Cara Mengubah Huruf Depan Menjadi Besar di Microsof Word

Salah satu aplikasi standar perkantoran paling populer adalah microsoft office keluaran dari raksasa teknologi, Microsoft. Didalam microsoft office sendiri terdapat banyak sub aplikasi perkantoran salah satunya adalah microsoft word. Software pengolah kata ini sangat populer di dunia karena memiliki user interface yang memudahkan penggunanya. Dengan menggunakan microsoft word, kita bisa mengetik naskah, membuat surat, atau menulis artikel.

Ada banyak sekali fitur yang bisa memudahkan pekerjaan kita dalam mengolah kata di microsoft word. Salah satu fitur yang bisa kita nikmati adalah Change Case yang berfungsi untuk mengubah huruf kecil menjadi besar (kapital) atau sebaliknya, mengubah huruf depan setiap kata menjadi besar (kapital), mengubah huruf kecil menjadi besar (kapital) disetiap kalimat, mengubah semua huruf menjadi besar (kapital) secara otomatis.

Cara Mengubah Huruf Depan Menjadi Besar di Microsof Word

Dengan adanya fitur tersebut pekerjaan kita dalam mengetik menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan secara otomatis. Jika ingin mengubah huruf dari kecil menjadi besar (kapital) atau dari besar (kapital) menjadi kecil kita tidak perlu menghapus yang lama kemudian mengetik ulang. Kita tinggal klik tombol perintah Change Case saja huruf  yang di inginkan akan berubah jadi besar (kapital) atau kecil.

Cara Mengubah Huruf Depan Menjadi Besar (Kapital) di Microsoft Word

Meski menawarkan begitu banyak kemudahan, namun ternyata masih banyak para pengguna microsoft word yang belum paham dengan cara menggunakan fitur tersebut. Bagi yang belum paham dengan cara penggunaan fitur ini, kamu wajib banget belajar. Sebab, fitur-fitur yang ada di aplikasi microsoft word memang dirancang untuk memudahkan aktivitas pengolahan kata yang dilakukan oleh penggunanya. Berikut ini adalah cara mengubah huruf depan menjadi besar di microsoft word.

Mengubah Huruf Depan Setiap Kalimat Jadi Besar (Kapital)

Fungsi Change Case pertama yang akan kita pelajari adalah bagaimana cara mengubah huruf depan pada setiap kalimat menjadi huruf besar (kapital). Terkadang kita butuh fungsi ini ketika menuliskan kalimat-kalimat tunggal pada suatu dokumen. Dengan memakai fungsi ini, kita tidak perlu lagi harus menghapus huruf depan setiap kalimat satu per satu kemudian menggantinya dengan huruf besar (kapital).

Cara untuk mengubah huruf depan setiap kalimat menjadi besar (kapital) pertama-tama adalah blok semua teks kalimat yang huruf depannya ingin dibuat besar (kapital). Lalu klik ikon "Change Case" (lihat gambar thumbnail pada artikel ini dibagian atas yang sudah diberi tanda lingkaran merah). Kemudian klik "Sentence case." pada bagian paling atas menu. Selamat! Huruf depan setiap kalimat sudah menjadi besar.

Mengubah Huruf Depan Setiap Kata Jadi Besar (Kapital)

Fungsi Change Case kedua yang akan kita pelajari adalah bagaimana cara mengubah huruf depan setiap kata menjadi besar (kapital). Fungsi ini biasanya akan sangat berguna untuk menulis judul sebuah artikel, naskah, skripsi, jurnal dan lain-lain dimana huruf depan pada setiap kata harus menggunakan kapital. Dengan ada fitir ini kita bisa mengetik kalimat dengan huruf kecil terlebih dahulu, kemudian mengubah huruf depannya menjadi besar (kapital) secara otomatis. Dengan begini kita akan lebih menghemat waktu.

Cara untuk mengubah huruf depan setiap kata menjadi besar (kapital) pertama-tama blok terlebih dahulu semua kata yang akan dibuat besar huruf depannya. Kemudian klik ikon "Change Case" (letaknya bisa dilihat di gambar thumbnail pada artikel ini dibagian atas yang sudah diberi tanda lingkaran merah). Setelah itu klik menu "Capitalize Each Word" yang letaknya ada pada urutan nomor empat dari atas. Jika sudah ketemu klik saja, maka huruf depan setiap kata sudah jadi besar (kapital).

Baca Juga:
  1. Apa Yang Terjadi Jika Windows 10 Tidak di Aktivasi? Ini 6 Akibatnya
  2. 5 Penyebab Tombol Keyboard Laptop Jadi Cepat Rusak
  3. 7 Tanda Laptop Anda Minta Di Install Ulang, Apa Saja?

Fungsi Lain Untuk Mengubah Huruf Besar (Kapital) dan Kecil

Selain dua fungsi yang sudah dijelaskan diatas, masih ada lagi fungsi lain dari fitur Change Case untuk mengubah huruf besar (kapital) dan kecil. Fitur ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, namun perbedaanya ada pada letak huruf yang ingin dirubah. Berikut ini penjelasan mengenai fitur lain dari Change Case pada microsoft word.

lowercase: fitur lowercase memiliki fungsi untuk mengubah semua huruf menjadi huruf kecil. Jadi semua huruf kapital yang ada pada teks akan diubah menjadi huruf kecil secara otomatis oleh fitur ini.

UPPERCASE: fitur UPPERCASE adalah kebalikan dari lowercase. Dimana dengan menggunakan fitur ini, semua huruf yang ada di teks akan berubah menjadi huruf besar semua (kapital).

tOGGLE cASE: fitur terkahir yang perlu anda ketahui meskipun jarang dipakai dalam dunia pengolahan kata adalah tOGGLE cASE. Fitur berfungsi untuk mengubah semua huruf depan menjadi kecil sedangkan huruf setelahnya menjadi besar (kapital) semuanya.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai fungsi Change Case pada microsoft word yang bisa anda pelajari untuk mengubah huruf depan menjadi besar (kapital). Dengan mempelajari fungsi ini beserta cara menggunakannya, diharapkan dapat mempermudah anda dalam melakukan pekerjaan pengolahan kata, dokumen, dan surat menyurat. Bagaimana? Mudah kan? Jika anda menemui kesulitan atau jika ada pertanyaan silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

Cara Mengubah Huruf Depan Menjadi Besar di Microsof Word