Punya Kios di Pasar? 10 Jenis Usaha Ini Cocok Dijalankan

Pasar merupakan satu dari sekian banyak pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi pembeli setiap hari. Jenis pasar sendiri bisa dibedakan menjadi dua, yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Keduanya memang memiliki fungsi dan sistem yang berbeda namun jumlah pengunjung yang datang setiap hari hampir sama banyaknya. Selain itu, antara pasar tradisional dan modern juga memiliki potensi yang sama untuk kegiatan bisnis.

Pasar menjadi sebuah tempat yang sangat strategis jika digunakan sebagai lokasi usaha. Apalagi bagi mereka yang memiliki kios atau toko. Sebuah keuntungan tersendiri bagi seorang pelaku usaha yang bisa memiliki lapak dengan posisi di pusat perbelanjaan seperti pasar. Peluang ini seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memperoleh keuntungan dari berdagang atau berjualan.

Gambar 10 Jenis Usaha Ini Cocok Dijalankan di Kios Pasar

Selama ini kios-kios yang ada di pasar banyak diincar oleh para pedagang karena dianggap efektif untuk menjalankan usaha. Tak heran jika harga sewa yang dipatok untuk setiap toko cukup tinggi. Meski demikian, peminatnya masih tetap banyak karena biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan hasil yang didapatkan.

10 Jenis Usaha Yang Potensial dan Menjanjikan Untuk Kios di Pasar

Apakah anda adalah salah satu orang yang memiliki kios di pasar? Jika ia, adalah sebuah keberuntungan bagi anda. Keberadaan kios di lingkungan pasar yang sangat strategis harus bisa kita manfaatkan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dari usaha yang dijalankan. Jika kita mampu melihat peluang secara jeli, sebenarnya ada banyak jenis usaha yang menjanjikan dan potensial untuk bisa dirintis. Berikut ini adalah 10 jenis usaha yang cocok dijalankan di kios pasar.

Jual Sembako

Jenis usaha paling umum yang dijalankan di kios pasar adalah berjualan sembako. Meski sudah banyak jumlah pesaing, namun jenis usaha satu ini tetap saja ramai pembeli mengingat sembako menjadi kebutuhan utama masyarakat. Barang-barang kebutuhan seperti beras, telur, minyak goreng, gula, garam dan sejenisnya banyak dicari oleh pembeli. Oleh karena itu penjual sembako hampir tidak pernah sepi.

Jual Peralatan Rumah Tangga

Salah satu barang yang paling banyak dicari di pasar adalah peralatan rumah tangga. Biasanya para ibu rumah tangga akan memilih berbelanja keperluan ini di kios-kios yang ada di pasar karena harganya jauh lebih murah dibandingkan di toko. Menjual peralatan rumah tangga adalah sebuah peluang usaha yang potensial karena cukup banyak peminat. Terlebih jika kita mampu menawarkan kualitas barang yang lebih baik.

Jual Peralatan Dapur

Selain alat-alat rumah tangga, para ibu juga sering membeli peralatan dapur untuk melengkapi barang miliknya atau ingin mengganti dengan yang baru. Akibat pentingnya peralatan dapur, membuat perabotan yang satu ini sebisa mungkin harus tersedia di rumah. Tak heran jika banyak orang yang membeli alat-alat dapur secepat mungkin ketika mereka tidak memilikinya di rumah. Potensi ini dapat kita manfaatkan sebagai peluang usaha yang cocok dijalankan di kios pasar.

Grosir Snack Dan Makanan Ringan

Membuka usaha grosir snack dan makanan ringan di kios adalah salah satu pilihan yang sangat tepat. Seperti yang kita ketahui bahwa pasar selalu identik dengan barang yang harganya murah. Termasuk berbagai jenis snack dan makanan ringan buatan pabrik. Beberapa pemilik toko kecil memanfaatkannya untuk membeli dagangan secara grosir (kulakan) untuk dijual kembali.

Jual Pakaian

Kebutuhan pokok lain dari kehidupan manusia yang tidak dapat terpisahkan adalah pakaian. Cara berbusana memang menjadi sebuah tren yang syarat akan gengsi. Oleh karena itu setiap orang selalu ingin tampil terbaik degan pakain-pakain yang mereka kenakan. Inilah alasan yang tepat kenapa kita harus menjalankan usaha berjualan pakaian di kios. Terlebih letak kios yang berada di pasar yang notabene adalah pusat perbelanjaan membuatnya memiliki peluang yang tinggi.

Jual Sepatu dan Sandal

Kebutuhan fashion manusia tidak hanya pakaian. Alas kaki berupa sandal atau sepatu juga masuk ke dalam daftar kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Melihat banyaknya orang yang peduli terhadap kesempurnaan penampilan termasuk pemakaian alas kaki membuat bisnis berjualan sepatu dan sandal adalah salah satu jenis usaha yang cocok dijalankan untuk kios di pasar.

Baca Juga:
  1. Cara Sukses Berdagang di Pasar Tradisional
  2. 13 Usaha Dagang di Pasar Tradisional Yang Menguntungkan 
  3. 7 Keunggulan Dan Kelebihan Pasar Tradisional Yang Tidak Kita Sadari

Jual Aksesoris

Aksesoris adalah pelengkap fashion yang keberadaannya cukup diperhitungkan. Barang-barang seperti gelang, kalung, tas, dompet, bross, dan sebagainya menjadi barang yang banyak diburu terutama oleh para wanita sebagai salah satu syarat kesempurnaan penampilan. Menjalankan usaha dengan menjual aksesoris adalah pilihan tepat mengingat peluangnya cukup bagus.

Jual Kain Bahan

Masih belum banyak orang yang memiliki pikiran bahwa menjual kain bahan adalah sebuah usaha yang cocok dijalankan di kios. Sebuah ide yang sebenarnya cukup menjanjikan mengingat kain bahan adalah barang yang sangat dibutuhkan untuk membuat baju. Membeli kain bahan menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin membuat pakaian sesuai dengan ukuran dan model yang mereka inginkan.

Jual Produk Kerajinan

Di jaman yang serba modern seperti saat ini memang tidak semua hal bisa terselesaikan dengan teknologi. Oleh sebab itu masih ada beberapa barang tradisional yang masih bertahan yang keberadaanya tidak bisa digantikan dengan teknologi. Salah satunya adalah produk-produk kerajinan. Berbagai macam hasil kerajinan seperti sapu, kemoceng, tikar dan lain-lain masih eksis sampai sekarang karena masih banyak diperlukan.

Jual Plastik dan Kemasan

Ide usaha terakhir yang sangat cocok dijalankan di kios pasar adalah berjualan plastik dan kemasan. Dengan target pasar para pedagang yang membutuhkan kantong plastik dan para pelaku UKM yang membutuhkan kemasan untuk membungkus produknya, membuat bisnis yang satu ini sangat menjanjikan apalagi jika lokasinya berada di lingkungan pasar yang notabene dikelilingi oleh orang yang berkecimpung di dunia UKM.

Penutup
Sebagai salah satu pemilik kios di lingkungan pasar, hendaknya kita bisa lebih berfikir kreatif agar bisa mendapatkan penghasilan. Bukan dengan cara menyewakannya, namun dengan cara membuka usaha sendiri kita bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Asalkan kita mau berpikir lebih kreatif, akan menemukan berbagai ide usaha yang cocok dijalankan. Seperti halnya 10 jenis usaha yang cocok dijalankan di kios pasar diatas, kita dapat memanfaatkan peluang tersebut sebagai sumber penghasilan.

Punya Kios di Pasar? 10 Jenis Usaha Ini Cocok Dijalankan