8 Tips Memilih Softlens Yang Baik Dan Aman Bagi Pemula

Softlens atau lensa kontak akhir-akhir ini semakin menjadi benda yang banyak dicari oleh sebagian besar masyarakat penderita mata rabun jauh maupun yang tidak memiliki penyakit mata sekalipun. Softlens selain dipakai untuk membantu meningkatkan penglihatan penggunanya, juga difungsikan sebagai penunjang fashion dan kecantikan.

Softlens saat ini menjadi alat bantu penglihatan yang banyak digunakan karena dinilai sangat praktis, terlebih bagi penderita mata rabun jauh. Mereka dapat memanfaatkan soflens sebagai pengganti kacamata. Softlens juga dapat menambah kesan cantik dan fresh pada area mata, terlebih ketika sedang memakai full make up di acara-acara tertentu.

8 Tips Memilih Softlens Yang Baik Dan Aman Bagi Pemula

Softlens memang sangat praktis, namun tidak sedikit juga dari pemakai yang mengalami gangguan atau iritasi pada mata karena salah dalam memilih lensa kontak. Beberapa dari mereka mengalami gangguan seperti mata merah, keluarnya air mata secara terus menerus, mata kering, dan sebagainya. Kurangnya pengetahuan serta ketelitian dalam pemilihan soflens tidak menutup kemungkinan menjadi alasan terkuat penyebab iritasi tersebut.

Inilah Tips Memilih Softlens Yang Baik Dan Aman Bagi Pemula

Banyak sekali merk softlens yang akan kita jumpai di toko soflens, optik, maupun toko make up dan aksesoris dari kisaran harga paling rendah hingga harga paling tinggi. Serta dengan berbagai pilihan jenis lensa, warna serta ukuran lensa. Perbedaan merk, harga, serta jenis lensa sangat berpengaruh kepada kualitas softlens tersebut. Oleh karena itu, dibawah ini akan dijelaskan bagaimana tips memilih softlens yang baik bagi pemula.

Memilih Merk Softlens Yang Sudah Memiliki Standar Internasional

Lensa kontak atau softlens merupakan benda asing yang ditempelkan langsung ke area mata, oleh karena itu dalam pemilihan softlens juga tidak boleh sembarangan. Pastikan soflens tersebut aman digunakan dan sudah memenuhi standar Internasional (ISO) serta direkomendasikan oleh Kementrian Kesehatan. Softlens yang memiliki kualitas  dan standar yang baik akan meminimalisir kemungkinan terjadinya iritasi pada mata.

Memilih Softlens Dengan Kadar Air Sesuai Kebutuhan Mata

Kadar air pada softlens sejatinya dibagi menjadi dua yaitu softlens dengan kadar air tinggi (diatas 50% ) dan softlens dengan kadar air rendah (dibawah 50%. Apabila kualitas dan kuantitas air mata anda normal, akan lebih baik memakai soflens dengan kadar air tinggi. Softlens dengan kadar air tinggi akan mudah untuk meneruskan oksigen lebih banyak pada mata. Akan tetapi jika kondisi mata anda memiliki kadar air mata yang cenderung sedikit, sebaiknya memilih softlens dengan kadar air rendah. Softlens dengan kadar air yang rendah akan lebih sedikit menyerap air mata sehingga kondisi mata akan tetap lembab. Pastikan untuk selalu memeriksa keterangan kadar air pada setiap kemasan softlen sebelum membelinya.

Jangan Terkecoh Dengan Softlens Harga Murah

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa harga pasti menentukan kualitas produk yang ditawarkan. Begitu juga dengan kontak lensa atau softlens. Ada banyak pilihan harga yang ditawarkan oleh penjual softlens dari berbagai merk. Namun, anda jangan mudah tergiur dengan harga softlense yang murah.  Pastikan anda memilih softlens dengan harga yang wajar dan memang sudah memenuhi standar Internasional. Jangan gadaikan kesehatan mata anda hanya karena ingin tampil fashionable dengan membeli softlens yang berharga murah namun memiliki kualitas yang tidak baik.

Memperhatikan Tanggal Kadaluarsa Softlens

Sama seperti halnya produk kesehatan pada umumnya, sotflens juga memiliki batas waktu kadaluarsa. Antara satu jenis softlens dan yang lainnya memiliki waktu kadaluarsa yang berbeda-beda. Ada jenis softlens yang hanya untuk satu kali pakai saja dan aja pula jenis softlens yang memiliki masa pakai dalam kurun waktu tertentu. Beberapa jenis softlens memiliki waktu kadaluarsa selama 3 bulan sedangkan yang jenis tertentu memiliki waktu kadaluarsa selama 6 bulan. Maka dari itu, selalu perhatikan tanggal kadaluarsa softlens yang anda beli. Jika perlu tulislah tanggal kadaluarsanya pada kotak softlens.

Pastikan Memilih Produk Softlens Original

Tidak sedikit pula penjual yang menawarkan fake product atau produk palsu dari berbagai macam jenis softlens di pasaran. Pelaku menggunakan merk softlens yang sama namun isinya sudah diganti dengan produk softlens yang kualitasnya jauh lebih rendah kemudian dijual dengan harga yang lebih murah. Tidak jarang konsumen yang kurang teliti pun tergiur dengan barang yang ditawarkan tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya baca dan amati terlebih dahulu kemasan softlens sebelum membeli. Selain itu, telitilah terlebih dahulu toko yang menjual produk softlens tersebut. Apakah toko tersebut dapat dipercaya atau tidak. Hal ini sangat penting agar kita sebagai pembeli tidak mendapatkan produk yang salah.

Baca Juga:
  1. 8 Tips Memilih Tontonan Yang Baik Untuk Anak
  2. 7 Alasan Mengapa Sekolah Tidak Penting Menurut Deddy Corbuzier 
  3. Perhatikan! Inilah 8 Cara Agar Mata Tidak Minus Saat Main HP

Pilih Diameter Softlens Sesuai Kebutuhan Mata

Pada dasarnya, softlens tersedia dengan berbagai macam ukuran yang berbeda-beda. Softlens yang dijual dipasaran memiliki diameter yang beragam untuk disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau pemakai softlens itu sendiri. Umumnya ukuran diameter yang disediakan adalah 14 mm, 14,5 mm, 15 mm, 16 mm, sampai 22 mm. Untuk pemula, sebaiknya memilih diameter normal yaitu 14 mm atau 14,5 mm agar leboih nyaman saat digunakan.

Pastikan Minus Soflens Cocok Dengan Mata

Sejatinya, fungsi utama softlens dengan kacamata adalah sama. Yakni untuk membantu memperjelas penglihatan bagi penderita mata minus atau rabun jauh. Oleh karena itu, pastikan anda membeli softlens yang ukuran minusnya sesuai dengan kebutuhan mata. Anda juga bisa membeli softlens dengan selisih 0,25 lebih rendah dari ukuran minus mata anda.

Pilihlah Warna Softlens Sesuai Dengan Kebutuhan

Memilih warna softlens kerap menjadi hal yang membingungkan bagi pemula, terlebih banyaknya pilihan motif serta warna yang ditawarkan. Sebaiknya memilih warna sesuai dengan kebutuhan saja. Misalkan untuk kegiatan sehari-hari, anda bisa memilih dan menggunakan softlens dengan warna atau motif yang natural. Akan tetapi apabila anda ingin memakai soflens untuk acara-acara tertentu, anda bisa memilih softlens dengan motif dan warna yang cantik sesuai dengan make up dan fashion yang anda kenakan.

Konsultasikan Kepada Dokter Mata Apabila Masih Ragu Dalam Memilih Soflens

Sebagai calon pemakai softlens pemula, tentu akan timbul banyak kekhawatiran dan rasa takut. Terlebih softlens merupakan benda asing yang cara memakainya adalah dengan ditempelkan secara langsung ke bagian bola mata. Oleh karenanya, apabila anda masih ragu dan takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, silahkan datang dan konsultasikan kepada dokter terkait terlebih dahulu. Pastikan anda mendapat rekomendasi softlens yang tepat dan cocok untuk mata anda.

Penutup

Itulah beberapa tips dalam memilih softlens yang baik dan aman bagi pemula. Memilih softlens yang berkualitas baik adalah hal yang susah-susah gampang. Dengan sedikit ketelitian, kita bisa mendapatkan softlens yang aman untuk digunakan. Pada dasarnya memilih softlens tidak boleh sembarangan, karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mata ringan hingga berat. Dengan pembahasan pada artikel ini, diharapkan pembaca dapat lebih jeli dalam memilih softlens terlebih bagi mereka yang masih pemula.

8 Tips Memilih Softlens Yang Baik Dan Aman Bagi Pemula