IG Digembok? Ini 7 Manfaat Mengunci Privat Akun Instagram

Instagram atau biasa disingkat IG adalah salah satu sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat. Biasanya mereka menggunakan Instagram untuk berbagi momen melalui dokumentasi sebuah foto. Yang unik dari Instagram adalah adanya fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memilih mode akun sebagai privat. Artinya akun Instagram akan dikunci atau digembok sehingga hanya orang-orang tertentu yang dapat berinteraksi.

Tidak sedikit pengguna Instagram yang mengunci privat akun mereka dengan alasan privasi. Memang sih akun Instagram yang di kunci gembok ini tidak bisa diakses sembarangan oleh orang sehingga membuat konten didalamnya lebih terjaga privasinya. Bukan jadi privat sepenuhnya, namun lebih bertujuan untuk membatasi saja. Namanya juga sosial media, jika tidak diketahui orang lain pasti rasanya akan hambar.

IG Digembok? Ini 7 Manfaat Mengunci Privat Akun Instagram

Mengunci privat akun Instagram dianggap sebagai hal yang dapat mencegah diri kita dari sesuatu yang tidak diinginkan. Maraknya kasus bullying di sosial media bisa jadi salah satu alasannya. Akun Instagram yang digembok akan membuat seorang pengguna menjadi merasa aman karena tidak sembarang orang bisa melihat timeline dan story miliknya. Apakah kamu juga melakukan hal yang sama untuk menjaga privasimu di Instagram?

Apa Sih Manfaat Akun Instagram Digembok (Kunci Privat)?

Setiap pengguna sosial media dituntut untuk bijak dalam melakukan segala aktivitasnya di dunia maya, termasuk kita. Salah satu upaya untuk mengurangi dampak negatif adalah dengan membatasi privasi kita sendiri. Menggunakan mode akun privat Instagram adalah salah satu caranya. Lalu, apa saja manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengunci gembok akun Instagram? Berikut ini penjelasannya.

Dapat Menyeleksi Setiap Follower

Manfaat mengunci privat akun Instagram yang pertama adalah kamu dapat menyelekesi setiap follower yang akan mengikuti akunmu. Kamu juga dapat melakukan kontrol terhadap akun-akun yang tidak dikenal dengan cara mengkonfirmasi atau menolak akun tersebut di notifikasi. Akun Instagram yang digembok akan mendapat notifikasi konfirmasi setiap ada akun yang akan mengikuti.

Hanya Follower Yang Bisa Melihat Postingan

Manfaat lain dari mengunci privat akun Instagram adalah pembatasan orang yang melihat kontenmu. Hanya followernya saja yang bisa melihat postingan di akun Instagram yang digembok. Hal ini dapat membuat konten Instagram kamu jadi lebih terlindungi dari orang-orang yang tidak dikenal. Konten akun Instagram yang di privat juga tidak akan tampil di pencarian.

Membatasi Siapa Saja Yang Berkomentar

Mengunci privat akun Instagram juga bermanfaat untuk membatasi komentar. Kamu dapat mengontrol siapa saja orang yang bolej berkomentar di konten yang telah di post. Hal ini dapat berguna untuk meminimalisir komentar-komentar negatif dari orang-orang yang tidak suka terhadapmu. Pada akun Instagram yang digembok, hanya para pengikutmu yang bisa melakukan komentar.

Direct Message Lebih Terkontrol

Manfaat keempat yang akan kamu peroleh dengan mengunci privat akun Instagram adalah pesan langsung atau direct message yang akan lebih terkontrol. Saat akun digembok, kamu memiliki hak untuk menolak atau menerima DM dari orang lain. Dengan begini kamu lebih leluasa untuk membatasi siapa saja orang yang kamu perkenankan untuk mengirim pesan.

Merahasiakan Pengikut dan Mengikuti

Saat akun Instagram kamu digembok, maka orang lain yang belum follow akumu tidak akan bisa melihat siapa saja pengikutmu dan siapa saja orang kamu ikuti. Hanya akun-akun yang sudah follow kamu yang bisa melihat siapa saja orang yang kamu ikuti dan siapa orang yang mengikutimu. Hal ini bermanfaat untuk menjaga privasi pertemananmu.

Baca Juga:
  1. Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi
  2. 10 Cara Aman Belanja Online di Instagram 
  3. Cara Mudah Buka Situs Diblokir di HP Android Tanpa Aplikasi

Akun Instagram Lebih Aman

Manfaat selanjutnya yang akan kamu peroleh dengan mengunci privat akun Instagram adalah menjadi lebih aman. Akun yang digembok akan aman dari gangguan orang-orang yang tidak menyukaimu. Mereka bisa saja berbuat hal yang tidak menyenangkan seperti berkomentar negatif atau ingin mengetahui hidupmu. Akun Instagram yang digembok akan lebih terkontrol.

Terhindar Dari Kasus Bullying

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapat dari mengunci privat akun Instagram adalah terhindar dari kasus bullying. Seperti yang sudah kita tahu bahwa saat ini media sosial sering digunakan sebagai sarana untuk melakukan tindakan mencemooh, berbicara miring, mengolok-olok dan lain sebagainya. Akun Instagram yang digembok dapat membantumu terhindar dari hal-hal seperti itu.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat mengunci privat akun Instagram. Mengunci gembok akun Instagram dapat menjadi metode pencegahan agar terhindar dari hal-hal negatif yang bisa merugikan kita sendiri. Dengan mode akun privat, kita lebih bisa mengontrol  siapa saja orang yang berinteraksi di Instagram. Bagaimamapun juga, tindak kejahatan selalu mengintai siapa saja di sosial media termasuk Instagram.

IG Digembok? Ini 7 Manfaat Mengunci Privat Akun Instagram