8 Tips Memilih Lokasi Yang Sesuai Untuk Usaha Restoran

Bisnis dibidang kuliner memang sangat potensial mengingat makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Salah satu bisnis kuliner yang paling banyak dijalankan adalah usaha restoran. Mendirikan usaha restoran bisa dibilang susah-susah gampang. Ada banyak faktor yang dapat membuat usaha restoran bisa sukses salah satunya adalah cara memilih lokasi yang sesuai.

Menentukan lokasi yang sesuai untuk usaha restoran memang sangat penting. Untuk bisa memilih lokasi yang strategis, seorang pelaku usaha restoran harus memperhatikan beberapa aspek penting. Lokasi usaha restoran menjadi satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam menentukan keberhasilan bisnis itu sendiri. Tidak heran jika banyak pemilik usaha restoran yang rela mengeluarkan uang lebih untuk berinvestasi pada tempat bisnisnya.

8 Tips Memilih Lokasi Yang Sesuai Untuk Usaha Restoran

Selama ini pelaku usaha restoran yang masih pemula justru kurang memperhatikan aspek dalam memilih lokasi. Mereka beranggapan bahwa tempat untuk mendirikan usaha restoran hanya perlu dibuat nyaman. Namun disamping itu, masih ada banyak aspek lain yang tidak boleh ditinggalkan demi kelancaran usaha restoran tersebut.

Lalu Bagaimana Cara Memilih Lokasi Yang Sesuai Untuk Usaha Restoran?

Memilih lokasi usaha yang sesuai untuk usaha restoran memang sangat penting. Apalagi jika bisnis kuliner yang dijalankan ini dimulai dari nol, maka akan ada banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus dilakukan demi suksesnya usaha restoran tersebut. Berikut ini adalah hal-hal dalam memilih lokasi yang sesuai untuk usaha restoran yang harus anda perhatikan.

Lokasi Restoran Dekat Dengan Target Pasar

Bagaimanapun juga tempat terbaik untuk mendirikan usaha adalah yang paling dengan dengan target pasar. Terlebih jika anda juga memperhatikan populasi atau jumlahnya yang cukup banyak. Begitu juga ketika anda akan memilih lokasi yang sesuai untuk usaha restoran. Tentu mendekatkan diri dengan target pasar adalah aspek yang tidak boleh ditinggalkan karena akan berpengaruh sangat baik terhadap usaha restoran.

Lokasi Restoran Harus Terlihat Jelas

Biasanya, orang akan penasaran dengan tempat usaha yang mereka lihat dengan jelas namun belum pernah mereka kunjungi sebelumnya. Kondisi ini dapat memicu calon konsumen untuk mencoba datang dan mencari pengalaman. Memilih lokasi yang sesuai untuk usaha restoran pun juga sama, tempatnya harus terlihat jelas dari jalan agar konsumen penasaran. Sebaiknya hindari memilih lokasi usaha restoran yang visibilitasnya terhalang.

Restoran Terletak di Lokasi Yang Ramai

Pertimbangan lain untuk memilih lokasi yang sesuai untuk usaha restoran adalah memperhatikan lingkungan sekitar. Seperti yang kita tahu bahwa lokasi strategis itu sangat menguntungakan. Maksudnya adalah lokasi restoran yang dipilih akan lebih baik jika terletak didekat pusat keramaian baik itu tempat wisata, pusat perbelanjaan atau pusat kota. Yang jelas, lokasi restoran yang dekat keramaian akan meningkatkan kesempatan untuk dikunjungi konsumen.

Akses Ke Lokasi Restoran Sangat Mudah

Satu hal sepele namun tidak kalah penting ketika memilih lokasi yang sesuai untuk usaha restoran adalah akses menuju lokasi. Sebaik-baiknya tempat usaha adalah yang mudah dicapai dengan akses yang baik. Begitu juga dengan jalan menuju restoran anda. Akses jalan harus mudah dilalui kendaraan serta tidak membahayakan keselamatan.

Ada Lahan Parkir Yang Cukup

Biasanya lahan parkir adalah kriteria paling akhir yang terkadang malah dianggap tidak penting oleh sebagian pelaku usaha. Anggapan ini justru salah kaprah. Lahan parkir itu amat sangat penting. Terlebih lagi untuk lokasi usaha restoran. Coba pikirkan, bila suatu saat usaha restoran anda ramai dan banyak pengunjung yang berdatangan dengan membawa kendaraan, dimana mereka bisa parkir?

Baca Juga:
  1. Bisnis Restoran Sepi Pembeli? Ini Cara Memajukan dan Mengatasinya
  2. 9 Pertimbangan Dalam Memilih Lokasi Usaha 
  3. 7 Keuntungan Memiliki Tempat Usaha Strategis

Harga Lokasi Restoran Yang Sesuai

Aspek yang cukup penting dalam memilih lokasi yang sesuai untuk usaha restoran adalah masalah harga. Ini adalah persoalan sensitif karena nilai dari sebuah tempat sifatnya relatif. Artinya untuk bisa menentukan harga dari sebuah lokasi, kita harus melihat dulu seberapa besar potensinya, kondisi bangunan, strategis atau tidaknya dan juga luas dari lokasi itu sendiri. Intinya, sesuaikan beberapa unsur tersebut dengan prospek yang anda dapat.

Kondisi Bangunan Yang Nyaman

Memilih lokasi yang sesuai untuk usaha restoran tentu harus mempertimbangkan faktor kenyamanan. Orang yang datang ke restoran pasti ingin menikmati hidangan untuk mengusir rasa lapar. Siapapun orang yang sedang menyantap makanan pasti membutuhkan tempat yang nyaman. Jadi pilihlah kondisi bangunan yang dapat membuat para pelanggan merasa nyaman karena mereka berpotensi akan kembali lagi.

Memiliki Pemandangan Yang Indah

Jika anda bisa memilih lokasi usaha restoran dengan pemandangan yang indah pasti akan jadi poin plus. Selama ini tempat makan yang memiliki view pemandangan indah pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan. Pemandangan yang indah juga dapat menambah rasa nyaman saat menyantap hidangan. Memilih lokasi usaha restoran dengan view menarik bisa jadi strategi unik untuk menarik pengunjung.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips memilih lokasi yang sesuai untuk usaha restoran. Menentukan tempat usaha restoran memang cukup rumit, namun anda harus bisa memilih yang terbaik agar bisnis bisa berjalan dengan baik. Dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti target pasar, visibilitas (keterlihatan), harga, akses jalan, pemandangan dan kondisi bangunan, anda bisa memperkirakan seperti apa lokasi yang tepat untuk usaha restoran.

8 Tips Memilih Lokasi Yang Sesuai Untuk Usaha Restoran