8 Cara Membaca Peta Google Maps Dengan Baik dan Benar

Mengetahui lokasi suatu tempat akan sangat mudah apabila menggunakan alat bantu peta. Dengan teknologi yang semakin canggih, hanya melalui smartphone android kita sudah bisa melihat peta suatu tempat hanya menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi peta yang saat ini banyak digunakan adalah Google Maps. Aplikasi peta buatan raksasa teknologi, Google, ini sangat mempermudah kita dalam mencari dan menemukan suatu lokasi bahkan mampu memberikan rute terbaik saat berkendara.

Google Maps kini menjadi aplikasi peta andalan banyak orang sebagai alat petunjuk jalan untuk pergi ke suatu tempat. Google Maps sendiri mampu mencarikan rute perjalanan terbaik untuk penggunanya sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakannya. Meski begitu, cara membaca peta Google Maps terkadang masih menjadi masalah bagi sebagian pengguna. Kebanyakan dari mereka kurang paham dan mengerti sehingga kesulitan dalam membaca peta Google Maps itu sendiri.

8 Cara Membaca Peta Google Maps Dengan Baik dan Benar

Kekeliruan dalam membaca peta Google Maps memang banyak dialami oleh para pengguna aplikasi ini. Akibatnya, banyak diantara pengguna Google Maps yang nyasar dan salah jalur sehingga tidak bisa sampai ke tempat tujuan yang di inginkan. Jika sudah begini, Google Maps yang seharusnya jadi alat untuk memudahkan pekerjaan justru malah menyusahkan. Ini bisa saja menjadi kesalahan pengguna yang memang tidak bisa membaca peta Google Maps secara baik dan benar.

8 Tips dan Cara Membaca Peta Google Maps Dengan Baik dan Benar

Sebenarnya, membaca peta Google Maps itu tidaklah sulit. Aplikasi ini sangat membantu dalam menemukan lokasi yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya. Apalagi jika kita menggunakannya untuk melakukan perjalanan menuju suatu tempat. Jika digunakan dengan baik dan benar, maka peta pada Google Maps bisa jadi alat yang sangat memudahkan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai tips dan cara membaca peta Google Maps secara baik dan benar.

Pilih Jenis Peta Yang Memudahkan

Hal pertama yang harus kamu ketahui untuk memudahkan membaca peta pada aplikasi Google Maps adalah dengan memanfaatkan beberapa jenis peta yang tersedia seperti mode default, satelit dan medan. Mode default menunjukkan peta denah jalan, mode satelit menunjukkan peta bumi nyata, mode medan menunjukkan peta denah dengan kondisi geografis. Disini kamu juga bisa memilih detail peta seperti trasportasi umum, lalu lintas, bersepeda ataupun street view. Cara memakai fitur ini cukup mudah dengan tap atau klik ikon layer pada pojok kanan atas peta.

Aktifkan Sensor Kompas

Tips kedua yang tidak boleh kamu lewatkan untuk memudahkan membaca peta Google Maps adalah dengan mengaktifkan sensor kompas pada ponsel lalu di sinkronisasi dengan aplikasi tersebut. Sensor kompas ini akan memudahkan dalam mengetahui posisi kamu menghadap apakah ke utara, timur, selatan atau barat. Yang perlu jadi catatan adalah tidak semua ponsel android memiliki fitur sensor kompas. Beberapa ponsel android memang tidak memilikinya. Jadi sinkronisasi fitur sensor kompas ini hanya bisa dipakai di ponsel yang mendukung.

Pilih Jalur Sesuai Dengan Jenis Kendaraan

Langkah selanjutnya dalam membaca peta Google Maps dengan baik dan benar adalah memilih jalur atau rute jalan sesuai dengan jenis kendaraan yang akan kamu gunakan. Apakah itu mobil, motor, sepeda ataukah jalan kaki. Sebelum memulai rute pada aplikasi, pada tampilan bagian atas kamu bisa memilih rute untuk jenis kendaraan yang berbeda. Agar perjalanan kamu sesuai dengan harapan, sebaiknya sesuaikan rute dengan jenis kendaraan yang digunakan.

Disarankan Memilih Rute Jalan Raya

Dalam beberapa kasus, ada beberapa pengguna peta Google Maps yang terjebak pada jalan-jalan sempit atau tidak layak. Nah untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu memilih rute yang melawati jalan raya. Biasanya kondisi jalan raya akan lebih mudah untuk dilalui meski sedikit agak padat. Rute jalan raya juga akan membuat kamu lebih mudah dalam membaca peta Google Maps agar tidak nyasar. Pada Google Maps, jalan raya ditandai dengan denah jalan yang lebih lebar daripada jalan lain.

Ikuti Panduan Arah Dibagian Atas Aplikasi

Agar tidak nyasar dan sampai pada tujuan, sebaiknya terus ikuti instruksi panduan arah pada kotak hijau dibagian atas aplikasi. Disini kamu akan mendapatkan instruksi apakah harus belok kiri atau kanan, nama jalan yang akan dilalui dan juga jarak dari arah kamu berjalan hingga sampai ke belokan. Selalu perhatikan dan ikuti panduan tersebut, maka kamu akan sampai pada titik lokasi yang kamu inginkan bahkan di tempat-tempat yang memang belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Baca Juga:
  1. Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Youtube Go Untuk HP Android
  2. Inilah Fungsi Lubang Kecil di Atas dan Bawah HP Xiaomi
  3. 7 Penyebab Kenapa Koneksi Internet di Android Jadi Lemot

Aktifkan Mode Panduan Suara

Selain panduan berupa arah panah yang bisa dibaca dan dilihat di peta Google maps, kamu juga bisa mengaktifkan mode panduan suara agar kamu bisa mendapat instruksi robot melalui suara. Fitur ini bisa membuat kamu semakin mudah menuju titik lokasi yang dituju. Bagi kamu yang kesulitan membaca peta Google Maps, cobalah untuk mengunakan fitur ini. Panduan suara dari Google Maps akan menunjukkan berapa jarak menuju belokan, nama jalan yang akan dilalui dan kemana arah kamu akan berbelok.

Selalu Perhatikan Jarak Sebelum Belok

Pada aplikasi peta Google Maps kamu akan selalu mendapatkan pemberitahuan mengenai jarak dari titik kamu berada menuju belokan selanjutnya. Membaca peta Google Maps saat berkendara akan lebih mudah jika kamu selalu memperhatikan jarak sebelum belok. Berbelok secara mendadak dapat membuat kamu terlambat menuju jalan selanjutnya. Terlebih berbelok secara mendadak juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan karena pengendara yang berada di belakang kita kaget.

Lakukan Perjalanan Sesuai Panduan

Langkah terakhir yang perlu kamu perhatikan dalam membaca peta Google Maps secara baik dan benar adalah dengan melakukan perjalanan seusai dengan panduan baik itu rute peta maupun instruksi suara dari  aplikasi tersebut. Jalan yang akan kita lalui menuju titik lokasi akan ditandai dengan garis biru pada aplikasi. Maka dari itu, ikuti saja kemana arah garis biru tersebut. Jika mengikuti panduan dengan baik dan benar, maka kamu akan tiba di tempat tujuan dengan tepat.

Penutup

Itulah beberapa tips serta cara membaca peta Google Maps dengan baik dan benar agar tidak nyasar. Aplikasi peta seperti Google Maps sengaja diciptakan untuk memudahkan perjalanan menuju suatu tempat. Membaca peta Google Maps sebenarnya cukup mudah jika kita mengikuti panduan yang tersedia. Jika sudah terbiasa, maka penggunaan Google Maps dalam kehidupan sehari-hari akan sangat membantu. Bagaimanapun juga yang namanya teknologi pasti memiliki kekurangan. Jika ragu, kamu bisa sesekali menanyakan tempat tujuanmu pada penduduk setempat.

8 Cara Membaca Peta Google Maps Dengan Baik dan Benar