7 Tips Persiapan dan Perencanaan Sebelum Melakukan Promosi

Promosi merupakan salah satu kegiatan dalam bisnis yang fungsinya untuk mengenalkan produk kepada para calon konsumen. Selain itu, tujuan lain dari promosi adalah untuk meningkatkan jumlah penjualan. Karena memiliki peran penting dalam berjalannya bisnis, tak heran jika banyak pelaku usaha yang sengaja melakukan berbagai trik dan strategi dalam memasarkan produknya. Itulah sebabnya kenapa persiapan dan perencanaan sebelum melakukan promosi harus dilakukan dengan sangat matang.

Selama ini masih banyak kekeliruan yang dilakukan oleh para pelaku bisnis terutama mereka yang masih pemula. Hingga pada akhirnya promosi yang mereka lakukan tidak efektif dan sia-sia. Seharusnya, kegagalan dalam promosi sebisa mungkin harus dihindari demi kelancaran usaha. Namun pada kenyataannya masih banyak pelaku usaha yang belum sadar akan hal itu.

Gambar 7 Tips Persiapan dan Perencanaan Sebelum Melakukan Promosi

Kurangnya persiapan dan perencanaan sebelum melakukan promosi menjadi salah satu penyebab utama banyaknya pebisnis yang tidak mampu memasarkan produk dengan baik. Selama ini, mereka hanya asal-asalan dalam promosi tanpa memperhatikan tata caranya. Oleh sebab itu, kebanyakan dari mereka melewatkan hal-hal penting dalam langkah-langkah melakukan promosi salah satunya adalah persiapan dan perencanaan.

Langkah-langkah Persiapan dan Perencanaan Sebelum Melakukan Promosi

Untuk dapat mencapai sebuah promosi yang efektif, perlu dilakukan langkah-langkah persiapan dan perencanaan yang sangat matang. Hal ini harus benar-benar dilakukan karena promosi adalah sebuah langkah taktis. Jika tidak benar-benar dipersiapkan dengan baik, maka dalam proses pelaksanaannya akan gagal. Maka dari itu, perhatikan 7 tips persiapan dan perencanaan sebelum melakukan promosi berikut ini.

Tentukan Trik Dan Strategi

Salah satu syarat mutlak yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan promosi adalah menentukan trik dan strategi yang akan digunakan. Ini adalah hal penting karena akan mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Pilihlah strategi promosi yang cocok dan sesuai. Bisa dengan presentasi yang menarik, menggelar sebuah acara, atau menyajikan konten yang unik. Selain itu, trik promosi bisa juga menggunakan permainan harga seperti harga promo, cash back, atau beli 2 gratis 1.

Siapkan Media Promosi

Media promosi juga tidak kalah pentingnya. Media promosi berfungsi sebagai alat yang akan kita gunakan untuk menyampaikan pesan kepada audien. Sebaik-baiknya media promosi adalah yang mampu menarik perhatian audien untuk melihat apa yang kita sajikan. Beberapa media promosi bisa digunakan dapat berupa teks maupun audio visual. Namun untuk era digital seperti saat ini, media berupa audio visual seperti foto dan video adalah media yang paling efektif untuk promosi.

Susun Isi Dan Konten

Hal lain yang harus dipersiapkan sebagai penunjang media promosi adalah isi atau konten yang akan dimuat. Konten promosi bisa berupa kalimat-kalimat atau jargon yang mudah dihafal. Yang jelas, isi dari konten yang akan kita tayangkan kepada audien haruslah bersifat persuasif. Hal ini digunakan agar siapa saja yang membaca atau melihat dapat terpengaruh dan mengingat apa yang disampaikan oleh media promosi tersebut.

Anggarkan Jumlah Biaya

Biaya menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam aktivitas promosi. Besaran jumlah anggaran yang akan digunakan sangat bergantung pada cara kita melakukan promosi. Apakah kita akan menggunakan media cetak dan elektronik, ataukah kita akan memanfaatkan mudahnya akses internet.

Baca Juga:
  1. 5 Cara Promosi di Instagram Dengan Efektif
  2. Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi 
  3. 12 Persiapan Membuka Usaha Rumah Makan

Penggunaan media cetak dan elektronik akan memakan anggaran lebih besar namun hasilnya memuaskan karena langsung menjangkau masyarakat secara luas. Sebaliknya, jika kita menggunakan internet, kita bisa memanfaatkan media sosial yang minim biaya namun membutuhkan usaha keras supaya promosi bisa menjangkau secara luas.

Tentukan Target Pasar

Pada poin ini, kita harus melakukan persiapan dan perencanaan secara baik. Target pasar sangat berpengaruh pada keberhasilan penjualan. Maka dari itu kita harus benar-benar menentukannya secara tepat dan tertarget. Agar bisa memilih target pasar secara tepat, kita harus mampu mengenal produk kita terlebih dahulu. Sebagai contoh, jika kita menjual busana muslim, maka target pasar yang paling tepat adalah para wanita muslimah dengan rentang usia remaja hingga dewasa.

Pilih Waktu Yang Tepat

Poin terakhir ini menjadi hal yang sering dilupakan. Padahal keberadaannya memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keberhasilan pemasaran. Promosi tidak bisa dilakukan disembarang waktu. Kita harus mampu menganalisa kapan waktu yang tepat dan efektif untuk melakukan promosi. Sebagai contoh ketika menggunakan media sosial, kita dapat memanfaatkan jam-jam aktif para pengguna seperti malam hari selepas pukul 19.00 dimana banyak orang yang sedang bersantai.

Penutup
Promosi yang efektif dapat dilihat dari indikasi luasnya jangkauan dan banyaknya orang yang mengenali produk. Semakin baik langkah promosi yang diambil, maka hasilnya juga akan sangat baik. Untuk dapat meraih itu semua, kita hendaknya melakukan persiapan dan perencanaan yang sangat matang terlebih dahulu sebelum melakukan promosi. Maka dari itu langkah-langkah persiapan dan perencanaan sebelum melakukan promosi yang sudah disebutkan diatas patut dicoba demi keberhasilan pemasaran.

7 Tips Persiapan dan Perencanaan Sebelum Melakukan Promosi