7 Penyebab Kenapa Koneksi Internet di Android Jadi Lemot

Berbicara mengenai HP andorid, tidak akan pernah bisa terlepas dengan yang namanya koneksi internet. Jaringan internet itu sendiri jadi salah satu kunci lancarnya komunikasi di smartphone android. Seorang pengguna android akan merasanya nyaman bisa sinyal internet di handphone miliknya sangat kuat. Lalu bagaimana jadinya jika seorang pengguna HP android mengalami koneksi internet yang lemot atau lambat?

Siapapun pengguna ponsel android tentu tidak ingin mengalami yang namanya koneksi internet lemot. Berbagai macam cara biasanya mereka lakukan agar mendapatkan jaringan internet dengan kecepatan yang baik dan strabil. Berbagai macam provider jaringan internet di Indonesia dijelajahi meski harus membayar tarif yang cukup mahal hanya untuk mendapatkan koneksi internet yang berkualitas dan tidak lemot.

7 Penyebab Kenapa Koneksi Internet di Android Jadi Lemot

Koneksi internet yang lemot di android memang membuat sangat tidak nyaman. Pasalnya jaringan internet yang lambat dapat mengganggu berbagai macam aktivitas seperti komunikasi, browsing, download, streaming, dan lain-lain. Terlebih jika kita punya pekerjaan yang bergantung pada kecepatan internet seperti online shop. Tak heran jika pada saat koneksi internet di android lemot, banyak pengguna yang meradang.

7 Hal Ini Dapat Menyebabkan Jaringan Internet di Android Jadi Lemot

Ketika koneksi internet di HP android jadi lemot, kebanyakan para pengguna langsung menuding pada provider penyedia jaringan internet tersebut yang bersalah. Padahal kenyataannya, provider bukanlah satu-satunya penyebab koneksi internet lemot. Ternyata ada banyak hal yang dapat menyebabkan kenapa jaringan internet di android jadi lemot. Apa saja hal-hal tersebut, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Pengguna Internet Yang Padat

Kondisi lingkungan sekitar kamu berada turut menjadi faktor penyebab koneksi internet jadi lemot. Di lingkungan yang notabene banyak pengguna sebuah provider akan membuat penumpukan traffic sehingga menyebabkan jaringan menjadi sibuk. Hal inilah yang memicu koneksi internet di android jadi lemot. Banyaknya orang yang menggunakan sinyal yang sama seperti ini akan membuat bandwith internet dari suatu provider menjadi terbagi sesuai dengan banyaknya jumlah pengguna.

Berada Pada Area Yang Sulit Sinyal

Pada saat kamu berada di suatu daerah, coba cermati bagaimana sinyal ponselmu disana. Apakah daerah tersebut termasuk kedalam daerah yang sulit mendapat sinyal atau tidak. Terkadang kondisi geografis suatu daerah bisa jadi penyebab kenapa koneksi internet di android jadi lemot. Daerah yang jauh dari tower jaringan akan membuat ponsel sulit menangkap sinyal. Terlebih jika daerah tersebut berada di perbukitan dimana sinyal ponsel terhalang sehingga membuat kecepatan internet jadi lemot.

Ponsel Android Sedang Update Sistem

Selain dua faktor eksternal seperti yang sudah dibahas diatas, ada juga faktor internal dari dalam ponsel itu sendiri yang jadi penyebab kenapa koneksi internet di android jadi lemot. Seperti pada saat ponsel android milikmu sedang melakukan proses update sistem. Biasanya update sistem seperti ini terjadi secara otomatis sehingga kita tidak mengetahuinya. Terlebih file sistem yang didownload ukurannya sangat besar sehingga memakan sebagian jaringan yang menyebabkan koneksi internet jadi lemot.

Aplikasi Yang Terhubung ke Internet

Tahukah kamu bahwa terkadang ada aplikasi yang memerlukan koneksi internet dan berjalan dilatar belakang ponsel android milikmu. Biasanya ada beberapa aplikasi yang memang harus berjalan dilatar belakang dengan memakai jaringan internet seperti WhatsApp, Email, Instagram, Facebook dan lain sebagainya. Hal ini ternyata juga bisa jadi penyebab kenapa koneksi internet di android jadi lemot. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengurangi aplikasi yang berjalan dilatar belakang tersebut.

Baca Juga:
  1. Cara Mudah Buka Situs Diblokir di HP Android Tanpa Aplikasi
  2. Ini 6 Cara Ngecas HP Android Yang Baru Beli Dengan Benar
  3. Wi-Fi HP Android Pie Tiba-tiba Hidup Sendiri? Ini Penyebab dan Solusinya

Sedang Download File Besar

Hal lain yang juga bisa jadi penyebab kenapa koneksi internet di android jadi lemot adalah karena kamu sedang download file dengan ukuran cukup besar. Saat sedang mendownload sebuah file, jaringan internet pada ponselmu akan terfokus kesana sehingga ketika kamu memakai aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet pasti loadingnya jadi lemot. Jika memang kamu sedang download file, maka bersabarlah untuk menunggu proses download tersebut selesai agar koneksi internet di HPmu tidak lemot lagi.

Teknologi Jaringan Pada Ponsel

Kecanggihan teknologi jaringan yang ada pada HP android milikmu juga memiliki peran yang sangat besar. Semakin jadul teknologi jaringan ponselmu akan jadi penyebab koneksi internet di android jadi lemot. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini ada bebeapa teknologi jaringan mulai dari GSM, GPRS, 3G, HSDPA, HSDPA+ hingga 4G. Diantara keenam teknologi tersebut, manakah milikmu? Jika teknologi jaringan HPmu semakin rendah, maka koneksi internet di android milikmu akan jadi lemot.

Cuaca Yang Sedang Buruk

Faktor eksternal terakhir yang juga menentukan koneksi internet di android jadi lemot adalah cuaca. Pada saat terjadi cuaca buruk seperti hujan atau badai, biasanya jaringan pada ponsel akan menjadi kacau. Hal ini akan mempengaruhi kualitas koneksi internet sehingga jadi lemot. Ketika sedang terjadi cuaca buruk, tidak heran jika banyak orang yang merasa koneksi internet sangat lemot bahkan tidak bisa digunakan.

Penutup

Itulah beberapa hal yang jadi penyebab kenapa koneksi internet di android jadi lemot. Provider jaringan bukanlah satu-satunya tersangka, sebenarnya ada banyak hal yang bisa jadi faktor lambatnya jaringan internet di HP android milikmu. Oleh karena itu jangan terus-terusan menjadikan provider jaringan internet sebagai kambing hitam. Cobalah untuk mencari hal-hal lain yang mungkin dapat menyebabkan jaringan internet di android jadi lemot.

7 Penyebab Kenapa Koneksi Internet di Android Jadi Lemot