Menjadi Reseller Online Shop Yang Sukses Dalam Berjualan

Bisnis online adalah salah satu bidang yang kini keberadaannya mulai menjamur di Indonesia. Tercatat lebih dari 50% pengguna internet menggunakan dunia maya untuk tujuan komersil. Ada banyak bidang usaha yang bisa dilakukan secara online salah satunya adalah dengan menjadi reseller yang berjualan barang di online shop. Menjadi seorang reseller tidak hanya demi mendapatkan penghasilan semata, namun beberapa diantara pelakunya menginginkan hal yang lebih, yaitu sukses.

Untuk memulai sebuah bisnis online dengan menjadi reseller adalah hal yang cukup mudah dilakukan. Dengan berbagai kecanggihan teknologi saat ini, membuat siapa saja mampu mendirikan usaha online asalkan memiliki gadget yang tersambung ke internet. Meski mudah, seorang reseller harus tetap merencanakan segala sesuatu secara matang untuk menunjang berjalannya usaha yang dilakukannya.

Gambar Menjadi Reseller Online Shop Yang Sukses Dalam Berjualan


Banyaknya jumlah reseller yang saat ini berjualan sudah membludak, menyebabkan persaingan diantara para reseller semakin ketat dan keras. Tidak heran jika pada saat berjualan para reseller tersebut saling adu strategi untuk memenangkan persaingan. Oleh karena itu, seorang reseller harus mampu mencari cara agar bisa sukses dalam berjualan.

Manfaat dan Keunggulan Menjadi Reseller Online Shop

Selama ini, profesi sebagai reseller kerap kali dianggap sebelah mata karena dianggap tidak menghasilkan. Namun anggapan itu salah besar, ada banyak manfaat dan keunggulan menjadi reseller online shop yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang selama ini. Perhatikan penjelasan mengenai keuntungan menjadi reseller berikut ini yang mungkin belum pernah diketahui oleh masyarakat awam.

Modal Yang Dikeluarkan Sedikit

Untuk menjadi reseller, seseorang tidak perlu megeluarkan modal dalam jumlah besar. Bahkan modal yang dikeluarkannya bisa dibuat sedikit mungkin. Pada beberapa kasus menunukkan bahwa seorang reseller bisa memulaiusaha tanpa modal sedikitpun dengan menggunakan sistem pre-order kepada para konsumennya.

Menjual Produk-produk Terbaik

Seorang reseller memiliki kesempatan untuk menjual produk-produk terbaik yang beredar di pasaran. Mereka bisa memilih dan memilah berbagai macam produk yang sekiranya cocok dan lebih menjual ketika di promosikan. Reseller yang sudah ahli biasanya selalu mencari-cari produk dari supliyer yang memiliki potensi tinggi untuk cepat laku terjual sehingga keuntungan yang didapat bisa datang dengan cepat.

Tidak Perlu Memproduksi Sendiri

Keuntungan yang sudah pasti bisa dirasakan oleh seorang reseller adalah bisa menjual produk dengan jumlah tidak terbatas tanpa harus memproduksinya sendiri. Reseller hanya mengambil barang dari seorang supliyer yang mereka percaya untuk kemudian dijual lagi. Dengan begini, seorang reseller tidak perlu memikirkan biaya produksi yang harus dikeluarkan sehingga mereka dapat menentukan jumlah laba yang diinginkan dengan mudah.

Mendapat Lumayan Banyak Laba

Laba yang akan didapatkan oleh seorang reseller dari hasil berjualan jumlahnya lumayan banyak. Hal ini disebabkan oleh minimnya modal yang dikeluarkan sehingga keuntungan yang didapat bisa disimpan sepenuhnya. Terlebih, seorang reseller tidak perlu mengeluarkan biaya produksi karena barang sudah disediakan oleh supliyer. Reseller tinggal menjual barang dengan harga jual yang bisa mereka sesuaikan dengan jumlah keuntungan yang diinginkan.

Dapat Maju dan Berkembang

Anggapan bahwa bisnis online dengan menjadi seorang reseller hanya bisa berjalan ditempat adalah sebuah kesalahan besar. Pada kenyataannya, meski hanya sebagai reseller usaha yang dijalankan bisa maju dan berkembang menjadi lebih besar. Dengan pengelolaan yang baik dan benar, reseller bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis online untuk mencapai sukses.

Baca Juga:
  1. 8 Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris 
  2. 12 Tanda Online Shop Anda Sudah Maju Dan Berkembang 
  3. 5 Tips Membuat Konsumen Tertarik Dengan Online Shop Kita

Cara Menjadi Reseller Yang Sukses Dalam Berjualan

Seorang reseller tidak bisa melakukan kegiatan jual beli dengan cara asal-asalan. Mereka juga harus memperhatikan strategi agar bisa bersaing dengan para kompetitornya. Agar bisa meraih kesuksesan, reseller harus mampu memutar otak untuk mendapatkan cara yang bisa digunakan sebagai strategi berjualan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan sebagai pedoman untuk reseller dalam berbisnis.

Cari Supliyer Terbaik

Salah satu hal yang harus dilakukan reseller sebelum memulai berjualan adalah mendapatkan supliyer. Carilah supliyer terbaik yang menyediakan barang dagangan dengan jumlah banyak namun harga jualnya masih rendah. Harga jual yang rendah akan memberikan peluang bagi reseller untuk bisa bermain harga dan memperoleh keuntungan yang tinggi. Selain itu, harga jula yang masih rendah akan mampu memenangkan persaingan dan banyak diminati oleh para pembeli.

Matangkan Konsep Transaksi

Buatlah konsep transaksi sebelum menjalankan usaha jualan online sebagai reseller. Konsep transaksi yang matang akan memudahkan jual beli sehingga tidak terjadi kebingungan. Pertimbangkan konsep transaksi apakah nantinya anda sebagai reseller akan menerapkan sistem pre-order kepada pelanggan atau malah ingin menampung stok barang dagangan sendiri. Kedua pilihan tersebut sama baiknya jika reseller mampu mengelola dengan benar.

Tentukan Sistem Pembayaran

Sebagai reseller, buatlah regulasi yang jelas terhadap sistem pembayaran yang akan digunakan. Sebaiknya gunakan beberapa sistem pembayaran yang dapat memudahkan konsumen dalam transaksi. Sebagai contoh adalah COD atau bayar di tempat. Jika memungkinkan, sistem ini akan mampu  menarik minat pembeli karena mereka tidak akan khawatir terhadap penipuan. Namun jika tidak memungkinkan, gunakan saja sistem transfer dengan memberikan beberapa pilihan rekening dari bank berbeda.

Lakukan Test Pasar Tehadap Produk

Sebelum memutuskan untuk menjual produk dalam skala besar, Seorang reseller dapat melakukan test pasar terhadap produk guna mengetahui seberapa potensialkah barang tersebut ketika beredar dipasaran. Cobalah untuk memasarkan beberapa buah produk terlebih dahulu kemudian perhatikan seperti apa reaksi pasar. Jika menemukan tanda-tanda bagus,  reseller bisa meneruskan untuk menjual produk tersebut secara luas.

Tentukan Target Pasar

Hal yang paling penting dari sebuah pemasaran adalah target pasar. Pemilihan target pasar akan sangat berpengaruh terhadap penjualan. Seorang reseller harus mampu menentukan target pasar secara tepat agar pemasaran bisa dilakukan dengan efektif dan efisien. Tentukan target pasar yang akan disasar berdasarkan jenis produk yang akan dijual. Sebagai contoh jika menjual pakaian muslimah berarti target pasar yang dituju adalah semua wanita muslim dari berbagai kalangan usia.

Rancang Strategi Promosi

Promosi adalah sebuah proses yang tidak bisa dipisahkan dalam berbisnis. Sebagai seorang pelaku usaha, wajib bagi reseller untuk melakukan perencanaan secara matang dalam promosi. Rancang strategi promosi yang akan digunakan sebaik mungkin agar bisa memancing dan menarik hati para calon pembeli. Salah satu kekuatan reseller dalam berjualan adalah kemampuannya dalam melakukan promosi.

Seorang reseller dapat melakuan promosi untuk menjual barang dagangannya menggunakan berbagai macam media yang ada di internet. Beberapa diantaranya yang paling banyak digunakan adalah media sosial seperti facerbook dan instagram yang menjadi pusat berkumpulnya masa di dunia maya. Beberapa cara promosi di media sosial dibawah ini wajib diketahui oleh reseller.

Promosi Menggunakan Facebook

Facebook merupakan media sosial paling populer di Indonesia. Jumlah pengguna media sosial bernuansa biru ini mencapai angka jutaan. Sebuah angka yang fantastis memang, oleh sebab itulah seorang reseller harus mampu memanfaatkan ini sebagai sarana promosi agar bisa meraih sukses dalam penjualan. Banyaklah belajar mengenai cara promosi di facebook dengan tepat dan efektif.

Gunakan Instagram Bisnis

Instagram adalah media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak nomor dua setelah facebook sekaligus memiliki profil bisnis. Ada banyak manfaat akun bisnis instagram yang bisa didapat oleh reseller yang menggunakannya. Seorang reseller harus mampu memanfaatkan peluang ini sebagai salah satu upaya untuk memasarkan produk. Konsep yang begitu visual membuat instagram sangat cocok digunakan para reseller untuk promosi menggunakan media gambar dan video. Belajarlah strategi dan cara promosi di instagram dengan efektif.

Manfaatkan Status WhatsApp

Salah satu aplikasi chatting paling banyak digunakan di Indonesia adalah whatsapp. Aplikasi berlogo gagang telepon ini biasa digunakan oleh para reseller dalam berjualan online untuk berkomunikasi dengan pembeli. Selain untuk mengirim teks singkat dan melakukan panggilan, whatsapp juga memiliki fitur berbagi kiriman ke sesama kontak melalui status yang bisa diperbaharui kapan saja. Sebagai reseller, manfaatkan fungsi status untuk melakukan promosi kepada para pelanggan.

Tentukan Waktu Promosi Yang Tepat

Melakukan promosi secara online tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika tidak dapat mengatur waktu promosi, makan usaha pemasaran uang dilakukan reseller akan sia-sia. Reseller harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk promosi secara online agar lebih efektif dan efisien. Gunakan waktu-waktu tersebut secara baik dalam melakukan promosi.

Penutup
Menjadi seorang reseller itu mudah, hanya saja perlu dilakukan beberapa strategi dalam berjualan supaya bisa sukses. Tidak hanya sampai disitu, seorang reseller juga harus mengelola keuangan dengan baik agar bisnis yang dijalankan dapat tumbuh seperti yang diharapkan. Pengelolaan keuangan yang baik dapat menjaga kondisi finansial supaya tetap sehat sehingga dapat digunakan untuk memajukan dan mengembangkan usaha secara kontinyu.

Namun yang pasti, seorang reseller harus mau bekerja keras jika menginginkan sebuah keberhasilan. Menjadi reseller online shop yang sukses dalam berjualan adalah impian dari setiap pedagang online. Oleh karena itu, reseller online shop tidak boleh bersikap apatis ketika berjualan. Sambil menjalankan usaha, reseller juga harus membuat target jangka panjang dan pendek untuk dicapai agar arah tujuan bisnisnya jelas.

Menjadi Reseller Online Shop Yang Sukses Dalam Berjualan