Bagaimana Cara Menghadapi Konsumen Online Shop Yang Nakal?

Ketika kita sudah terjun ke dalam dunia bisnis, tentu kita akan menemukan konsumen dengan tipikal yang berbeda beda. Beberapa diantara mereka ada yang bersemangat up date koleksi-koleksi produk yang kamu jual, ada yang perfeksionis, ada yang simpel, ada yang suka berkomentar, ada juga customer yang tidak benar-benar ingin membeli produk kamu melainkan dia hanya melihat lihat dengan tujuan tertentu, kemudian ada juga tipikal konsumen online shop yang nakal. Konsumen online shop dengan tipikal inilah yang akan kita bahas di artikel kali ini. Bagaimana cara menghadapi konsumen online shop yang nakal? Mari simak penjelasannya berikut.

Bagaimana Cara Menghadapi Konsumen Online Shop Yang Nakal?

Siapakah mereka sehingga masuk ke dalam kriteria atau tipikal konsumen online shop yang nakal? Tipe konsumen ini adalah mereka yang tidak benar-benar ingin membeli produk yang anda jual. Biasanya,mereka mengikuti akun anda dengan maksud dan tujuan ingin menjatuhkan bisnis serta menjatuhkan image online shop milikmu. Beberapa dari mereka biasanya adalah saingan bisnis kamu, atau orang-orang yang memang pada dasarnya tidak suka dengan keberadaan online shop kamu.

Berikut Adalah Ciri-Ciri Konsumen Online Shop Yang Nakal

Kira-kira pasa saja ya ciri-ciri konsumen online shop yang nakal itu. Sebagai seorang seller atau penjual anda wajib mengetahuinya Berikut ini adalah ciri-ciri pembeli atau customer kamu yang nakal.

Memfollow Akun Olshop Kamu Menggunakan Akun Bayangan (Fake Account).

Para konsumen nakal biasanya tidak menggunakan real account, tetapi menggunakan akun bayangan atau akun palsu agar identitas asli dari konsumen dengan tipe ini tidak dapat dilacak atau dideteksi.

Meninggalkan Komentar-Komentar Negatif Dengan Sengaja Di Beberapa  Produk Yang Kamu Jual.

Para konsumen nakal ini seringkali memanfaatkan kolom komentar sebagai alat untuk menjatuhkan kredibilitas produk maupun toko online kamu. Mereka menuliskan komentar-komentar yang negatif dengan tujuan pembaca atau konsumen yang lain dapat terpengaruh oleh cerita yang mereka sajikan. Hal ini tentu bersifat merugikan, karena bisa mempengaruhi kepercayaan pelanggan Terhadapmu.

Meninggalkan Penilaian Yang Tidak Baik Secara Sengaja.

Para konsumen nakal ini juga kerap meninggalkan ulasan negatif mengenai produk kamu. Mereka seakan akan merasa dirugikan setelah berbelanja di toko anda. langkah ini mereka lakukan dengan maksud agar konsumen anda menjadi ragu untuk membeli produk anda dan kemudian berpindah ke online shop lain.

Lalu,apa saja langkah-langkah menghadapi konsumen nakal seperti yang ada paca ciri-ciri diatas? Yang pasti anda tidak boleh gegabah dalam menghadapinya. Anda harus benar-benar memikirkan langkah apa yang tepat untuk mengatasi konsumen online shop seperti ini. Jangan sampai hal ini justru malah merusak image online shop anda dan juga penaggan setia anda sendiri.

Tips Menghadapi Konsumen-Konsumen Online Shop Nakal

jika sudah mengetahui ciri-cirinyaseperti diatas, sekarang anda harus memikirkan cara untuk mengatasinya. cara yang akan anda gunakan hendaknya adalah yang berkelas sehingga tidak menimbulkan dampak buruk. Berikut ini adalah tips mengahdapi konsumen online shop yang nakal.

Kendalikan Emosi.

Di saat seperti itu, pasti emosi kita bisa meluap-luap dan tidak sabar ingin memarahi orang yang sudah nakal tersebut. Tetapi, kita harus berusaha sekuat mungkin menahan emosi kita agar tidak

Tetap Melayani Mereka Dengan Sepenuh Hati.

Munculnya konsumen-konsumen yang nakal, kadang memang membuat kita sebagai pemilik online shop merasa jengkel. Akan tetapi, kita harus tetap memberikan pelayanan yang maksimal serta selalu ramah kepada konsumen. hal ini dilakukan agar image online shop di mata konsumen lain tetap baik. Logikanya, orang lain akan tetap percaya kepada pelayanan kita jika  kita selalu memberikan pelayanan yang terbaik meskipun diluar sana ada yang berusaha menjatuhkan image kita.

Tidak Mudah Terpancing Dengan Cerita Dan Penilaian Buruk Dari Mereka

Tetap fokus kepada penilaian positif para konsumen, dan menjadikan kritik dari mereka sebagai bahan untuk evaluasi kita ke depan. Jangan biarkan kritik serta penilaian negatif dari konsumen menjadikan diri kita down atau putus asa untuk melaksanakan bisnis yang sudah kita rintis. Akan tetapi, akan sangat baik ketika kita bisa memanfaatkan penilaian negatif maupun positif untuk berbenah menjadi online shop/ toko online yang lebih baik.

Baca Juga:
  1. Menjadi Reseller Online Shop Yang Sukses Dalam Berjualan
  2. 9 Pertimbangan Dalam Memilih Lokasi Usaha 
  3. 7 Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Kita

Tetap Fokus Kepada Konsumen Setia Anda

Ketika anda menjalankan sebuah bisnis, anda pasti akan memiliki konsumen setia, atau pelanggan yang sering berlangganan di online shop anda. ketika kita sebagai pemilik toko memanjakan mereka serta memberikan pelayanan yang maksimal, maka mereka tidak akan segan-segan untuk selalu berlangganan bahkan mempromosikan online shop anda kepada teman-temannya.

Memberikan Klarifikasi Kepada Konsumen Anda Bila Diperlukan

Apabila konsumen-konsumen nakal itu sudah merugikan bahkan meresahkkan pemilik toko serta konsumen yang lain, anda perlu melakukan tindakan lebih lanjut. Anda bisa mengklarifikasi kebenaran kepada konsumen anda di media maupun secara peraonal dari isu-isu yang disebar oleh konsumen-konsumen olshop yang nakal. Dengan demikian, image online shop anda akan tetap aman.

Tingkatkan Image Dan Branding Produk Anda

Salah satu cara untuk meningkatkan image online shop adalah dengan membangun branding. Branding bisa dibangun untuk online shop anda, maupun barang yang anda tawarkan. Keuntungan dari branding adalah, anda bisa mengangkat image toko anda menjadi jauh lebih baik serta bisa meningkatkan target penjualan barang yang anda tawarkan.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara menghadapi pelanggan online shop yang nakal. Setiap pelanggan online shop memang memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Sebagai seorang penjual online kita harus waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan adanya ulah nakal dari pembeli. Hal ini bertujuan supaya bisnis online yang kita jalani tidak terganggu dengan faktor-faktor eksternal yang mungkin ingin menjatuhkan. Apakah anda pernah mengalaminya juga? Jika iya, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bagaimana Cara Menghadapi Konsumen Online Shop Yang Nakal?