahwa sebuah weding organizer selalu dicari orang yang akan menggelar acara pernikahan. Kita dapat menawarkan kerja sama dengan mereka untuk bisa merias pengatin disetiap acara yang akan ditangani.

Membuat Portofolio di Media Sosial

Sebagai seorang make up artist pemula, wajib menonjolkan dan memperkenalkan kemampuan dalam mengolah alat make up kepada publik untuk mendapatkan kepercayaan dari para calon kilen. Salah satu fasilitas yang harus dimaksimalkan adalah media sosial yang saat ini tengah ramai dipergunakan untuk berbagai informasi dan komunikasi. Cara yang paling tepat digunakan adalah dengan membuat portofolio yang menampilkan galeri foto hasil make up secara cantik dan menarik.

Baca Juga:
  1. 20 Rahasia Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses Dalam Berdagang
  2. 21 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Bisnis 
  3. 11 Hobi Ini Sering Dijadikan Peluang Bisnis Dan Usaha. Apa Saja?

Mempersiapkan Pengaturan Jadwal

Meski baru memulai bisnis make up artist, tidak menutup kemungkinan pada suatu saat akan mendapatkan banyak tawaran untuk merias dari para klien. Mempersiapkan pengaturan jadwal sangat diperlukan untuk mengantisipasi jika memang hal itu terjadi. Dengan membuat jadwal dan mengaturnya secara jelas, akan dapat memudahkan kita dalam bekerja dan menangani setiap klien.

Dengan memperhatikan beberapa tips diatas, seroang make up artist pemula diharapkan akan mampu mempersiapkan diri ketika terjun di dunia bisnis. Tidak hanya itu, dengan berbekal kemampuan dan persiapan yang matang, mereka dapat bersaing dengan para kompetitornya supaya usaha yang dirintis bisa terus berjalan. Jika itu semua sudah dilakukan dengan baik, tinggal bagaimana menyiasati trik dan strategi promosi yang akan digunakan.

Cara Promosi Yang Cocok Untuk Bisnis Make Up Artist (MUA)

Promosi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dalam berbisnis. Dengan melakukan promosi, masyarakat akan mengetahui produk atau jasa apa yang kita tawarkan kepada mereka. Dalam bisnis make up artist (MUA), untuk melakukan promosi saat ini sudah tergolong cukup mudah. Pasalnya, kemajuan teknologi dibidang komunikasi sudah berkembang sangat pesat. Ini dapat menjadi sebuah peluang yang harus mampu dimanfaatkan. Berikut ini adalah cara promosi yang cocok untuk bisnis make up artist.

Gunakan Sosial Media

Saat ini, sosial media menjadi salah satu tempat berkumpulnya para pengguna internet. Sebagian besar pemilik gadget saat ini adalah pengguna aktif sosial media seperti facebook dan instagram. Tidak heran jika peluang ini sangat potensial untuk digunakan sebagai sarana promosi yang lebih efektif dan murah. Selain itu, fitur media sosial yang dapat digunakan untuk membagikan gambar juga sangat cocok digunakan untuk promosi bisnis make up artis yang notabene harus menampilkan berbagai foto hasil rias secara luas kepada masyarakat.

Buat Blog/Website

Selain media sosial, kecanggihan teknologi lain yang bisa dipergunakan untuk sarana promosi adalah blog atau website. Dengan membuat blog atau website, seorang make up artist dapat menampilkan berbagai protofolio kecantikan make up mereka secara gamblang. Website atau blog yang dapat dibuat dan sesuaikan dengan kebutuhan, membuat media ini sangat cocok digunakan sebagai sarana promosi untuk para pelaku bisnis make up artist.

Membuat Acara Kecantikan

Salah satu cara promosi yang tidak kalah potensial adalah dengan membuat acara kecantikan seperti lomba rias atau workshop make up. Dengan memanfaatkan banyaknya wanita yang sangat suka tampil cantik akan membuat kedua acara ini dibanjiri peminat. Selama ini masih jarang seorang make up artis yang menggunakan cara ini dalam melakukan promosi. Padahal jika acara semacam ini digelar, kita bisa juga menggandeng brand make up untuk ikut menjadi sponsor dalam menyukseskan acara tersebut.

Penutup
Peluang bisnis MUA atau rias memang sangat terbuka lebar mengingat kebutuhan kecantikan bagi para wanita masih menjadi hal utama. Bagi perempuan yang ingin tampil menarik, menggunakan jasa mereka masih menjadi pilihan utama. Dengan mempelajari artikel tentang tips memulai bisnis make up artist dan cara promosi yang cocok seperti yang sudah dijelaskan diatas, para pebisnis pemula diharapkan dapat lebih siap dalam menjalankan dan merintis usahanya.

Tips Memulai Bisnis Make Up Artist (MUA) Dan Cara Promosi Yang Cocok