6 Macam Strategi Promosi Paling Banyak Digunakan Untuk Menarik Pembeli

Promosi sangat berpengaruh terhadap kesuksesan penjualan produk. Strategi promosi yang baik akan membuat pemasaran produk semakin efektif dan efisien. Untuk dapat meraihnya, banyak pelaku usaha yang sengaja mencari berbagai macam cara, mulai dari yang mudah hingga yang paling rumit. Mereka selalu berupaya untuk memberikan penawaran semenarik mungkin kepada para calon pembeli. Ini adalah sebuah hal yang wajar mengingat promosi sangat menentukan suksesnya sebuah bisnis.

Ada banyak jenis dan macam strategi yang bisa kita pelajari dan diterapkan dalam menjalankan usaha. Menguasai berbagai strategi pemasaran adalah hal penting, terlebih jika bisnis yang dibangun masih tergolong baru. Dengan melakukan promosi, kita dapat mengenalkan produk kepada para calon konsumen agar lebih dekat dengan mereka. Rata-rata pembeli yang datang adalah mereka yang sudah memahami produk degan baik.
 
Gambar 6 Macam Strategi Promosi Paling Banyak Digunakan Untuk Menarik Pembeli

Selama ini masih banyak pelaku usaha yang masih bersikap apatis terhadap cara mereka dalam promosi. Akibatnya bisnis yang mereka bangun hanya berjalan ditempat tanpa mengalami pertumbuhan yang signifikan. Permasalahan seperti ini seharusnya tidak boleh disepelekan karena akan membawa dampak buruk bagi usaha. Bagaimanapun juga kita harus memperhatikan strategi promosi yang digunakan agar dapat memasarkan produk dengan lebih efektif.

Lalu, Cara Promosi Seperti Apa Yang Efektif Untuk Menarik Minat Pembeli?

Sebagai seorang pelaku usaha, kita harus memahami berbagai macam cara promosi yang efektif supaya bisa meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran yang baik juga akan mendatangkan lebih banyak pembeli dan juga menjangkau konsumen secara luas. Oleh karena itu, kita harus banyak-banyak mempelajari trik pemasaran agar bisa melakukan promosi secara baik dan benar. Seperti halnya 6 macam strategi promosi paling banyak digunakan berikut ini, dapat menjadi inspirasi untuk anda.

Diskon

Cara promosi dengan memberikan diskon untuk pembelian produk tertentu adalah hal umum yang banyak digunakan. Seorang pembeli akan mendapatkan potongan harga dengan jumlah tertentu dari harga asli sesuai dengan ketentuan. Selama ini diskon masih menjadi salah satu strategi promosi efektif yang paling banyak digunakan di pusat-pusat perbelanjaan. Besaran diskon biasanya diterapkan dalam jumlah presentase tertentu seperti 20%, 30%, 50% dan seterusnya.

Cash Back

Cash back saat ini sedang menjadi tren dikalangan para pengusaha ritel. Terlebih lagi bagi mereka yang menjual produk-produk dengan nominal yang sangat besar. Strategi promosi ini hampir mirip dengan diskon namun yang membedakan adalah teknisnya. Jika diskon memberikan potongan harga dengan jumlah tertentu, cash back mengembalikan sebagian uang pembeli dengan jumlah tertentu dari harga beli. Strategi promosi cash back saat ini terbukti efektif untuk menarik minat pembeli apalagi jika jumlah transaksi yang dilakukan nilainya besar.

Bonus

Siapa saja pasti sulit untuk menolak sesuatu yang gratis seperti halnya sebuah hadiah. Dalam berbelanja, hadiah yang diberikan oleh penjual kepada pembeli biasa dianggap sebagai bonus. Biasanya mereka akan mendapat bonus jika berbelanja suatu barang dengan jumlah yang banyak. Bonus yang diberikan kepada para pembeli beragam macamnya, ada yang memberikan bonus berupa produk yang sama, sebuah barang, atau yang lainnya.

Gratis Voucher Belanja

Satu cara lain yang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis untuk menarik minat para pembelinya adalah dengan memberikan voucher belanja. Strategi ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki usaha ritel berupa minimarket, swalayan, atau supermarket. Voucher belanja bisa didapat oleh konsumen secara gratis jika memenuhi syarat yang sudah ditetapkan seperti belanja dengan jumlah tertentu atau belanja dengan nominal besar.

Baca Juga:
  1. 7 Tips Persiapan dan Perencanaan Sebelum Melakukan Promosi 
  2. Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi 
  3. 8 Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris

Gratis Ongkir

Strategi promosi yang satu ini biasa kita jumpai pada bisnis online. Bagi mereka yang memiliki usaha online shop, memberikan penawaran gratis ongkir kepada para pembeli adalah sebuah langkah tepat. Seperti yang kita ketahui bahwa selama ini yang menyebabkan orang berpikir dua kali untuk belanja online adalah biaya ongkos kirim yang dibebankan. Oleh karena itu, gratis ongkir dapat menjadi alternatif strategi promosi yang efektif.

Giveaway

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengenalkan produk adalah dengan menggunakan media sosial. Banyak perusahaan besar yang menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana promosi dan juga berinteraksi dengan para konsumennya. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan giveaway. Giveaway adalah memberikan hadiah kepada para pengguna media sosial dengan syarat tertentu. Biasanya mereka diharuskan menyebarkan informasi tentang produk di akun pribadi masing-masing agar diketahui oleh orang lain.

Penutup
Mencari strategi yang tepat untuk promosi itu penting. Tidak hanya  mempelajarinya saja, namun kita juga harus mengetahui macam-macam strategi promosi apa yang paling banyak digunakan oleh para kompetitor. Dengan begitu, kita dapat mencari cara pemasaran yang lebih efektif supaya dapat memenangkan persaingan. Salah satu kegagalan dalam memasarkan produk banyak dialami oleh pelaku usaha yang kurang peduli dengan cara promosi mereka.

6 Macam Strategi Promosi Paling Banyak Digunakan Untuk Menarik Pembeli